Another Girl Group Worth Watching For

Karena Produce 48 sudah dekat, dan kemungkinan aku juga akan mengangkatnya menjadi seri, rasanya aku perlu sedikit memberi gambaran tentang idol K-Pop bagi mereka yang belum, kurang, atau pura-pura tidak paham. Dan aku jelas tidak akan membahas TWICE atau GG disini, karena mereka punya porsinya sendiri.

Sesuai judulnya, kali ini girl group lain yang layak didengarkan dan diikuti, versiku. Dan ini artikel tentang girl group yang masih aktif, jadi aku tidak akan memasukkan grup yang sudah bubar.


MAMAMOO

Dulu, aku pernah menulis artikel tentang Little Glee Monster. Nah, bagiku, MAMAMOO adalah counterpart versi Koreanya. Well, mungkin tidak sepenuhnya tepat juga, tapi jelas kemampuan vokal MAMAMOO adalah salah satu yang paling menonjol diantara girl group lain.

Beranggotakan Solar, Moonbyul, Wheein, dan Hwasa, MAMAMOO debut di 2014. Grup ini fun untuk diikuti, dengan beberapa variety show yang oke, tapi aku lebih suka mendengar lagu-lagu mereka. Lewat dua rilisan terakhir, termasuk Maeil Bio, ada sedikit perubahan genre dari R&B yang sekarang dibumbui EDM.

Masih tidak jauh melenceng dari seleraku, and I stan them. Tapi tetap, lagu favoritku adalah Decalcomanie.

Dreamcatcher

Versi reboot dari grup MINX yang debut di 2014. Sejujurnya, aku cukup kaget mendengar kalau MINX di-reboot karena dulu aku cukup suka dengan MINX. Sadly, they’re never past the breakthrough stage, so rebooting wasn’t really a surprise. Tidak hanya itu, dari konsep juga berubah drastis.

Dreamcatcher membawa sesuatu yang jarang terdengar di K-Pop scene. Musik mereka dominan rock, dan MV mereka juga lebih gelap dari kebanyakan girl group, nyaris Gothic. Yah, tapi harus diakui, untuk menembus pasar mainstream, mereka harus berkompromi dengan warna cerah, jadi kadang MV-nya kurang oke.

Untuk yang suka rock, grup ini layak dilirik. Dan kalau berandai-andai, inilah grup rival dari Keyaki untuk segi musik jika mereka berusaha menembus pasar Korea.

Girl’s Day

Salah satu girl group dengan haters paling banyak. Something understandable cuz all the members were quite scandalous. Titik balik mereka menuju popularitas juga karena dulu mereka mengubah konsep dari cute menjadi sexy. Inilah yang tidak disukai banyak orang selain skandal asmara, overreaction di variety, dan lainnya.

Tapi harus diakui kalau kemampuan vokal mereka adalah salah satu yang terbaik. Sebelum MAMAMOO, mereka adalah it group untuk urusan vokal bagiku, tidak menghitung Davichi dan SISTAR. Main vocal Minah dan Sojin sukses merilis single juga diluar grup, meski favoritku masih 너 한눈 팔지마 dari waktu awal-awal debut mereka.

After School

Teknisnya, mereka belum bubar meski tidak ada rilisan baru lagi sejak 2014. Salah satu girl group yang paling sering membawa konsep nyentrik. Mulai dari drumband di BANG! dan pole dancing di First Love. Kalau sekarang mungkin pole dancing sudah biasa, tapi 4 tahun lalu, ini adalah terobosan besar, dan belum ada girl group lain yang menirunya.

Satu lagi yang unik, After School adalah grup K-Pop pertama yang menerapkan konsep a la Momusu, 48G dan Sakamichi yaitu graduation. Dan line-up mereka sejak debut dan sekarang sudah berubah total. Setelah Jupal dan Lizzy graduate, aku sudah tidak terlalu mengikuti mereka lagi, tapi masih menyimpan harapan besar agar mereka comeback.

GFRIEND

Atau Yeochin, salah satu girl group terbesar saat ini. Mereka bisa dibilang memiliki haters yang tidak terlalu banyak, karena etos kerja mereka sebagai idol sudah terkenal luas. Diantaranya tampil di suhu nyaris nol, terpeleset di panggung, atau set malfunction adalah beberapa.

Selain itu, jelas karena lagu-lagunya. Yeochin adalah epitomi dari grup dengan tema yang nyaris identik di tiap rilisan -Keyaki minggir dulu sama senior- tapi karena konsistensi inilah, ditambah materinya secara ajaib tidak membosankan untuk telinga, Yeochin selalu kutunggu untuk comeback seperti baru-baru ini.

BLACKPINK

Satu perwakilan dari agensi Big 3, dari YG Entertainment yang juga membawahi BIGBANG. Blackpink atau BP adalah grup yang paling kutunggu untuk comeback sekarang ini. Rilisan terakhir sudah hampir setahun, dan selama itu hanya dihibur lewat variety show Blackpink House yang jujur saja sedikit membosankan.

Apa yang menarik dari BP? Lebih karena mereka berasal dari YG dan membawa aura 2NE1 dan opposite dari TWICE. Yah, bisa dibilang juga, kalau mau dibikin mudah, untukku lebih seperti Keyaki, lebih enak musiknya daripada mengikuti terlalu mendalam.

(G)I-DLE

Termasuk girl group yang paling fresh from the oven. Baru saja debut pada 2 Mei 2018 kemarin. Mereka adalah salah satu debut paling heboh di awal tahun ini, karena adalah grup dari Cube, yang pernah merilis grup populer 4Minute, B2ST, BTOB, dan CLC. Dan sejujurnya, mereka cukup menarik untuk diikuti.

Lagu debut LATATA yang mengingatkanku pada judul lagu debut f(x) dulu, cukup decent dan memberi warna berbeda. Sedikit mirip dengan debut Blackpink dulu, mungkin juga karena itu banyak yang menyebut mereka sebagai the next IT girl group. Meski pengalamanku dalam ramal meramal nasib debutan parah, kurasa (G)I-DLE cukup layak dilirik sekarang ini.

Red Velvet

Well, sebenarnya, aku tidak bisa dibilang fans berat RV, hanya sesekali mendengarkan lagu mereka, dan yang paling oke bagiku masih Happiness & Red Flavor. Rilisan terakhir Bad Boy kurang bisa masuk di telingaku. Kalau aku, tidak suka karena musiknya, tapi lebih ke performance yang top notch.

Yep, bagiku, RV adalah grup dengan salah satu koreo paling eye candy, dengan jumlah hanya 5 member koreo yang ditampilkan hampir selalu oke. Oke, ini mungkin bias karena Seulgi akan masuk pilihanku untuk best dancer list. 

Oh My Girl

Titik dimana aku menjadi tertarik dengan OMG adalah saat rilis Secret Garden di awal 2018, meski sebelumnya saat merilis Closer di 2016 aku sudah melirik mereka karena koreografinya yang melibatkan aspek favoritku; astronomi. Tapi di rilisan terakhir, Banana Allergy Monkey, well, aku tidak bisa bilang suka.

Weki Meki

Lebih terkenal karena dua membernya; Doyeon dan Yoojung adalah alumnus I.O.I, alias Produce 101 generasi pertama. Dan juga, satu-satunya grup dengan anggota dari I.O.I yang kuikuti. Gugudan, D.I.A, dan Pristin, tidak terlalu kuikuti. Bagi telingaku, rilisan Weki Meki lebih cocok.


Bagaimana dengan kalian? Punya favorit dari grup-grup diatas, dengan asumsi sudah melihat sendiri MV dan mendengar lagu mereka, lebih dari sekedar membaca tulisan ini? Share it below.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

61 Replies to “Another Girl Group Worth Watching For”

  1. Minggu depan aja nontonnya, pas kuota udah pulih. 😀

    Kalo sekarang, selain Twice, ane dengerin Bboom bboomnya Momoland. Itu aja sih. 😀

    1. Tinggal berapa MB? 😀

      Bboom bboom ane kurang cocok 😀

    2. Cukuplah buat browsing doang. 😀

      Musiknya mirip lagu2 Kylie Minogue dulu. Itu yg bikin ane suka. 😀

      1. Pait pait pait 😀

        Masak sih?

  2. Kebanyakan idol gen 3 ya gan 😀

    Aidel! Aidel! Aidel!
    Pertama ane rada bingung sama nama grupnya yg cukup weird tp pas denger lagunya ane langsung suka. Ngingetin ane sama lagunya kard dan demi ubur-ubur suara yuqi..
    Fix aidel msk list fave ane 😀

    1. Gimana lagi, masukin idol gen 2 juga udah banyak yang bubar kan 😀

      Ane kalo gak keluar di feed youtube juga mungkin gak bakal denger, ya ini grup diluar ekspektasi banget sih 😀
      Tapi kebantu gak balik2nya BP juga 😀

      1. Pait bener dah :’

        Byk yg ngebandingin sama 4M tp beda sih menurut ane 😀
        Duh udh mati rasa ane sama BP 🙂

      2. Kalo ada waktu mungkin ane bakal bikin versi grup yang udah disband 😀

        Beda sih, soalnya 4Minute ada Hyuna, ini gak ada 😀
        Kenapa, kelamaan gak comeback? 😀

      3. Bakal baper lagi kalo ada artikelnya 😀

        Hyuna and friends 😀
        2ne1 disbandment 🙁

      4. Jas merah 😀

        Hyuna & 4Minutes 😀
        Lah apa hubungannya 😀

  3. Anakamirikaru says: Reply

    “Bagaimana dengan kalian? Punya favorit dari grup-grup diatas, dengan asumsi sudah melihat MV dan mendengar lagu mereka, lebih dari sekedar membaca tulisan ini”

    Ane harus bersikap gmn coba klo dah ditegasin kyk gtu? satu pun gk ada yg pernah ane liat, ane harus beli kuota trus ngalong buat sedot smua mv dan lagu nya dlu?
    Pait pait pait pait pait 😀

    1. Oh iya emang, ini buat ngabisin yang (katanya sih, menurut kabar burung tapi gak tau burungnya siapa) kuotanya berlimpah 😀

      Tapi ente ngeluh, jadi gak masuk kategori itu sih ya 😀

      1. Anakamirikaru says:

        Sakit wak meski gk berdarah TT

      2. Terus, gimana udah liat belum? 😀

        Terus, iler udah berapa ember 😀

      3. Anakamirikaru says:

        Baru liat yg dreamcatcher gra2 ente bilang “rock”

        Bru sbatas netes2, blm sampe ber-ember2 😀

      4. Oh, terus gimana?

        Yakali ente ngiler liat yang dark2, coba yang lain 😀

      5. Anakamirikaru says:

        Rasa nya kyk musik rock ala idol jepang. (???)

        Ya makanya ente kasih satu sranlah yg kira2 bisa bikin banjir iler, kloharus ane coba liat satu2 butuh waktu 😀

      6. Rasanya….kpk

        Satu saran: tonton semua gih 😀
        Sama cari sendiri MV-MV lain, udah tua kan, gak usah diajarin caranya 😀

      7. Anakamirikaru says:

        Klilipan kapak kok dirasain, diobatin lah 😀

        Dah ane duga bkal dibales kyk gtu komennya TT
        Dah ane sedot smua mv diatas smlm tp blum sempet liat lantran nyicil video 46.
        Tunggu tgl maennya 😀

      8. Ente ngobatin pake apaan? 😀

        Oh, padahal yakin selera ente banyak disini 😀
        Dah nonton? 😀

        Produce juga? 😀

      9. Anakamirikaru says:

        Pake obat tets mata dari air raksa TT

        Slera dri segi apa, musik atau iler? Komen ente mancing ane nanya kyk gni TT
        Baru nyicil gidle, after schol, blackpink, wekimeki, girlsday.

        Dri lagu cma yg blackpink yg agak bisa ane terima, ada kta “agak” lntran pnilain ane trun pas bgian rap, coba gk ada pasti bisa diterima 😀
        Latata lmyan musiknya

        Klo utuk urusan mmbernya, sjauh ini blm ada yg bsa nandingin Tzuyu sma Nay 🙂
        Pling yg jd tukang jualan / pake baju waves pas maen golf di lagu latata, bisalah 😀

        Produce bru download video pick me ny tp blm ane play jd blumbtau gmn 😀

      10. Cocok 😀

        Musik yang mana, iler yang mana 😀

        Lah, justru rap yang jadi jualannya BP ente malah gak suka, gimana sih? 😀
        Kalo ente sampe suka Latata, berarti emang (G)I-DLE ini warbiyasah 😀

        Urusan iler yakin belum ada yang bisa nandingi dua itu? Yakin? Mau gambar? 😀

        Sekarang udah play kan? Yakali belum 😀

      11. Anakamirikaru says:

        TT

        Musik ktknya Blackpink, klo iler blum ada 😎

        Yah mau gmn lagi, kuping ane dah ambil kputusan kyk gtu, rap jd nilai minus tuh lagi ditelinga ane 😀
        Wah, slera ane jd patokan sbuah musik yg berkualitas ya? Bruntunglah Gidle klo gtu 😀

        Yakin! blum ada yg nyaingin 2 itu klo dri mv2 yg ada dipostingan ini 😀
        Gambar + nama 🙂

        Udah 😀

      12. Belum ada? Itu kan kemarin, kalo sekarang? 😀

        Bukan, cuma selera musik ente kan primitif, jadi kalo bisa diterima, artinya bisa menguasai dunia 😀

        Alesan minta gambar aja gaya 😀
        Noh di google banyak 😀

        Nah, iler udah ngalir berapa ember? 😀

      13. Anakamirikaru says:

        Itu kputusan terkinilah, gk ada yg bikin ileran, stidaknya dri mv yg ditebar dsini 😎

        Ah itu kan bhasa ribetnya ente aja, intinya slera ane jd patokan, hohoho 😀
        (Paling dibales: boku wa iyadah)

        Kasih tau dlu lah namanya biar ane bsa googling 😀

        Iler gk ngalir, yg ada mata perih gra2 kbnyakan pake byakugan buat cari tau spa aja mmber 48g yg nongol di video

      14. Hmm, antara percaya dan sama sekali enggak 😀

        ENggak dong, tapi…
        iyadah

        Mau yang mana? 😀

        Iler sama air mata beda? 😀

      15. Anakamirikaru says:

        Soal itu, ane serahkan spenuhnya pda anda, bleh percya boleh tidak, tp itulah kputusan akhirnya 😎

        Nahkan, gk jauh2 dri dugaan ane, pasti gtu blasanny 😀

        Yg jualan / yg pakai baju wave pas maen golf tu lah, bca komen ane gk sih?

        ^<_@)!_<']_+&~:$^<_

      16. Ya, mari disimpan sampe iler membuka tabir 😀

        Peramal ya pak?

        Karena ane udah incer duluan, gak bakal kasih nama 😀

      17. Anakamirikaru says:

        Tabir surya? 😀

        Bola kristal ente ketinggalan dirumah ane pas Asuka bawa waktu maen kekamar Miona 😀

        Asem, berbelit2 tak taunya gk dikasih krena dah diincer jg, grrrrrr

      18. Tabir iler 😀

        Oh, pake barang gratisan alias tanpa bayar toh 😀

        Soalnya ane udah tertarik sama fakta dia dulu trainee YG, harusnya debut sama Blackpink 😀

      19. Anakamirikaru says:

        Curhat?

        Untung Asukanya gk ane ikut pake jg, pake HP nya maksudnya 😀

        Ente jelasin gtu kira2 ane pham gak mnurut ente? 😀

      20. Sori, ane gak ileran kaya seseorang 😀

        Dari bola kristal ke HP? Ngeles aja tukang iler 😀

        Ane brainwash biar paham 😀

      21. Anakamirikaru says:

        Bisa aja ngelesnya 😀

        Ya ane pngen tau aja, di HP Asuka ada game nogifesnya jg atau enggak 😀

        Pake sabun cuci merk apa? 😀

      22. Emang enggak 😀

        Ada dong, pake card gambarnya ane 😀

        Sabun cuci? Batu kali juga cukup 😀

      23. Anakamirikaru says:

        :<(@)#®↓®˙*+?@(@(@

        Card mistis berarti 😀

        Pake pasir + yg ke 7 pke air bersih sekalian, puas?!

      24. Bahasa manusia dong 😀

        Bukan mistis lagi, bukan SSR lagi, tapi SSSSR 😀

        Belum 😀

      25. Anakamirikaru says:

        TT

        Boku wa iyadah 😀

        TT

      26. Boku wa iyadah mulu, awas banyak yang sensitif dari grup itu 😀

      27. Anakamirikaru says:

        😀

      28. Bakal anarkis gak nih? 😀

      29. Anakamirikaru says:

        Anarkis sih enggak, anakamirikaru, iya 😀

      30. Yes? 😀

      31. Anakamirikaru says:

        😎

  4. Andhika Tanaka says: Reply

    suka dreamcatcher karena lagunya ya beda gitusi suasananya 😀 entah knp yantol di kuping
    klo gfriend mah gausa diragukan lagi 😀 selalu ditunggu walaupun konsepnya mirip mirip
    OMG juga suka pas teasernya secret garden keluar 😀 😀 😀

    kok gaada pristine? 🙁 I like dudududududu you like dududududu we like dududududu du..du..du..du..du..du… 😀

    1. Andhika Tanaka says: Reply

      *pristin

      1. Ane susah bilang lebih suka MINX atau Dreamcatcher 😀

        Entah OMG yang niru Yeochin pas Secret Garden atau…… 😀

        Itu di deskripsi Weki Meki kayanya udah ane tulis deh, keliatan gak baca 😀

    2. Andhika Tanaka says: Reply

      karena saya ngikutinnya pas jadi DC jadi saya suka DC 😀 😀 😀

      Gapeduli siapa niru siapa 😀 yg penting suka ke2nya 😀
      GO!GO!GO! OMG! YEOJACHINGU! DREAMCATCHER JUGA! TWICE JUGA!

      saya baca, cuma menyesalkan kenap lagunya ganyantol di kuping mimin 😀
      padahal ada mbak pinky 😀 😀 😀

    3. Andhika Tanaka says: Reply

      fromis_9 juga gadimasukin 🙁 gmnsi mimin 🙁

      1. OMG Yeochin DC sama TWICE doang nih? 😀

        Pinky siapa lagi? Ane taunya Kyulkyung doang dari Pristin. 😀

        fromis_9 ane gak ngikutin, UNI.T masih liat2 soalnya ada NC.A 😀

    4. Andhika Tanaka says: Reply

      apa dong lagi? 🙂 saya ngikutin lovelyz lagi atu

      pinky = kyulkyung 😀 😀 😀

      saya gangikutin the unit jadi gaterlalu tau 🙁 gara2 ngikutin mix9 eh tau2 bermasalah sama yg menang 🙁
      kelakuan yg emang 🙁 🙁 🙁

      1. Ayo terus sebutin, entar kalo 20 dapet piring 😀

        Itu nicknamenya?

        Ane gak ngikutin yang lain dah, fokus sama Produce48 dulu 😀

    5. Andhika Tanaka says: Reply

      oiya karena masi fresh jadi saya bahas disini 😀

      menurut saya You and I > Naekkeoya ( klo ngerti 😀 )

      1. Kalo ngerti?
        tahan

    6. Andhika Tanaka says: Reply

      klo saya sebutin semua bisa jadi 1 artikel entar 😀

      iya nicknya si kyulkyung pinky

      pd101 china nggak? 😀 ada Kimberley chen yang nyanyi lagu ai ni padahal 😀

      ya genre tujuannya emang beda si lagunya 😀 tapi karena ke2nya keluar hari ini jadi dibandingin deh 😀
      etapi knp kayaknya DC tu underrattted sekali ya? padahal konsepnya beda dari idol pada umumnya(?)

      1. Ayo dah, lanjutin 😀

        ANe gak tau, gak minat sih 😀

        Yakali ane segitu nganggurnya sampe mantengin semua acara idol 😀

        Underrated karena konsepnya susah diterima mayoritas fans idol. Jangankan yang kaya gini, yang sexy-an dikit aja susah laku.

    7. Andhika Tanaka says: Reply

      uda ih capek ngetiknya 😀

      yasuda #fyi ajasi min 😀

      ya sapa tau jam maen nogifesnya dikurangin pake nonton 😀

      sexyan dikit? macam stellar?

      1. Capek atau gak bisa mikir lagi 😀

        Ngurangin main nogifes, coba saranin ke kos sebelah tuh 😀

        Stellar? Duh,masih modest itu mereka 😀

  5. Entah kenapa ane vote blackpink 🙂
    Tapi untuk sekarang ane ga mau nambah lagi, terutama korea yg butuh kemampuan ekstra buat bedain wajah satu sama lai 😀

    1. Lah atas dasar apa dan bagaimana? 😀

      Ane gak ngerti sih dimananya butuh kemampuan ekstra, soalnya ane dari dulu paling gak bisa ngebedain sih siapa yang mana 😀

      1. Dari video video di atas, pas mau vote yg keinget cuma blackpink 😀

        Ane gk ngerti komen kedua ente 😀 maksud ane kalo korea mukanya mirip-mirip gitu, mungkin oplasnya grosiran 😀 *canda 😀 😀

      2. Yang lain gak inget atau pura2 lupa? 😀

        Aih, ayo dah fans fanatik K-Pop mana suaranya 😀
        ayo

Leave a Reply