Sakamichi Review : Atarashii Sekai

Kembali lagi dengan coupling, dan ini adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang, MV dari Under. Kali ini, mereka mendapat lagu berjudul Atarashii Sekai. Well, lebih adil mengatakan Under MV ditunggu oleh sebagian orang, karena biasanya merekalah penyelamat dari sebuah single.

Kali ini, Yokoburi Mitsunori yang adalah nama baru bagi sutradara MV Sakamichi memegang kemudi. Bagaimana dengan MV debutnya ini? Langsung saja, Sakamichi Review untuk Atarashii Sekai.


Dibuka dengan premis post-apocalypse yang tidak asing -well, kenapa ya? Mungkin aku pernah melihatnya di suatu MV lain- 21 Under member berdiri di depan parabola yang biasanya digunakan di observatorium. Tidak aneh, karena latar belakang MV ini diambil di observatori Nobeyama di prefektur Nagano.

Kemudian cameo dari original Macintosh 1984 yang dipasang decoder. Well, it wouldn’t work well in real life. Kemudian digambarkan Aachan sebagai center menjadi semacam ketua klub yang mempelajari tentang kehidupan alien. Well, in my point of view “alien world” doesn’t necessary to be intellegent life, but a simple life forms like microbials would do.

But who the hell would watching a movie about microbes instead of all-conquering evil aliens? Kembali ke MV, rasanya disini beberapa kali aku melihat referensi ke Saturn, kira-kira apa maksudnya? Karena teoriku tentang planetary Nogi jelas tidak berlaku disini.

Scene selanjutnya adalah member yang bukan dari klub ini memberi hadiah peralatan baru. Disini bagian yang paling membuatku bingung, begitu saja memberikan hadiah dan tidak ada penjelasan lanjutan? Well, di adegan selanjutnya aku paham apa maksud MV ini, jadi mereka ingin mengirimkan pesan ke luar angkasa, berharap ditemukan oleh intellegent life out there.

Karena alat yang rusak, mereka tidak bisa melakukannya dan kemudian mendapat peralatan baru sehingga pesan itu bisa terkirim. Oke, secara garis besar ini plot dari storyline. Apakah mereka berhasil? Tidak ditunjukkan, yang malah bagus daripada hasil akhirnya malah jadi cheap sci-fi video.

Sejujurnya storyline ini adalah tema favoritku. Space, science, and technology? Count me in. Berusaha mengirimkan sinyal ke angkasa luar sudah dilakukan manusia sejak radio pertama kali mengudara, dan sampai sekarang, belum ada intellegent life diluar sana yang membalas sinyal itu.

Voyager mengirimkan The Sound of Earth dan sekarang berada di interstellar space, tapi akan membutuhkan ribuan tahun lagi sebelum kita kedatangan tamu. Dan —oke, ini sudah beralih jadi anekdot tentang tema “mengirim pesan ke luar angkasa untuk intellegent life out there” waktunya kembali ke review MV.


Untuk urusan dance, karena tidak banyak ditampilkan disini, atau aku saja yang terlalu fokus pada storyline, aku tidak bisa mengatakan bagus. Malah kentara sekali di satu scene kalau dance-nya berantakan. Well, meski ada juga bagian yang kusukai, terutama di closing, gerakan yang simpel tapi elegan.

Screentime, ya, ini masih menjadi catatan. 21 member memang jumlah yang banyak, tapi beberapa member tidak terlihat. Ngomong-ngomong soal ini, ada perbedaan jumlah member di dua bagian ini….

Kembali soal screentime, karena ini adalah Under yang biasanya lebih adil, kali ini aku sedikit kecewa. Butuh kejelian untuk memastikan siapa saja yang kedapatan screentime lebih dan siapa yang miris. Well, kita tidak bisa mendapatkan segalanya.


Seharusnya tidak begini, tapi karena aku sendiri geek untuk hal astronomi dan semacamnya, banyak mishap yang mengganggu. Well, ini subyektif, karena jika dilihat oleh yang bukan fans dari astronomi, hal ini wajar. Salah satunya, 1984 Macintosh tidak memiliki user interface seatraktif itu, atau cukup tangguh untuk dijadikan mesin utama yang bisa mengirimkan sinyal ke angkasa luar.

Lalu ada efek-efek yang seolah mereka asal tempel obyek astronomi tanpa penjelasan. Minor sih, tapi ini mengganggu.

Untuk hal lain, selain referensi akan Saturn yang banyak, sejujurnya ini bagus, untuk seleraku. Cukup banyak scene yang seperti diambil dari BBC Planet Earth, atau Blue Planet-nya David Attenborough. Dan kalau mataku tidak salah, karena ini hanya muncul sedikit sekali, ada referensi akan WOW Signal?


Overall, Atarashii Sekai adalah MV yang bagus, dengan tema yang secara subyektif adalah favoritku. Tapi mengesampingkan nilai tinggi dariku pribadi, Atarashii Sekai masih stick dengan image Under yang membawa lagu atau MV yang lebih “kena” ketimbang main single?

Kenapa aku bilang begitu? Karena berbeda dengan Synchronicity, Atarashii Sekai membawa inti storyline seperti ini; never lose hope. Aku akan menyinggung sedikit mengambil dari tema, sekarang ini, kita akan sulit menemukan astronomer or scientist yang percaya kalau kita adalah satu-satunya intellegent life.

Kita mengirim tanda kalau posisi kita ada di titik ini, Bumi, sejak ratusan tahun lalu dan belum ada jawaban. Misi-misi luar angkasa juga belum menunjukkan hasil positif akan keberadaan intellegent life lain. Tapi manusia tidak berhenti berharap. Poin “harapan” ini juga ada di scene saat mereka mendapat hadiah peralatan baru yang membuat mesin penyampai pesan normal lagi.

Jadi, kalau bisa kubilang, obyektif tentang nilai MV ini dari segi storyline maka nilainya masih tetap bagus. Meski dari segi tema bukan untuk semua orang.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

30 Replies to “Sakamichi Review : Atarashii Sekai”

  1. Untuk storyline, ada yg menarik dari postingan kinglight25 dithreadnya 20th single di s48. Masuk akal banget storyline dari dia. 🙂

    MV mengingatkan ane pada film Contact. 🙂

    Shotnya oke, mirip movie. Hanya diawal pas member berjejer, kalo ga pake tv ukuran besar, ga keliatan. 😀

    Yg agak ga nyaman buat ane, temanya masih anak SMU, dan pake seragam juga. Ane ngerasa kalo ini ga pas aja dengan imej Nogi yg dewasa. Kalo aja temanya diubah kayak peneliti sungguhan gitu, bakal lebih asyik.
    Screentime juga masalah, meski ga terlalu masalah buat ane, karena Jun, Rena, Riria, Ume keliatan jelas. Member lain, ilang! 😀

    Diakhir, Yuttan dan Riria salah dance. 😀

    Nilai ane, minus lagu 7.8/10

    1. Baru baca, dan ane gak edit atau apalah dari reviewnya kelar kemarin. Gak kepikiran juga sih kalau kira2 storyline itu 😀

      Mau pake TV segede apa juga percuma 😀

      Diubah kaya peneliti sungguhan? Udah gak pake kostum kaya Buranko aja udah bagus kalau liat temanya.

      Ngomongin ilang, siapa yang gak ada dari scene all member kedua?

  2. Sebenernya ga ada masalah dari segi sinematografis, cuma kekurangan di screentime aja. Sama yg di shoot pas member berjejer ga keliatan, akan lebih bagus kalo dishoot satu persatu kameranya jalan gitu.
    Mimin tau susunan membernya? Yg front siapa siapa aja ya ane cuma liat ayane sama yuttan doang

    1. Kalau gitu, itungannya jadi buang2 screentime dong, terus ketauan siapa yang absen siapa yang enggak 😀

      Front sejauh perkiraan ane; Aachan, Renachi, Yuttan, Kanarin, Ume, Miria.

      1. Hebat mimin bisa tau ada yg kurang /absen 😀 ane aja gak merhatiin. Btw siapa aja yg absen?
        Masa iya solo center frontnya 6 😀

      2. Ane juga bingung, gak tau deh siapa yang ilang di scene kedua 😀

        Soalnya 6 ini yang dapet porsi lebih di MV, kalau harus ngediskualifikasi satu, antara Ume & Yuttan. Tapi kalau front 7, mungkin ketambahan Riria. 😀

  3. Sejauh ini, Under MV yg paling ane suka ke2 di single ini 😀

    Sinematografinya bagus,rasanya ane ikut dingin juga waktu pertama kali nonton. Storyline ane kebalikan dari mimin 😀 kurang begitu suka sama genre teknologi gitu jadi gk bisa mengkomentari Storylinenya 😀

    Dance bagus, tapi yah gitu 😀 munculnya dikit2 jadi gk bisa berkata banyak. Tapi dengan berdiri berjejer di depan parabola itu udah jadi nilai plus buat ane. Ntah kenapa suka aja gitu pengambilan gambarnya

    Seneng aja ane, kalau yg paling sering ke sorot yah Under sebelumnya. Sempet khawatir kalau gen 3 bakal menjajah screentime mv ini tapi nyatanya enggak 😀 dan saat wajah Reno di Shoot KYAAAAAAAAA

    Biarpun storyline ane gk ngerti tapi secara keseluruhan ane suka 😀 nilai MV, 8.4/10

    1. Yang pertama? 😀

      Storyline ini banyak teori sih, jadi ane gak bisa bilang mana yang paling pas 😀

      Yep, pas porsinya antar-gen di MV ini. Majority masih dipegang Gen 2, tapi Ume+Riria masih dapet jatah banyak, Gen 1 ada Kanarin.

      1. Jelas TTMM dong 😀

        Dan berhubungan ane gk ngerti juga sama genre kayak begini jadi pas aja lah 😀

        Mimin nemu Riria ? Kok ane enggak yah 😀 gen 3 yg ane temuin cuman Ume,Reno,Hazuki,Tama 😀

      2. Buat melolong ya? 😀

        Setdah, lah itu diatas ada juga screenshot segede itu Riria keliatan jelas juga 😀

  4. Tema bagus gini dibawain Under, mnjemen lbih percaya kualitas Under kah? 😀 😀 😀
    Under Nogi emng gk biasa 🙂

    MV nya bagus, cerita n pesannya nya pas kali dgn keadaan skrng. Kaget juga pas liat MVnya, kirain skedar jdul aja tuh “Atashii sekai”, tak taunya MV nya menguatkan judul lagunya, mantaplah pkoe.
    BTW, yg dimonitor itu bhsa pemrograman apa ya? 😀

    Screen time, yah resiko bnyak mmber, byakugan kerja keras 😀
    Nyari Reno n Riria susah amat, harus di pause, itupun harus sigap, lengah dikit, lewat 😀

    Untuk segi dance, klihatan bbrp x ada yg telat 🙂
    Trus yg ente bilang ada perbedaan jumlah, ngilang 2 ya? 21 jd 19, ngilang atau ktutupan mmber laen? dan siapak yg “ngilang” itu?

    Nilai MV, 8.5/10, tema n ceritanya bagus, -1.5 krena bbrp grakan dance yg dikit tp gk maksimal, masih ada yg bbrp klihatan telat bahkan salah, yah namanya jg manusia, halah 🙂

    1. Tumben ente muji Under 😀

      Itu bahasa pemograman L-0RD 😀

      Masih gampang diliat itu mereka, dasar maruk 😀

      Kalau ane tau siapa yang ilang, ane gak bakal tanya juga kali 😀
      Sejauh yang ane liat, emang ada yang gak ikut di scene kedua.

      1. Anakamirikaru says:

        Tumben? ente aja x yg slama ini gk mnyadari 😀

        Pantes, ane cari2 di buku bhsa pmorgrman yg ada sejauh ini di dunia, tp gk nemu 😀

        Bagi mata ane yg ingin dimanjakan oleh kehadiran mreka, tentu saja ane tidak puas 😀

        Ya mana tau ente skedar ngetes mata pembaca, atau ngetes pembaca baca artikel atau langsung komen? 😀

      2. Gak sadar akan sesuatu yang fana 😀

        Bahasa pemrograman level tingkat teratas itu 😀

        Bikin aja MV sendiri 😀

        Curhat ya? 😀

      3. Anakamirikaru says:

        Hadeh TT

        😀

        Hahaha, ente mancing2 sih, dah tau ane orng nya gtu klo dah soal bidadari2 ane 😀

        Mnurt situ? 😎

      4. Emang ente orang yang kaya gimana kalau menyangkut bidadari? 😀

        Kayanya sih gitu 😀

      5. Anakamirikaru says:

        Liar n penuh hasrat, tpi dlam hal positif 😀

        😀

      6. Oh, oke 😀
        ks

      7. Anakamirikaru says:

        _)&#@^%$#>”?>:}{@)&*%^-854_&$#&

      8. Liar nakal brutal membuat semua orang menjadi gempar 😀

      9. Anakamirikaru says:

        Hapal sekali ente 😀

      10. Ikut terlibat di serialnya 😀

      11. Anakamirikaru says:

        Ane gk berani deh ngebayangin ente terlibatnya sbgai apa 😀

      12. Jadi itu tuh, itu, yang panjang dan besar 😀

      13. Anakamirikaru says:

        Berbulu? 😀

      14. Anakamirikaru says:

        Berbulu?

      15. Apanya? 😀

      16. Anakamirikaru says:

        Tau ah, gelap 😀

  5. baru sempet komen semenjak kemarin baca2 doang…

    nothing special, entah kenapa kesan ane buat mv nya under kali ini biasa aja… tapi di single 20 ini emang mv yang bener2 digarap oke sesuai ciri khasnya nogi yang mainin storyline di mv nya.

    ane gatau banyak tentang astronomi, jadi ga bisa nilai mv ini emang pas konsepnya atau enggak… kalau ini dikatakan konsepnya science fiction masuk gak min?

    dan untuk member yang ilang, iya sih ane perhatiin yang berjejer jumlahnya 21, tapi pas yang di shoot formasi cuma ada 20, gatau ketutupan member di depannya atau emang gak ikut shooting.

    buat screen time, jumlah member banyak emang ga akan maksimal ngeshootnya… wajar aja… dan masalah gen 3 yang dilebur ke under semoga gak mempercepat masuknya gen 4 ke nogi terkait audisi massal yang kemarin2 diberitain…

    nilai buat mv nya 8/10

    1. Ciri khas Under juga sih, soalnya mereka juga selalu ngasih storyline di MV. Hampi selalu.

      Kalo dibilang sci-fi….jelas bisa. Soalnya temanya sending the message out there.

      Ane cari2, dari scene per scene, emang ada yang ilang satu.

      Gen 4 kan udah pasti masuk, jadi, tunggu aja santai sambil ngopi 😀

Leave a Reply