AKB48 Teacher Teacher MV Review

Tidak ada kesalahan di judul, dan ini jelas bukan artikel clickbait. Ya, AKB48 Teacher Teacher MV Review. I did it, reviewed AKB MV for the first time under the name Mac Orion.

Well, entah ada angin apa sehingga aku jadi mereview sesuatu yang kupikir tidak akan pernah kulakukan. Okelah, kalau kubilang aku sama sekali tidak tertarik lagi mungkin hanya separuh benar akhir-akhir ini.

Kenapa? Karena Produce48, tentu saja. Apa lagi. Aku harus mengakui kalau aku cukup excited dengan program ini, entah kenapa. Karena ini salah satu program yang paling populer di Korea sehingga aku tidak mau ketinggalan hype mungkin?

Dan kalau bisa dan ada waktu, aku ingin membahas lebih tentang Produce48 nanti. Nah, membahas hanya Produce48 tanpa grup utamanya, AKB48 rasanya kok terdengar bodoh. Ya memang inti dari Produce48 adalah melihat trainee yang mengasah kemampuan.

Sounds silly to even interested for such a program but it’s happening. Berhubung sudah dekat dengan jadwal tayangnya, dan kebetulan AKB48 baru saja merilis single terbarunya, yang, interestingly, juga membawa nuansa K-Pop -katanya- di single ini. Well, langsung saja, review untuk Teacher Teacher dan apakah lagu ini mengobati rasa penasaranku.


‘kay, I’ll be frank, I was over expecting. Karena beberapa kali ada kata-kata K-Pop meski ternyata hanya koreografinya saja yang ditangani oleh Park Junhee, MV tetap digarap oleh nihonjin. Dan sebelum melihat MV ini, er…. bagaimana bilangnya ya? Like I’ve set the bar so much higher.

Karena membicarakan koreografi K-Pop, mudahnya aku teringat pada GFRIEND, GG, Blackpink, RV, TWICE, even MOMOLAND or Oh My Girl. I mean, these are the groups I think about when we talk about coreo. Seharusnya aku tidak berekspektasi terlalu tinggi karena seperti yang selalu kutekankan, ada standar yang berbeda.

Nah, setelah menset kadar penerimaan diri, masih ada saja yang membuatku merasa malas menulis di titik ini. Lanjut?

show must go on, review must go through

Karena sudah terlanjur mengambil screenshot dan merasa artikel ini akan lebih menarik bagi visitors ketimbang membaca artikel tentang Kim Jong Number Un dan Moon Jae In, jadinya lanjut saja. Tapi jangan harap akan sedetail Sakamichi Review. Pertama, yang menjadi perhatianku adalah apa yang ingin disampaikan si sutradaranya.

Background set yang tidak ada benang merahnya. Ruang make-up,taman di malam hari, panggung, dan potongan CG yang sepertinya diambil dari Journey To The West 3D? Aku tidak sering menonton MV AKB beberapa tahun terakhir, dan jika melihat ini saja, kupikir aku bersyukur. Entah selera atau bias, Sakamichi lebih masuk bagiku.

Meski sama-sama terlihat cheap dan gak niat, kalau ini dirilis di Sakamichi, aku akan memberi nilai D- paling bagus. Mungkin akan ada argumen tentang set yang mahal dan lain sebagainya, tapi kutekankan apa gunanya shooting MV di Buckingham Palace kalau cuma diambil dengan GoPro dan diedit lewat iMovie? Know what, Infinity War sells better than Blue Planet.

Dan aku jadi ingin minta maaf atas kritikan untuk MV SakamichiAKB. Satu-satunya yang menurutku cukup oke adalah pembagian screentime dan solo shot yang cukup bagus, bagi member-member baris depan sepertinya.

Lalu poin utamanya; koreografi. Ini jujur saja adalah yang paling membuatku penasaran sampai-sampai niat membikin review. Sekarang, aku merasa ini adalah clickbait yang sebelas duabelas dengan debut Honey Popcorn.

Jujur saja, kata kunci untuk koreografi a la K-Pop bagiku adalah in sync, sharp, eye candy, either makes us go “aww so cute” or “I’m impressed, fabulous”. Sadly, this Teacher Teacher MV takes turn…. into the most awkward way possible. Tema. Aku masih kebingungan seperti dengan MV. Dance di lagu ini tidaklah cute atau sexy.

Campuran mungkin, tapi formula ini sama sekali tidak bekerja. Dari info yang kudapat, tema MV ini adalah “Sexy, Cute dan Dance Battle” pardon?

Faktanya, kalau saja blocking diperbagus sedikit, mungkin dance yang awkward ini bisa saja terlihat lebih oke. Masalah utamanya di blocking, mungkin karena member terlalu banyak. Masalah kedua ya di dance. Lack sharpness, a bit too slow for the song itself, and too much unnecessary pause.

Gerakan yang diulang-ulang juga sama sekali tak terlihat total sexy atau cute untukku. Jadi, aku sama sekali tak puas dengan dance.
Banyak dance yang di mataku terlihat mengambil inspirasi dari dance-dance terkenal grup K-Pop. Aku tidak akan sebut merek yang mana di adegan berapa, karena fandom AKB ketemu fans K-Pop, artinya….

go go go

Untuk hal lain, aku tidak terlalu paham lagi tentang AKB jadi mungkin tidak ada di kapabilitas yang tepat untuk mengomentari selain MV. Bahkan untuk tahu pasti siapa saja member di MV ini aku juga tidak yakin. Yang aku tahu pasti, berkat MV ini aku jadi tahu nama member yang tampil cukup bagus di MV SakamichiAKB kemarin.

Konklusi setelah melihat dan mereview Teacher Teacher? Well, aku tidak tahu apa aku jadi sangat menantikan Produce48 lagi. Bagaimana dengan kalian?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

50 Replies to “AKB48 Teacher Teacher MV Review”

  1. Abg ipar sehat?

    Jadi ragu,up berita ini emang murni untuk review(mungkin ada incaran di 48) atau cuma sekedar nyedia in lapak buat war,mana review nya gak ada sebut nama,centernya aja gak disebut(emang tau?)

    Untuk ukuran big senbatsu,pembagian screen time nya cukup adil,para back dancer ada kelihatan,gak cuma sekedar numpang nama kyk biasanya,selebihnya bikin pusing,cameranya,musik jedak jeduknya,,,cuma bisa nikmatin kaki aja

    1. Kena angin jelek dari sebelah 😀

      Incaran di AKB? Yakali, muka membernya aja harus pake cleaner dulu otak ane biar bisa inget 😀
      Nyediain lapak buat war?

      ayo

      Gini ini udah lebih mending dari biasanya?

  2. Hahahaha beneran di angkat Review-nya 😀

    Memang masih banyak yg aneh sih sama nih MV, ya scene gunung kamera muter2, kebon, ruang make Up. Plus Dance member yg ane liat masih ada beberapa yg kaku dan kecepatan. Rasanya coupling lebih menjanjikan tapi ane tahan harapan itu dulu 😀

    AKB juga udah lama gk pake Koreo yg bener2 gerakin badan, dari Halloween juga gerakan single2 seterusnya kek senam di pagi hari (*Bahkan Negaigoto ane anggap masih terlalu ringan) jadi gk mau berharap banyak walau ada ungkapan “kek K-Pop lah,bagus banget,dll” 😀

    Ane malah nungguin fans K-Pop lokal kritik nih MV, ane suka perpecahan 😀

    Dan yg ane tangkep dari MV ini, “ingin terkesan sexy + elegan, tapi gagal karena gunung ” 😀 yah selain dancenya yg gk begitu kerasa, wajah2 membernya juga bertolak belakang dengan nih lagu 😀 apalagi adik ane Aayan(NMB) & Yunana(SKE) yang berhasil dinistakan oleh Ueahara 🙁

    Oh iya sejauh ini ane rasa ini pembagian screentime terbaik untuk semua member sentbatsu di single AKB 😀

    Akhir kata keseluruhan 2/5. Ane lebih exited sama lagu Team 😀 terutama Team A

    Oh iya ngomong2 yg di maksud Dance battle. Ane juga bingung dari mananya ? Apa yg bagian sebelum reff terakhir itu ?

    Masih kuat buat nonton MVnya lagi gk min ? 😀

    1. Yakali gak beneran 😀

      Nah, dari yang sering mantengin AKB, ini masih termasuk normal gak sih? Sinematografi, dance, lagu, dll?

      Mungkin pesan tersembunyi dari adegan gunung muter itu adalah….. 😀

      Kalau soal dance battle, mungkin per adegan itu ya battle-nya. Yang ada di hutan, make-up, dll. Tapi ya bego aja sih 😀

      Nonton lagi? Kemarin ane nonton ini 3 kali cuma buat review, abis itu udah. Bodo. Langsung cari pelarian ke K-Pop 😀

      1. Siapa tau 😀

        Kalo selama pemantauan ane untuk AKB akhir2 ini, sinemanya agak aneh sih di mv ini apalagi yg gunung itu 😀 dance kalo untuk AKB yg sekarang normal lah, wong gitu2 aja 😀 lagu yah baru gk normal, baru kali ini ane dengerin lagu AKB yg begini. Bukan dari instrumen musik yah, tapi dari nadanya 😀 bahkan Jabaja menurut ane masih lebih mending nadanya

        Ane malah gk bisa ngira bagian mana yg kemungkinan battle dance 😀

        Ane malah baru 2 kali 😀 habis itu gk mau lagi. Ane cari drama-drama di lingkungan sekitar 😀

      2. Jadi rilisan ini normal aja, cuma minus di MV sama lagu? *Lah ini mah faktor utama 😀

        Mohon agar Lord bisa mencerahkan hambanya yang tersesat ini 😀

        Cari drama atau….
        mancing

  3. Kesambet apaan min? 😀

    Lagunya ane suka lah, sekitar 7.5/10 😀

    Mvnya, itu bagian gunung gunung muter apaan itulah, ane rasa ga perlu, ane ingin cut tuh scene 😛 , liat scene itu ane ngerasa liat mv momusu yang jadul 😀

    Tapi gapapa, my new oshi, Berin, sang kapten team A, banyak dapet screentime, jadi ga begitu masalah juga 😀

    1. Kesambet di bawah beringin kuning, di halaman kandang serigala sebelah 😀

      All hail gunung muter 😀

      Berin ini yang keluar di adegan mana?

      1. Di bagian yang benang merah yang jadi center, pokoknya yang bareng Akarin-nya NMB

      2. NMB Akarin itu yang mana aja ane gak tau 😀

  4. Anakamirikaru says: Reply

    Ente perlu dirukyah gak min? 😀

    Klo soal dance, meski ditngani koreo dri korea, unsur jepang yg “kawaii” mungkin gk bsa dilepas, ane jd inget, ente kritik jg kan soal dance Twice di lagu wake me up (when september ends). Jd mungkin ada benang merahnya knp dance Twice bgtu di lagu rilisan Jepang ver 🙂

    Utk screentime, ane hnya bsa memahami dgn jmlah mmber sbnyak ini, dan bnyak yg respon positir termasuk ente, berrti bagus 😀

    Soal lagu, enak musiknya, apalgi aransmen pas intro nih lagu 😀

    Lagu: 3.5 / 5
    MV: 3 / 5 (efek muter2 dgunung bikin jatuh nih mv)
    Dance: ? / 5

    Soal Produce48, ane ngalir ajalah 😀

    1. Hidup wake me up when september ends! 😀

      Disini aja deh ane komennya. 😀
      Judulnya jadi mengingatkan ane ke lagu Sorry, Sorry-nya Suju. 😀 Ane udah kira ntar nadanya sama, cuma diganti Teacher, Teacher, Teacher. 😀

      Lagunya udah lupa. Jadi, ?/5. Ingetnya Sorry, Sorry mulu ane. 😀
      Screentime, 1/5 karena ane cuma bisa nemu Juri sekelebatan aja. 😀
      Nah, dancenya ini, ane setuju sama mimin. Banyak pengulangan dan gerakannya terlalu sederhana. Mungkin karena banyak membernya, beat lagunya yg ga pas atau belum liat perform fullnya, ane juga ga tau. 😀 Atau kayak kakek serigala (baca:Anakamirikaru) bilang, mungkin unsur kawaii khas Jepang yg dipadukan disini. Jadi gitu deh. Ga tau juga mau ngomong apa. Pokoknya gitu deh. 😀

      1. Ini apa lagi, main numpang di komen orang aja 😀

        Sorry Sorry dibandingin sama ini? Sorry sorry sorry sorry sorry 😀

        Juri ini siapa lagi? Kaya pernah denger, gen lawas ya?

        Sesama kakek2 serigala akur nih ye pendapatnya 😀

    2. Gak perlu sih, malah makin panas 😀

      Argumen yang sama sekali gak bisa ane terima, karena gak sedikit MV GG yang cool, idol2 Jepang pun gak sedikit yang cool, jadi kawaii2 gini dipertahanin secara awkward di MV yang temanya juga ambigu begini? Nay.

      Demen musik beginian tapi disodori EDM K-Pop bilangnya bukan selera?
      sabar

      Ngalir aja, kaya yang kuning2 😀

      1. Anakamirikaru says:

        Mas
        Dah numpang dikolom komen ane, ngata2in ane lagi TT

        Mac
        Wah dah berat sekali yg nempel di ente berarti 😀

        Ya itukan yg laen, gk dgn akb 😀

        Ane gk bilang demen loh, ane cuma bilang enak, itupun sebatas musik yg aransemennya kyk di bagian intro n outro lagunya 😀

        Itumah ente 😀

      2. Gak seberat beban hidup ente sih kayanya 😀

        Argumen yang bikin ane pengen…
        tbk

        Ngelesnya itu loh…
        kelihatan

        Ah masa? 😀

      3. Anakamirikaru says:

        Curhat ini mah, pasti! 😀

        AKB. Aksi nya Kawaii Banget 😀

        Loh, ente yg sering nongkrong dibwah phon beringin, mlah ane dikatain kesurupan 😀

        😀

      4. Ente tersinggung ya? Sampe bikin pengalihan isu 😀

        flat

        Ente gak dibawah pohon aja kesurupan, coba dibawah tower 😀

      5. Anakamirikaru says:

        Jujurlah padaku, bila kau…. 😀

        Tuh, squidwad aja setuju gtu 😀

        Jd habu tower ntar 😀

      6. Pengalihan isu orang tua 😀

        Serah lah 😀

        Kenapa bawa2 Habu? Jangan2/…. 😀

      7. Anakamirikaru says:

        😀

        Cie, ngambek 😀

        Kyknya hdup ente penuh dgn kata “jangan2….” ya 😀

      8. Sama tukang ngeles emang susah 😀

        Oh, emang ane selalu memperhitungkan segala kemungkinan 😎

      9. Anakamirikaru says:

        Ngeles pelajaran apa? 😀

        Kmungkinan kok dihitung, hitung duit lah 😀

      10. Tua tukang menghindar 😀

        Curhat di tanggal muda? 😀

      11. Anakamirikaru says:

        😀

        Apa itu tgl muda? Ane cuma tau tgl tua 😀

      12. Sesuai sama umur lah ya 😀

      13. Anakamirikaru says:

        Pait pait pait pait pait

      14. Kan emang 😀

  5. Hatake Kakashi says: Reply

    siapalah saya,saya cuma orang awam..jd mohon dimaafkan kl bnyk salah kata dan sok tahu di komen ini 😀

    MV’y jujur aja,kurang suka dan gak ngeh maksud’y 😀

    Musik’y jg kurang suka,mngkn krn salah satu genre yg bkn fav saya 😀

    Dance’y dngr2 kata orang2 seksi dan cute,tp buat saya gak terlihat seperti itu 😀

    trkhr,apa cm krn PD48 aja yg bikin mimin ngereview ini MV?yakin?bkn krn ngincer YuiYui?asalkan bkn Sakura,gpp 😀

    1. Orang awam? Ane pengen dosa tapi takut ketawa 😀

      Ada juga yang gak disukai ninja mesum? Apa kadar HBD di MV ini kurang? 😀

      Yuiyui?

      1. Hatake Kakashi says:

        pengen dosa? 😀
        maaf,saya tdk bisa ngasih mimin dosa 😀

        ya ada lah,kn gak semua selalu sesuai harapan 😀
        musik jenis ini salah satu yg krng suka,bkn krn kadar HBD yg kurang,MV’y aneh,berasa bkn AKB buat saya mh 😀

        itu center’y,kn panggilan’y itu bkn?mklm orang awam saya mh 😀

      2. Ente kan perwujudan fisik dari dosa HBD 😀

        Jadi intinya? AKB yang dimata ente itu kaya gimana? 😀

        Orang awam yang gak berasa awam, tapi bilangnya awam, bikin orang awam beneran jadi gak percaya 😀

  6. Pertama, ane suka sama review – review kaya gini, termasuk review twice dll. (walau ane gk komen karna gk ngerti, tapi tetep ane tonton mv nya sama baca reviewnya 😀 )
    Soal mv nya, ane cuma nonton setengah krn boring dan sangat kurang. Padahal 2 single terakhir mv nya bagus (lagu ssk sama lagu mayu)

    1. Sempat gagal paham, bukan buka dua tab sekaligus kan, satu nonton MV satu baca review? 😀

      Nah, bisa dibayangin gimana godaan buat ane mandek di tengah jalan pas nulis ini? 😀

      1. Ya nggak lah 😀
        Kalo AKB ane pasti liat mv a-side nya, masa bodo sama senbatsu atau coupling karna emang ga ngikutin lagi. Ane liat mv akb juga karna kebanyakan kuota 😀 😀 (yg ini bercanda)

      2. Jadi intinya, AKB udah gak worth it buat diikuti secara mendalam? 😀
        mancing

  7. Dari penjelasan di yutupnya akb, mvnya itu mau nunjukin sisi seksi member. Makanya gak nyambung tempatnya. Intinya cuma mau nujukin seksinya doang. Jangan ekspetasi tinggi lah 😀

    1. Nah, sisi sexy ini ada di bagian mana? 😀

    2. Di mana di mana di mana??? Ku harus mencari di mana??.

      Ane sih cuma bersyukur Hinatankuh tidak ikut di single ini. Bisa anarkis para serigala kurang vitamin nanti 😀

      1. Mungkin kita semua terhipnotis sama gunung yang muter itu, jadi gak bisa liat estetika MV ini 😀

    3. Itu adegan yang paling epic! Kabarnya terinsprirasi langsung dari gaya rambutnya Kim Jong Un!!!

      1. Wah ngatain salah satu temen mainnya Lord 😀

  8. Andhika Tanaka says: Reply

    lagu comebacknya gfriend masi lebi bagus dari ini 😀 😀 😀

    #siramMinyak
    #idupinKorekApi

    1. Komen aja di artikel baru, ini buat yang gak suka rukun aja 😀

  9. Efek naga tv ikan terbang viral juga yah dijepang sampe sampe backgroundnya dipakek di mv ini.

    1. Oh, yang dari iklan susu sapi yang mereknya beruang tapi iklannya naga itu? 😀

  10. Shine and Bloom says: Reply

    Wow…akhirx gg perlu nunggu kiamat kurang dua hari…agan x akhir x upload artikel ttg akb…

    Sebagai pengamat setia akb…jujur lagux aq gg terlalu suka…catchy gg…dan mnrutq malah disturbing….untuk centerx yang notabene digadang2 jadi penerus x mayuyu yang kawaiii…akward bgt jadinya dikasih konsep sexy kayak gini….

    Di mv kita tau perbandingan kualitas performance dan music video antara akb dan idol kpop….
    Dimana kpop dituntut perfect..dalam setiap detil seperti music,koreo,music video,sampai expresi dan gesture….

    Aq juga sanksi kalo member akb yang ikut produce 48 ini bkalan bisa nyandingin bakat dan talentx trainee idol korea….walopun sakura lumayan menarik perhatian gara2 jadi center dgn wajah cantiknya…

    Akb skrang emang lagi down..disebabkan dominasi sister grup over original akb member…..dan grup rival lagi naek daun…

    Ngenes sih liatx…soalx aq dah ngefans sejak masih ada member kami7 ori….tapi generasi sekarang hanya ambisius biar masuk senbatsu daripada ngelanjutin perjuangan buat gedein akb kayak member old gen dulu..

    1. Cuma karena Produce sih, rasanya gak adil kalo bahas acara yang pake embel2 48 tapi gak paham sama sekali ke grupnya 😀

      Ane belum dengerin lagunya serius -mungkiin udah sekali dua kali pas review- tapi udah lupa. Terlalu terkesima sama gunung muter 😀

      Ya itu juga salah satu faktor kenapa ane nunggu Produce 48 ini. Dari video2 yang udah diposting, baca komentar di youtube isinya cuma campaign & black campaign, emang sih, netizen gak bisa akur 😀

      Soal down-nya AKB, ane sih gak bisa komen ya, udah gak ngikutin mereka lagi, gimana drama2nya sekarang, dll, pass deh 😀

  11. Emang mv akb yg ini bikin geleng gelemg kepala, dari judul lagu dan mv yg bisa dibilang gak ada kaitan nya sama sekali, dance dan lagu yang menurutku agak (?) membosankan mungkin gara gara single pra ssk kali ya? Jadinya dibuat agak ngawur (?)

    1. Ya… gak bisa bilang apa-apa sih, gak paham ane sama politik 48G soalnya 😀

      Ngomongin SSK, beredar luas kan ini single banyak yang berakhir di TPA…

Leave a Reply