Give Me Something for The Pain : How to Face a Scandal

Yeah, I had a taste, you were my fantasy
But I almost lost my faith when I hit reality

Aku tidak akan banyak basa-basi soal ini, melainkan member referensi sebait lagu yang sangat menggambarkan bagaimana dinamikan fans idol belakangan ini. Lihat lirik diatas, sudah merasa akrab? I believe some, if not all, of you do, it won’t gonna be otherwise.

Begitulah fans mayoritas melihat bagaimana idol mereka. Memilih oshi, menciptakan imajinasi tentang idol dan budaya ngidol. That’s it, we created our own environment, our own fantasy world. Because our own selfishness.

Selfish? Yep. Apa lagi kata yang tepat untuk mengatakan delusi yang hancur saat menemui realita? I, you, them, we, are all selfish when it comes to idol. It’s an utopia, and like the times Kira decides to make it, he used Ryuku and Death Note, to remove all the obstacles. We did, in the form of our own responses towards scandal.

Tidak ada kata sedikit untuk menggambarkan berapa banyak dari fanbase a certain member, or I’d better say Naachan and Mona, yang akan setuju dengan bait berikutnya;

Give me something for the pain
Give me something for the blues
Give me something for the pain
When I feel I’m danglin’ on a hang-man’s noose

“something” disini adalah respons. Ada yang denial, anger, let it be, or even rage. Jujur saja, dari keempatnya, mana yang kalian rasakan mendengar hot potato seminggu terakhir ini? Tidak ada alasan “dia bukan oshiku” atau bullshit lainnya, karena Sakamichi, tidaklah sama dengan 48G dengan ratusan membernya.

Seseorang terkena skandal, semua akan kena getahnya. Seseorang terkena scandal, seluruh fandom akan tahu dan memperhatikan. Dari fans veteran, 2ch mania, international fandom’s secret society, and so on until the lowest rank; the one without brain coral.


Dan aku tidak akan bohong, beberapa hari terakhir ini menyita waktu cukup banyak sampai-sampai aku tidak sempat melakukan banyak untuk forum Produce 48. Kenapa aku sampai segitu tertariknya? Well, mulai dari mana, mungkin Mona karena dia yang lebih dulu.

Singkatnya, the damage has been done. Ini adalah skandal paling juicy Keyaki sejak debut, di berita pertama, masih bisa ditolerir. Absen dari kegiatan grup dan tertangkap kamera dengan teman masa kecil. I don’t mean to be positive but it is plausible. Something…. humane, won’t count it as a crime.

But I opened up my heart, all I did was bleed

Yang kedua, meski belum bisa dibilang banyak, literally, put the oil into the fire. Masih belum bisa diklarifikasi dan mungkin tidak akan pernah ada, tapi jujurlah, ini sesuatu yang ingin kukatakan sejak beritanya keluar; did “something for the pain” means everyone gonna lose their heads?

This one? Okay, except you’re very strict about whatever rules that is, scandal” Mona bukanlah sesuatu yang paling heboh dalam sejarah ngidol, kalaupun ini benar. Aku sudah cukup membaca respon netizen yang “Maha benar dengan segala bacotannya” tentang Mona, and yeah, we could see some “biggest” Keyaki “fans” are nothing but….. (I couldn’t bring myself)

Ada banyak psikologi yang terlibat, dan berhubung aku tidak punya gelar dalam bidang itu, yang bisa kukatakan adalah; tanya dirimu sendiri, apa yang membuatmu merasa bahwa hidup idol adalah milikmu? Keegoisan, iya. Tapi melakukan hal bodoh, all things matter, there’s no justification.


no title
a picture worth a thousand words, but I believe all of you are wise enough

Lalu, tentang Naachan. Ini dia hot potato yang sebenarnya dalam waktu seminggu terakhir. Satu jentikan dari Bunshun membuat fandom Nogi seperti Mary Rose menjelang tenggelam. Terlalu banyak peluru yang berasal dari kapal itu sendirilah yang menenggelamkannya.

I don’t need no guru to tell me what to do
When your feeling like a headlines on yesterday’s news

Banyak yang tentu merasa seperti ini dengan banyaknya berita, “fakta” maupun “imajiner” yang membuat fandom goyah. Nah, sebelum ikut berspekulasi terlalu jauh, lebih baik kita lihat dulu faktanya

  • 20 Mei, Shukan Bunshun merilis lanjutan scandal Mona dan “cold case” yang ternyata adalah Naachan sebagai subyek.
  • Berita yang diungkap Bunshun adalah AD dari sebuah acara menghabiskan malam di apartemen Naachan selama beberapa jam, dan menurut mereka, terjadi dua kali.

And that’s all. Tidak ada drama atau apapun, yang mereka katakan hanya demikian. Semua spekulasi tentang timing yang tepat dengan naiknya popularitas dan outside job Naachan sejak 2016, all was just fans’ bloody hell of a dirty imagination

Dengar, aku tidak akan bilang aku mendukung Naachan atau apapun, in case you may wonder, my track record about her wasn’t that glorious. Remember last yearAtau ikut-ikutan dalam kegilaan teori konspirasi tentang “realita” di balik dunia idol. Aku tahu godaan untuk meramaikan sangat besar.

Tapi, gunakan sedikit conscience untuk ini. Mengipasi api yang padam tetap akan membuatnya besar, dan mendingan kalau dikipasi dengan kebenaran, tapi kalau itu hanya imajinasi bodoh? Dan aku tidak bilang kita bisa mempercayai semua omongan manajerial, yah, intinya, it’s all up to you. 

Aku hanya akan mengatakan, jangan menghitung anak ayam sebelum telurnya menetas.


Give me something for the rain
Give me something I can use
To get me through the night, make me feel all right
Something like you

Both cases are textbook example of “fans selfishness” aku tidak bisa menemukan padanan yang lebih tepat. Respon dari fandom yang luar biasa dimana semuanya merasa teorinya paling benar layak diikuti, kalau kalian mencari sakit kepala atau pembenaran, atau kebodohan massal.

Yang bisa kukatakan untuk Bunshun adalah, meski mereka selalu menjadi kambing hitam, tapi ayolah, siapa yang tidak suka drama? Jangan muna. Kalau tidak ada drama, memangnya Keyaki bisa menarik perhatian fandom jika bukan karena Tecchi? Atau karakter member yang ajaib dan mengundang tawa?

It’s all business. Bunshun adalah media yang sadar dengan posisinya yang riskan untuk menulis berita hoax atau gosip receh, mereka selalu menulis sesuai proporsi dan mengundang pembaca untuk berimajinasi sendiri. Dan kali ini mereka, sekali lagi, berhasil memancing ikan besar.

Semua respons adalah dinamika ngidol, dan tentu kita tidak bisa berharap semuanya sejalan dengan apa yang kita pikirkan. Tapi, kita juga ikut andil dalam menentukan jalan hidup seseorang lewat jari-jari kita. Be wise.

Sebagai penutup, adalah lirik ini;

They don’t make no bandage, that’s going to cover my bruise

So, try not to hurt yourself

All images and videos used is credited to it’s respective owners

45 Replies to “Give Me Something for The Pain : How to Face a Scandal”

  1. Itu lagunya sapa sih? Ga kenal ane. 😀

    Kalo boleh jujur, ane lebih syok sama gradnya Iori daripada 2 berita skandal. Mungkin karena ane suka Under dan gen2. 😀
    Soal reaksi, ane biasa2 aja, meski Mona adalah salah satu bidadari ane. Mungkin karena ane ga tertarik lagi sama Kanji, dan Naachan juga bukan member favorit ane. Ga tau kalo yg kena Yumi, Jun atau bidadari ane lainnya. Mungkin bakalan mojok dikamar sambil ciumin kartunya Sana. 😀

    Kalo liat reaksi fans yg sampai segitunya, baik yg ngejudge atau denial, ane rasa mereka terlalu dalam mencintai member. Dan itu emang wajar, karena idol menjual mimpi, kan, kayak yg dikatain oleh Takamina? Dan bukan mimpi yg biasa yg ditawarkan, tapi mimpi indah. Ga peduli dibilang lebih kayak artis daripada idol, tetep konsep bisnisnya sama aja, menjual mimpi dan imajinasi untuk dijadiin delusi. Jadi dengan itu, fans bisa sedikit kabur dari realitas dan rutinitas penuh stress sehari-hari, untuk sekedar mengistirahatkan pikiran mereka. Jadi, kayaknya wajar kalo mereka gitu, khususnya fans di Jepang. Mimpi indah mereka hancur gara2 kasus itu. 😀 Kalo ane terusin, ini bakalan nyrempet ke agama dan konsep Tuhan disana, jadi stop sampai disini aja. 😀

    Puasa gini sulit juga, ya. Siang2 mau delusiin Zukki, Miona, Junna, Mona jadi ga bisa. 😀

    1. Pura2 gak kenal kali? 😀

      Nah, banyak juga kan yang ngaitin lewat teori cocokologi soal Io-Chii 😀

      Delusi, kembali ke selfishness kan. Ngeluarin banyak uang yang gak sesuai harapan, banyak yang gitu, tapi ini bahasan buat berikutnya.
      Banyak juga yang masih berpikiran sehat dari golongan ini, jadi gak bisa digeneralisir.

      Sadar diri lah, udah tua 😀

      1. Aku masih sehat,
        isu ataupun sandal ori , ku tak trlalu berfikir banyak,
        yg malah membuat ku sangat tertarik dengan hal ini,

        Bagiamana para “Pihak” itu mengambil tindakan, atau gimana kenlanjutanya, gak tiap hari ada berita kyk gini bwt salah satu ace nogi,
        selama bertahun tahun, ace nogi yg jadi tombak atau yg selalu di blng face of the group ini jarang bgt dpt berita miring, dan tiba” BOOM!!! Genocide

        *tapi satu hal sebelum berfiki yang aneh”
        – Dia jg cuman seorang cewek biasa, yang entah knp bsa bikin u suka buat ngikutin ceritanya, kadang ampe bikin u delusi dan bahagia tanpa sebab yang jelas. Maka dari itu saat ada hal yg mengganggu delusi indah u, coba pegang Tembok terdekat untuk tetap sadar pada tempat mu 🙂

        Please knp ini kaga ada kelanjutan dr bunshun atau PIHAK !!

      2. Mengharap klarifikasi resmi soal ini? Berharap aja, soalnya levelnya masih a bit groundless rumor, kalo manajemen bikin klarifikasi, bisa dibayangin kan gimana efeknya?

        Bakal ada kelanjutan, dari info yang ane dapet, cuma jatohnya bakal rada lama.

  2. Galang Satria says: Reply

    Ane bicara soal Nanase aja.
    Jujur aja, sepanjang ane ngidol, ane gak pernah segalau ini. Puasa ane jadi gak khidmat. Bahkan ane sempet sakit beneran sehari setelah berita ini keluar. Nanase udah jadi member favorit ane. Ane bahkan lupa Miona itu siapa.
    Sebenarnya ane dgaf pas berita ini keluar. Gak ada yg mencurigakan sama bukti2 yg dikasih. Reaksi dari fandom dan anti itu yg membuat ane jadi sedih, galau, marah. Ya, ane terpengaruh sama berita2 di 5ch, matome, fb, twitter, dsb. Ane jadi tau rasanya member favorit ane diserang dari mana2. Dan itu sama sekali gak enak. Ane jadi kepikiran terus apa ane siap kalau misalnya berita ini bener?
    Damn, kayanya ane udah jadi whorshippernya Nanase. Padahal dulu ane benci bgt sama whorshipper2. Ane dulu juga penganut ngidol dibawa santai. Tapi sekarang gak bisa nyantai.

    1. Emang Miona tuh siapa? 😀

      Makanya, jangan kemakan gosip, member diserang dari segala pihak? Cuma sejarah yang berulang.
      Dan satu lagi, worship tuh yang jelas2, gak bikin sakit hati 😀

      kerangajaib

  3. Anakamirikaru says: Reply

    Dulu, ntah dikosan ente yg lama atau kosan ane, saat bhas soal skandal, ane termasuk orng yg sok idealis, peraturan anti cinta adl segala nya, gk bsa menaati peraturan lbih baik out, bgtulah mnurut ane, TAPI itu dlu.

    Skrang? Gmana ya, klo dikatain masa bodoh, ane jg masih ragu, soalnya mungkin ini sikap ane saat yg terkena skandal bukan bidadari2 ane……
    EITTT!!!, tunggu dulu! waktu salah satu bidadari ane terkna “skandal” (ntah ini bsa dbilang skandal atau enggak, krena setau ane hnya skedar hang out di jam mlam, jd ane lebih mengaggap mlanggar kenormaan batas jam malam, bkan skandal dlm segi “berhubungan”) yakni Naanya, jujur sja saat itu ane gk terlalu gmn2, bahkan sampe ane beritain di blog (sekaligus jd berita “skandal” terakhir yg ane up). Jd, ane gak tau pasti apa ane bener2 udah masa bodoh sma beginian atau gmn.

    Mungkin skrng ngidol ane lebih meliat n menghargai sosok member saat mreka bener2 memakai seragam dinas mereka. Jerih payah n usaha merka utk mewarnai dunia ngidol ane lebih ane apresiasi.
    Sedangkan saat merka menaggalkan seragam dinas n ketangkap melakukan sesuatu yg tidak baik, hmm, ya sudahlah, klo pun akibat tindakan itu bsa berdampak fatal buat group, yah anggap aja itu slah satu seni yg memperindah dunia ngidol dri sudut pndang ane sbg fans 😀

    Jd utuk kasus skandal baik Naachan atau Manaka, ya ane biasa aja, gak terlalu pnasaran, gk terlalu mencari tau lebih dlam, apalagi sampe beradu argumen.
    Soal berbgai macam sikap fans soal berita ini, ya itu hak mereka asal berpendpat berdsarkan fakta yg udah terungkap.

    Yah sekali lagi, komen ini mungkin lbih didasari yg terkena skandal bkn dri list bidadari2 ane, jd bisa sja sikap ane ini berubah klo yg terkena (lagi) itu bidadari2 ane 🙂

    1. Sok idealis? Ente?
      laugh

      Boleh ane tepuk tangan karena itu gesture “percaya sama bini” atau ngelanjutin ketawa Bob&Pat diatas? 😀
      Soalnya ane ingetnya banyak blood sweat & tears waktu itu 😀

      Jadi, waktu diluar grup, relatif lebih bisa diterima?

      “Soal berbgai macam sikap fans soal berita ini, ya itu hak mereka asal berpendpat berdsarkan fakta yg udah terungkap.” Pak, gak ada fakta yang terungkap selain bukti tak bergerak; foto. 😀
      Gak ada justification untuk sikap2 itu 😀

      Ente kok kayanya ngarep kalo yang kena itu bidadari2 ente? 😀

      1. Anakamirikaru says:

        Jgn muji gtu ah, jd malu ane 😀

        “Soalnya ane ingetnya banyak blood sweat & tears waktu tu” ← ini maksudnya pas skandal Naanya? Klo klihatan sperti itu, itu lebih gimmick ane menanggapi komen2 di blog kala itu, tpi klo sejujurnya (meski ane yakin ente gk bkal percaya), ane biasa, biasa2 banget malah, apalgi kyk ane bilang, ane gk anggap itu skandal, hnya skedar melanggar aturan btas jam mlam 🙂

        Gmn ya, bukan menerima jg sih, tp dri pda ane pusing mikirin berita yg bginian n ngerusak ksenangan ane dlm ngidol, jd ane lebih mikirin jasa member slma mereka mngenakan seragam dinas ja, terlepas mereka menaggalkan seragam n tertimpa musibah kyk gni, ya anggap aja itu sisi manusia mreka n klo musibah ini merambat ke nasib grup, ya kyk ane bilang, anggap aja itu jd slah satu warna yg menghiasi dunia seni ngidol, halah 😀
        Jd pandngan ane sma Nanase n Manaka gra2 berita ini gk sampe buat ane kesel n benci mreka, biasa sperti sbelum berita2 ini mencuat 🙂

        Ya, jk sejauh ini faktanya baru foto/video itu, ya udh komen sebatas itu, ini ada yg bekoar2 krena dikatain nanase dpt mobil bmw lah, bisa bintangi film asahinagu krena “dekat” sma sutradaranya lah, lah komen berdsarkan fakta dri mna pla itu? tp ini fenomena di ngeri dongeng sih 😀

        Iiihhhh amit2, jgn sampe lah bidadari2 ane ada yg kena berita bginian (lagi)

      2. Entah ane muji atau ente yang kebanyakan micin 😀

        Emang ada skandal lain? *eh 😀
        Pake ngomong gimmick segala pula, lain dulu lain sekarang nih 😀

        Dibilang musibah juga enggak sih kayanya, cuma kebanyakan yang lebay aja buat menyikapi 😀
        Gak bikin benci Naachan & Mona, ya iyalah, bukan siapa2 😀

        Dapet BMW? Baru denger nih ane 😀 Mungkin itu anugrah dari Doieyasan 😀

        Ya, udah sering sih ya, apalagi tuh, yang baru2, Mozart 😀

      3. Anakamirikaru says:

        Nah kan, malah muji lagi, udahan ah, ane gk ada receh nih 😀

        Ya biar jelas aja, ane takutnya ente yg masih shock sma berita akhir2 ini gk berada di frekuensi yg sma gn ane 😀
        Nah kan, percuma jg dijelasin, ya sudah lah.

        Ya musibah lah, bgi yg berjiwa hardcore 😀
        Ya gak gtu juga, bukan krena mreka gk ada dlm list ane jg 😀

        Baru denger? Pergaulan ente tipis sih 😀
        Makanya kunjungi Bunshun lokal, “lebih detil” ktimbang Bunshun Jepang, luar binasa 😀

        Ente harus belajar dri Bunshun, klo mau mancing harus sabar dan umpan yg tepat, apalgi ke ane 😀

      4. Kurang2in micin 😀

        Iya, skandal yang mana? 😀

        Hardcore atau idiot to the core? 😀
        Terus gimana dong? 😀

        Bunshun lokal? Enggak ah, takut alergi 😀

        Kalo ke ente sih gak butuh kesabaran, terlalu gampang 😀

      5. Anakamirikaru says:

        😀

        Skandal nabrak tiang listeik 😀

        Yaaaa, beda2 tipis lah dua tipe itu 😀
        Ya gk gmn2, pkoknya pngen ngidol gak pake beban, gk pake pusing, gk pake air mata, cuma pake kuota #loh 😀

        Cicip dlu bunshun lokal, tak kenal maka tak sayang 😀

        Masa? 😀

      6. Oh, mirip-mirip siapa gitu ya 😀

        Ngidol gak pake beban? Enak bener hidup ente, itu sih sama aja kaya kerja gabut 😀

        Lebih baik gak sayang-sayangan segala 😀

        Bodo 😀

      7. Anakamirikaru says:

        #2019 Ganti Tiang Listrik 😀

        Ya maksudnya beban2 milirim skandal, “drama” grup atau warnya fans, males mikirin beban kyk gtu 😀

        Tak sayang maka tak cinta 😀

        Awas drah tingginya kumat, pake ngambek n kesel sgl 😀

      8. #2019 kurangin akun bot

        Kenapa? Karena beban hidup ente udah kelewat berat ya ?

        =LOVE dong

        Masa? Bodo

      9. Anakamirikaru says:

        😀

        Dih, mentang2 kosan sndri, asyik nak curhat aja, ente bikin blog buat tmpat curhat ya 😀

        😀

        Mlah tambah kesel 😀

      10. Loh, siapa yang bilang berat2 duluan? 😀

        Tambah kesel? Ane tambahin deh 😀

      11. Anakamirikaru says:

        Yg jelas bkan ane, komen ane tk pernah berisi jd gk mungkin berat 😀

        Apaansih? 😀

        Ganti template ya? Kok agak beda

      12. Tepuk tangan buat kejujuran hatinya 😀

        Mau? 😀

        Kemarin katanya berat, ya kebetulan libur sekalian utak atik, sama nambahin forum

      13. Anakamirikaru says:

        Kpan sih ane gk pernah jujur? 😎

        Iya ini lebih ringan dri tmplate kmarin, tp…
        Entah cma ane yg ngalamin atau gmn, jd stiap blas komen, kolom name n email kosong, klo templaye dlu dah otomatis terisi, tp tak pa, tinggal ketuk kolomnya dah kluar nama n email yg ane pake, jd gk sampe repot ngetik ulang trus 😀

      14. Sering 😀

        Masih ujicoba plugin biar bisa konek langsung ke google, cuma settingnya masih ribet. Pake disqus malah gak ada yang komen.

      15. Anakamirikaru says:

        Sering… X ente yg gak bisa nerima kejujuran ane 😀

        Yah mau gmn lagi pak, pas buka postingannya, llom komen yg pertma tersesia, komen tipe WP nya, coba yg tersedia disqusnya dlu, mungkin pda pake disqus, mungkin 😀

      16. Seringkali, kejujuran ente itu gak beda dengan kepalsuan buat orang banyak 😀

        Udah disediain FB, disqus, tetep aja pake WP, emang pada males aja 😀

      17. Anakamirikaru says:

        Emang hanya yg mmilili hati n pikiran yg bersih yg bsa mnerima nila2 kbnwleran yg ane bawa 😎

        Yah kyk gk tau tipikal pnduduk dlm ngeri ini aja, itu yg pertama x tersedia ya itu yg dipakai 😀

      18. Wah, quote nabi palsu 😀

        Ckckck, mau ngatain, tapi entar kena diri sendiri 😀

      19. Anakamirikaru says:

        Malah nak nebar fitnah pla TT

        😀

      20. Emang bukan? 😀

  4. Mona adl satu2nya alasan ngikuti Keya sbg grup idol. Karna dia lagi hiatus, jd ane hiatus jg. Soal skandal; hem… ga bs nyalahin yg marah. Mereka bakar duit jutaan buat ngidol. Ya wajar. Tp buat ane yg ga hardcore, kasual juga tipis, ga ngaruh. Tetep cinta Mona, tetep suka lagunya Keya. Drpd disebut fans Keya lbh bener kalo disebut fansnya Mona dan penikmat lagu Keya.

    Soal Nanase: ya ampun… Bunshun pinter banget baca situasi. Mereka sama sekali ga lebay. Tapi emang fanbase NNS banyakan laki yg mendelusikan NNS sbg cewek idaman yg lemah lembut dan apalah itu, wah justru fans sendiri yg jd reaktif.

    Iya sih, sblm SB rilis skandal ini, NNS udah cukup dikelilingi rumor miring. Soal dia yg moody, kurang profesional, egois, dan sbgnya. Sekarang ditambah label “tipe liar” dr SB. Yah, tambah2 lah gap antara NNS si waifu idol dan dark NNS yg liar.

    Teori soal dark NNS udah lama wara-wiri. Mulai dr dia yg tega ngediemin Manatsu smpk setahun, ngaku kalo ga punya “teman” di Nogi pas nongol di salah satu acara TV, sampek kru dan senbatsu yg harus pending shooting MV ItsuDeki karna NNS lg ga mood. Rilisan SB bikin teori ini dapet angin.

    Blm lagi beberapa oknum NNS ota yg sblmnya aktif ngebash Maiyan sbg BBA, mengungkit skandal Ringo, Ikuchan yg ciuman di panggung, dll. Bagi yg gedeg sama aksi oknum2 ini, momen ini adlh momen untuk menyerang balik.

    Maka, ga heran meski SB rilis bukti yg tergolong minimalis, reaksinya udah super heboh. Che, diminyaki pula dg teori “kencan buat dongkrak karier”. Makin gempar meski sepertinya intensi SB ga sejauh itu.

    Ane sendiri yakin, sbg idol NNS akan baik2 sj. Paling buruk, mungkin favor fans Nogi ke NNS berkurang. Tapi ga sampai separah Ringo yg jatoh dr #2-#3 ke #10-#16. Siapa tahu jamaah Nogi akhirnya pindah dr NNS push ke Ashu-Yoda-Mizuki push. Semacam katalis buat Nogi biar lebih “berani” buat garap proyek Next Gen.

    1. Stay away from drama lah ya 😀

      Dark Nanase mungkin cuma sebagian dari teori Gemini yang punya kepribadian ganda 😀
      Tapi emang iya sih, rasanya “fans” Naachan emang mulai bertingkah belakangan ini, dari awal tahun kayanya. Kadang jadi males aja liatnya.

      Kalo Naachan sendiri, well, ane gak ada kesan yang berubah sih, sama aja, malah lagi maternity sama Yodaccho malah jadi hiburan baru 😀

      Ane rasa sih gak bakal ngaruh ya, selama mungkin di 21st nanti gak dijadiin sole center aja. Kalo gitu jatuhnya malah jelek ke manajemen.

      1. kalo soal manatsu sama NNS sih ya nggak salah manatsu juga sih ya. lagian yang ngeletakin manatsu disana kan manajement bukan kehendak dia. NNS egois sih menurut gua , kok kenapa jadi manatsu yang disalahin padahal disana dia tak tahu apa apa. gua lebih sedih liat miona pertama kali jadi center sih , coba aja lu tonton nogidoko episode pengumuman senbatsu single ke 7. coba liat reaksi maiyan disaat miona dah berdiri dekat podium senbatsu , mukanya dah mulai jutek ndak karuan , apalagi yang paling shock keluarnya si minami dari senbatsu membuat posisi miona disana jadi salah semua and menurut gua si miona bilang kalau para senpai baik ke dia itu bulshit doang dah , paling ikoma doang yang ngerti posisi nya kek gimana gua bisa curhat kek gini karena yah bisa dilihat dari nogidoko sendiri. intinya sih menurut gua semua member pasti nggak suka kalau posisi nya diambil orang. padahal mah yang punya kerjaan si manajement malah si member yang kena

        sorry malah curhat tentang oshi gua miona :v
        habis gua tak tahan pen ngeluapin :v

      2. Satu kata dari ane mungkin cuma; idol juga manusia. Punya emosi yang beda2 di kesempatan yang beda2 dong. Apalagi menyangkut kerjaan, karir yang semuanya bersaing demi posisi terbaik.

        Yakali harus stay terus “baik” atau terus “jahat” di depan & balik layar 🙂

  5. Sekedar tambahan aja,
    Sudah ada(confirmed) jamaah sakamichi yang pindah haluan ke luar.
    STU48, KPOP, Indie Idol, you name it.

    Jadi, kembali ke pertanyaan lama, “Kalian ini ngidol buat apa?”

    1. Lumayan lah, banyak yang ilang daripada menuh2in 😀
      Sama makin banyak ikan di kolam 😀

      Ada yang ngidol buat delusi+ileran kali, ada yang ekstrim karena no life 😀

  6. Gua yang bukan fans Nishino juga ikut pantau lewat thread online, emang di sini gua mesti paham sama kelakuan fans hardcore atau wota yang bikin fans lainnya ilfill. Gelar “pacar idaman” itu ngeruntuhi abis ilusi dan delusi yang sudah mapan dibangun oleh fans (baca: wota garis amat keras). Masih ada kelakuan berlebihan yang dibuat gegara heboh skandal itu, di situ gua ngerasa kasian, hidup mereka percuma banget buat sesuatu yang jelas-jelas mustahil terwujud.

    Kalo bicara Bunshun, emang bener yang disebut Madoka Rika, ia pinter banet baca arah hembusan angin, bahan yang dikeluarinnya minim, reaksinya maksi. Gua tahu reputasi dan kredibilitas Bunshun udauh dikenal di luar negeri dan mereka bukanlah media adem-ayem yang nggak ada gebrakan dapeti scoop. Jelas karena mainstream media di sana sangat pasif atau lebih tepatnya diperlemah buat informasi beginian. Akibatnya, ketika media seperti Bunshun dapat tangkapan kelas kakap (bukan showbiz semata, bahkan pernah bongkar skandal politik), barulah mereka ikut bergerak.

    Gua sekarang lebih ngeliat mereka saat berseragam, saat di luar berseragam itu bukan urusan gua, terlepas baik atau buruk. Tokh, gua selalu ingetin diri bahwa mereka sama kayak gua. Manusia biasa. Gua selalu pikirin privasi yang kayak emang nggak ada lagi buat idol dan artis lainnya di Asia Timur. Dus fans artis atau idola mereka yang bertindak di luar kewajaran. Fans itu bagi gua memberi dukungan apapun yang terjadi, bukan malah denial atau marah nggak karuan atas informasi yang baru sekelumit aja heboh sejagat raya (itupun belum semuanya). Kayak kalo ngidol yang kuat mental, mending belajar sama suporter bola yang mentalitas teruji secara nyata (ini cuma saran bodor doang, jangan diikuti)

    1. Yah, mungkin bisa diliat dari kelakuan bapak kos sebelah yang bininya 7 (plus yang belum dipublish) 😀

      Yang bisa dipelajari dari Bunshun, dan ini yang ane mau tiru; mancing tuh butuh kesabaran dan umpan yang tepat 😀

      Kalo ane sih, jelas susah buat misahin garis antara “seifuku” dan “OOTD” karena, yah, gimana kita bisa tau? Yakali juga mereka ke-gap pas lagi bareng grup 😀
      Suporter bola lebih teruji mentalitasnya? Udah liat gimana internet wars setelah final UCL? 😀

  7. Kalo suporter bola seru banget, apalagi pas Salah cedera, Ramos dibenci Liverpool dan se-Mesir.

    Bukan internet war-nya yang ditiru, tapi kesetiaan tiada tara pas suka-dukanya (kayaknya gua salah ambil contoh).

    Intinya, kalo udah telanjur sayang dus berlebihan, patuhnya (sayangnya) kayak kebo disodok hidung (atau ngeliatnya kayak kacamata kuda). Walaupun kadang gua ngerasa lebay juga ngeoshi-innya.

    Terakhir, buat wota garis amat keras 200, kurangi drama-romantika picisan gituan. Kasian aja kalo yang lain kena getah, sering-sering ukur baju sendiri, dan kurangin kegoblokan berjamaah.

    Sori, tune-nya kegedean pas puasa gini

    1. Intinya, netizen emang gak suka rukun 😀

      Gak semuanya sih, tergantung kedewasaan 😀

      Emang banyak yang lebay, karena emang itu seninya asal masih pake kemampuan berpikir. 😀

  8. Ane sih nikmatin aja yah peperangan ini

    Ane pernah komen di postingan sandalnya kingdom, kecewa sama Mona dan itu emang bener kok. Tapi yg EMANG paling bikin kecewa BUKAN karena cowoknya sih, lebih ke kenapa harus deket2 sama 2nd ? Untuk cowoknya terlepas mau itu temen kek, Sodara kek, atau apapun ane gk peduli. Karena ane ngidolain Mona sebagai Mona yang Jedar jedor di atas stage, kalau di luar yah angkat tangan 😀

    Soal Nanase, daripada ngurusin omongan fans(walau sebenarnya ane demen peperangan kek begini 😀 ) ane lebih kasihan ke Nanasenya. Udah di jadiin bahan fantasy eh kena yg kayak begini dihujat berlebihan. Mereka yang udah ngorbanin jutaan uang terus ngamuk2 gk bisa ane salahin juga sih 😀 gimana juga mereka yg dukung Nanase bisa sampe sekarang tapi yg ane BENCI itu oknum2 fans lokal yg bacotnya udah kelewat batas, padahal bukti yg ada ya baru foto doang kan ? Bisa2nya gitu Ampe nuduh yg macem-macem apalagi nyeret2 member lain juga 😀

    Dan sejauh ini sih baru Mona aja bias ane yg kena sandal, itupun tanggapan ane gk separah yang orang2 rasain kalau biasnya kena sandal. Exm.fans idol lokal. Cukup nikmati apa yg mereka berikan di atas stage aja, diluar itu yah urusan masing-masing 😀

    1. Nikmatin doang tanpa ikut mancing? Mana seru 😀

      Deket2 sama 2nd? 2nd siapa?

      Loh gimana sih, kan netizen wkwkwkland emang terkenal gitu 😀
      Bacot dulu, fakta enggak urusan belakangan, kadang multi akun pula 😀

      Mungkin soal respons skandal ini entar bakal ane bahas lebih lanjut sih, kalo bisa. 😀

  9. […] lebih konvensional, tapi uang dari situ jelas kalah jauh dari target pasar 48G. Yah, ada beberapa pengecualian […]

  10. Andhika Tanaka says: Reply

    wew kelamaan ngururs yg china, jadi kurang update sama yg di jepang 😀
    ada apa emangnya? skandal jalan2 malem2?

    for me seenggaknya gak melakukan xxx atau hamil ya masi bisa ditolerir ya 😀

    soalnya idol juga manusia bukan boneka yang diatur2, masa mau bersosialisasi sama temennya kaga bole?
    fans kebanyakan delu ya gini 😀 gabisa nerima kenyataan

    1. No comment lah, udah pegel nulis 😀

      Nah, kalo ini, gimana kita taunya? 😀

      Kalo Mona, kan emang sosialnya tinggi, namanya juga pemilik bar 😀

    2. Andhika Tanaka says: Reply

      di… adain tes ke*******an lah harusnya tiap bulan biar tau hihihi

      punya kingdom sendiri pula 😀 masa rakyatnya gadiajak ngomong 😀

      1. Ngalah2in keponya rakyat negeri dongeng aja 😀

        Nah itu 😀

Leave a Reply