Sakamichi Review : Against

Kembali untuk coupling dari Synchronicity rilis pada 13 Maret. Kali ini, Against yang dibawakan oleh member Gen 1 rilis di waktu bersamaan dengan TokitokimekimekiI cursed it. Entahlah, aneh rasanya menyebut MV Gen 1, karena rasanya sudah terlalu lama kata-kata ini tidak digunakan.

Ikoma menjadi center untuk lagu ini, sesuatu yang selalu membawa dua sisi pro dan kontra, aku sendiri tidak melihat dimana harus pro atau dimana harus kontra, jadi ya, bukan masalah. Well, langsung saja, ini dia Sakamichi Review untuk Against.


Disutradarai oleh Maruyama Takeshi, Against diambil dengan metode continuous shoot. Sebelumnya pernah digunakan sedikit saat Buranko, tapi kali ini berbeda. Sebagai center, Ikoma memulai MV ini, diikuti dengan Capt lalu original tridente Iku-Iko-Hoshi. Yang patut digarisbawahi adalah Ikoma berada sebagai orang ketiga di bagian ini.

Ashurin dan Naachan menjadi pemeran di scene selanjutnya. Warna pastel neon dominan dan ini sedikit membuatku sakit mata karena kontras dengan bagian sebelumnya yang gelap, dan bagian selanjutnya yang juga gelap lagi. Unit IGAI Break di scene ini, disusul oleh WakaReiMana di bagian selanjutnya.

Sayangnya, bagian dance scene pertama yang menampilkan seluruh member Gen 1 ini terlalu cepat dan terlalu banyak efek, jadinya susah untuk mengenali siapa yang mana atau untuk sekedar menghitung jumlah kepalanya. Hal yang sama untuk dance scene Iku-Iko-Hoshi, but I love Hoka no Hoshi Kara resemblence in AshuNana scene.

Rasanya susah untuk melihat Kaz-Sayuringo-Maiyan-Misa tidak tersenyum di MV, or at least goofing off. WakaReiMana tampil dengan warna mencolok lagi disini, plus efek yang bikin pusing. Selanjutnya, “sisa” Gen 1 ditampilkan, aku akan mencoba menghitung dan mengidentifikasi siapa yang mana. Sesuai urutan.

Maaya-Yuttan-Hinachima-Johnson-Chiichan-Kawago-Sayu-Kanarin. Second tier member, followed up by Fukujin in the next scene. And for the next after that, well, this is the first mistake I caught on. Beberapa member terlihat salah gerakan atau telat, entahlah, rasanya ada yang miss di bagian ini.

Bagian yang paling membahagian bagi fans Ikoma jelas adalah solo dance, now you could tell what a 7-years experienced idol could do. Well, Ikoma tidak terkenal karena dance, jadi lebih adil untuk mengatakan mengesankan bagaimana dia bisa memberi impresi cool seperti ini. Jangan keburu membantah.

Sebelum dibantah, aku jelas ingat bagaimana Ikoma menjadi center Seifuku no Mannequin dan bisa mengeluarkan aura yang mirip dengan ini, tapi ingat saja, this isn’t her character, dan praktis Seifuku no Mannequin adalah satu-satunya lagu dimana Ikoma tampil cool sebelum Against.

Bisa dibilang karena dia tidak mendapat banyak kesempatan center. Hell yeah, setelah Seifuku, dia hanya menjadi center di Kimikibou dan Taiyou yang tipenya ceria, untuk coupling pun tipe lagunya seperti Kanjou Rokugousen, jadi, untuk mengatakan bagaimana Ikoma bisa tampil cool sedikit mengejutkan rasanya wajar saja. It’s been so long.

Ada 6 Ikoma, kebetulan?

Selanjutnya adalah dance scene lagi sekaligus yang terakhir. Aku tidak bisa bilang ini lebih baik atau lebih jelek dari Synchronicity, karena tergantung selera sih. Apalagi dance kali ini hanya direkam dari satu sudut pandang saja, jadi susah untuk menilai detil sebelum melihat live.

Hmmm, ada kemungkinan lagu ini dibawakan live?


Untuk urusan sceentime, aku rasa tidak banyak yang bisa dipuji atau dikeluhkan. Semua rasanya sudah pas pada tempatnya. Center, front row, Fukujin, dan backdancer. Formula yang selalu sama sejak zaman batu. Dan untuk member Under, rasanya bisa satu MV dengan member senbatsu saja rasanya sudah aneh bagiku.

Aneh bagiku ya, bukan aneh bagi mereka. It’s been too long, just….couldn’t think this will happened again. Well, semua member setidaknya tampil di dua MV untuk Synchronicity ini. Untuk sinematografi, meski aku bukan fans dari continuous shoot, rasanya tidak banyak yang bisa kukatakan kalau aku sering juga mengkritik MV yang “gitu lagi gitu lagi”

Disuguhi MV hanya dari satu sudut pandang sekali-sekali jelas tidak jelek, karena toh dari sini juga MV Against ini dipenuhi efek jadi ya kita lebih fokus pada efeknya. Nah, efek ini yang menjadi tanda tanya di kepalaku. Bukan tanda tanya seperti dalam What is Love.

Oke, semua sutradara punya preferensi pribadi dalam membuat sebuah film. Tapi untuk Against ini, ada beberapa yang tidak bisa kutemukan dimana benang merahnya. Katakan saja, scene Ashurin melayang, shadow multiplication di beberapa scene, dan yang paling penting, hubungannya dengan storyline?

Well, ini belum kusinggung sama sekali, tapi sebagai gambaran saja, tidak ada storyline yang bisa benar-benar kutangkap selain Ikoma memang center di lagu ini. Properti dan background juga tidak begitu kupahami selain alasan “imajinasi sutradara” jadi, sekali lagi ini bukan MV dengan storyline yang biasa dinikmati dari Nogi.

Kostum. Well, ini menarik karena mereka tidak menggunakan seifuku tapi baju yang berbeda-beda. Semuanya unik, tapi kalau aku harus memilih, top 5 adalah;

  1. Ikoma – parka yang dia pakai di tengah MV, kalau saja belum sadar dia satu-satunya yang memakai dua kostum
  2. Sayuringo – remind me why is she did modelling
  3. Chiichan – Hoka no Hoshi Kara, anything else?
  4. Hoshi – dia memakai tema yang mirip-mirip PB?
  5. Kawago – warna kuningnya tidak bisa lebih mencolok, memberi kesan easygoing

Overall, Against adalah MV yang….. berbeda. Well, Nogi pernah memakai sinematografi yang mirip-mirip dengan MV ini, cukup banyak malah, tapi Against merangkumnya menjadi satu. Aku tidak bisa bilang MV ini bagus atau tidak, seleraku atau bukan, karena Against ada di titik netral untukku.

Yep, ada bagian yang kusukai, tapi separuhnya tidak. Jadi, secara pribadi, aku tidak bisa komentar selain ini adalah MV yang campur aduk. Yah, mirip pendapatku tentang MV dari Marika kemarin. Bagaimana dengan kalian sendiri?

Rasanya gambar ini cukup untuk mewakili pendapatku

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

64 Replies to “Sakamichi Review : Against”

  1. review yang #ditunggu kembali sudah rilis, semangat gan buat reviewnya nanti kedepannya (karena emang pasti nguras waktu dan pikiran ngereview 2 mv sekaligus)

    buat mv ini ane nilai keren tapi bikin pusing.. efeknya banyak banget, dan mata ane gak kuat buat ngikutin. Tapi maklum, teknik shoot dari depan memungkinkan si sutradara bisa berkreasi dengan efek melimpah. Plus minus tentunya, ane sepakat sama agan admin, mv ini ga jelek tapi ga bisa dibilang bagus.

    Kalau ane boleh berpendapat, tipikal konsep dan dance yang begini agak kurang cocok dibuat continuous shoot. semisal di shoot mirip another ghost yang 360 di luar formasi dance mungkin lebih baik dan lebih bisa dinikmati. tapi untuk sejenis mv ini, udah gak bisa bilang “LLC irit bin pelit”

    ane baru ngeh kirain semuanya ganti2 baju, ternyata cuma ikoma doang yang pake 2 baju yang beda… style rambutnya juga beda…

    nilai buat mv ini, 8.5/10




    0



    0
    1. Gegara kemarin ngebut ini 4 jam, gak sempat main Nogifes, nonton werewolf game, atau sekedar jalan2 ke S48 sebelum kelar beneran 😀

      Yep, ane juga sayang kenapa gak dibikin a la Another Ghost, tapi setelah dipikir lagi, kayanya bakal susah karena jumlah membernya yang banyak.

      Karena MV ini gelap+bikin pusing, ane harus replay berulang kali buat mastiin kalau emang cuma Ikoma doang yang ganti baju 😀




      0



      0
      1. Demam nogifes akut adminnya 😀

        Iya juga sih, tapi seenggaknya lebih nyaman buat diliat dibanding efek2 yang bikin sakit mata

        btw buat 2 mv lagi kapan rilisnya ya? ada info?… terus under member nogi di single ini paling banyak dibanding rilisan nogi sebelumnya atau enggak?




        0



        0
      2. Oh, iya pasti 😀

        Karena MV-nya banyak yang gak suka, mari berharap pada live 😀

        Belum ada info, tapi lamaan dikit lah, sama jangan sehari dua, pegel 😀
        Under kali ini Gen 3 ikut masuk, jadi ya paling banyak.




        0



        0
  2. Mata ane ga bisa lepas dari paha, betis dan pantatnya Ikuchan. Celana polkadotnya memberikan kesan berisi, sintal, kenyal, padet, dan chewable, yg sebelumnya, sebagai pecinta Kaki46, nggak pernah ane bayangkan bakal dimiliki Ikuchan yg tubuhnya kerempeng. Jadi dagdigdug ane liat cewek satu ini. Love you Iku! 🙂

    Ane cinta Yumi dan naksir celana yg dia pake di MV ini. 🙂

    Pengambilan gambar, okelah. Ane belum liat di monitor yg lebih gede. Masih liat dari tablet 7inch ane. Jadi, ntar mungkin ane tambahin. 😀

    Dancenya oke, Naachan dan Yumi terutama. 🙂

    Solo Ikoma asyik, hanya saja gerakan akhir disolonya agak gimanaaaaa gitu. 🙂

    Pas awal liat MV ini, ane sedikit ngerasa ada bumbu 48 didalamnya. Mencolok dan charai. Modesty ala Nogi ga keliatan. Tapi, setelah ane liat lagi, pas dengan lagunya. Tambah lagi celananya dan kaki Ikuchan… dan cool & cantiknya Yumi… mungkin ane bias aja, ya. 😀

    Minus lagu, nilai ane 8.5/10
    Lumayan puas dan kaki Ikuchan… 🙂
    *Artikel udah ane baca loh! 😀
    **Buat yg ngaku suaminya Iku, jangan panas dulu. Ane cuma mengagumi kaki Iku…pantat, paha dan betisnya juga… 🙂




    0



    0
    1. Anakamirikaru says: Reply

      “Jngan panas” <- http://bit.ly/2qjhNVV
      Death Note beraksi!!!




      0



      0
      1. Chewable? Chewbacca? 😀
        argh

        Dulu ada juga yang pengen roknya Kanarin, sekarang ada yang pengen celana, segitu mirisnya kah keadaannya? 😀

        Gerakan akhir di solo yang pertama atau kedua?

        Bumbu 48 itu yang kaya gimana sih? 😀

        Ups, pawangnya muncul, bakar2 dulu ah 😀




        0



        0
    2. @Anaka
      Death Note? Eh, sekarang naksir Kawaei Rina? 😀

      @mac
      Maksudnya, paha, pantat, betis Iku keliatan enak untuk dikunyah2. 😀

      Enak aja dipakenya. Longgar, jadi buat bobok bareng lebih nyaman. 🙂

      Solo yg Ikoma jadi 6.

      Perasaan ane aja kali. Nuansanya macam 48. Tapi setelah liat lengkap, ternyata ga gitu. 😀

      Yey! Bakar2! Yang hangat yang hangat! 😀
      *Buat yg ngaku suaminya Iku, jgn panas dulu. Ane stress dengan kerjaan seminggu ini, jadi biarkan ane ngedelusiin jorok Iku dan Zukki. Maaf sebelumnya dan relakanlah. Hv a nc d. 🙂




      0



      0
      1. Baru liat di layar yg lebih gede. Kayaknya emang butuh yg 60fps deh. Perpindahan scenenya keliatan kasar, khususnya dibagian pilar yg jadi batas frame tiap scene.




        0



        0
      2. Lah, itu bener berarti quote dari Chewie 😀

        Aneh darimananya?

        Ckckck, Iku sih terserah, bebas, tapi apaan adek ane dibawa2 juga ke dalam pusaran HBD tak berujung? >:D




        0



        0
      3. Anakamirikaru says:

        MAkin tak beres TT




        0



        0
    3. @mac
      hmm… mungkin? 🙂

      Aneh, ga natural gitu. 😀

      Maklumilah, Zukki kok keliatan menggiurkan aja. 🙂

      @Anaka
      TT? TWICE? Tzuyu atau Nayeon? 🙂




      0



      0
      1. Setdah, yang satu kalau kasih penjelasan muter2, yang ini pendek gak kira2 😀

        Ente apa sih yang gak keliatan menggiurkan? 😀

        Nayeon atau Tzuyu? Yang mana aja sikat kayanya kalau bapak satu ini 😀




        0



        0
  3. Anakamirikaru says: Reply

    *komen ini saya tulis stelah membaca dgn seksama isi artikel ini*

    Awal2 “slide show” MV ini masih bisa dinikmati mata krena gk terlalu cepet, tpi pas mulai reff jd kyk agak cepet (apa cma prasaan ane) trus warna jreng + efek2 laen emng jd cobaan tersendiri buat mata utk nikmatin nih MV 😀

    BTW, yg awal2 pas IKoma masih pake baju warna merah, trus ada sosok yg pake baju warna orange (?) itu maish Ikoma atau siapa?

    Dancenya OK cuma ya klo utk bner2 mau dinikmati ya gk bisa krena MVnya yg kyk slide show 😀

    Lihat Maaya, Chiichan, Kawa-p di MV ini jdi aneh sndiri ane 😀

    Klo soal top kostum, Ikuchan paling top mnurut ane, bukan krena bias tp emng.. yah liat aja komen bpk srigala dunia gra2 liat kostum Iku, apalgi klo jackt pink dilepas n mnyisakan kostum “black eronya”, makin hotlah Ikukuh




    0



    0
    1. Ane dihadapkan pada pilihan untuk percaya atau enggak 😀

      Wah, kalau mata tua emang gak bisa diapa2in ya 😀

      Orange? Beneran emang mata tua nih ye 😀

      Kenapa aneh? Biasanya cuma liat di Nogiten ya 😀

      Black ero? Bisa aja bikin istilah 😀
      Kali ini, gak ada rok atau apalah yang ente pengen punya? 😀




      0



      0
      1. Anakamirikaru says:

        Anggap aja ane menirukan gaya ente 😀

        Ente curhat ya?

        Iya, orange kan? yg berdiri di depan lampu neon yg nyala itu loh, ente tau gk?

        Iyalah, ini lagu bnyak diisi member yg biasanya ane liat di MV senbatsu, eh tak taunya ada wajah mereka, jd trasa janggal 😀

        Ya habis ane gk tau nama jenis/style baju kyk gtu 😀
        Tp stidaknya kata ahli bca garis tngan di nogidoko bner, Iku punya garis Ero ditngannya, nih anak klo mau sedikit “nakal” bisa bikin sempoyongan srigala 😀
        Asem, tk da, terakhir yg pngen ane punya ya outfit pertama Maiyan di TGC kemarin 😀




        0



        0
      2. Gak kreatif 😀

        Siapa yang pertama komen soal sakit mata? 😀

        Tau lah, tapi kayanya sih gak orange 😀

        Kaya makhluk gaib gitu, ya antara percaya dan enggak keapa bisa ada disini 😀

        Loh, “Kalo mau sedikit “nakal”” ente sadar gak sih? Bukannya udah kalau itu 😀
        Buat dipake kalo malem ya? 😀




        0



        0
      3. Anakamirikaru says:

        Nykut ente 😀

        Ane kan mnyimpulkan pndpat dri bnyak orng 😀

        Jadi apa dong?

        Nah itu 😀

        Hadeh, klo sma ane emng sih Iku “nakal” menjurus ke “nagih” 😀
        Tak pa, yg penting punya, apalgi klo yg bekas Maiyan pake 😀




        0



        0
      4. Ah masa? 😀

        Alasan mulu 😀

        50 shades of grey kali 😀

        Apaan itu2 doang 😀

        Menghibur diri ya? Ane iyain deh 😀
        Ente mau jual lagi? Dasar makelar 😀




        0



        0
      5. Anakamirikaru says:

        Di dapur 😀

        Ngapaen ane beralsan toh ente gk pernha nerima, ini knyataan 😀

        Apa lagi itu? bumbu dapur? 😀

        Ya itulah pkoknya 😀

        Anemah dah terhibur sama bidadari2 ane, ngapaen lagi ane hibur dri sndiri 😎
        Kok bisa nebak gtu? klo enete bkala ngelakuin itu ya? 😀




        0



        0
      6. Nah itu paham pak 😀

        Diperluas dong pak 😀

        Oh iyakah terhibur sama bidadari2? BUkannya sekarang lagi nangis? 😀
        Ya pilihannya cuma itu, atau emang kalau malem ngondek, ente mau dikatain yang mana? Pilih dah 😀




        0



        0
      7. Anakamirikaru says:

        TT

        Ah sudahlah, jd intinya sapa sosok yg memakain baju “orange” itu? Ikoma jg?

        Ksimpulan seenak bapak aja itu, ane mah gk mrasaka sperti yg bpak pikirkan 😎
        Itukan ada yg bisa dipakai cowok juga 😀




        0



        0
      8. Lah, jelas Ikoma, ya kali Nanamin 😀

        Iya deh iya, pak Squidward yang suka menutupi perasaannya 😀
        Nah kan alasan lagi 😀




        0



        0
      9. Anakamirikaru says:

        Ya mana tau Maaya 😀

        Cie merajuk pake maksa 😀
        Emng bnerkan, misalnya rompi (?) nya kan bisa dipake buat cowok 😀




        0



        0
      10. Siapa tau Renachi 😀

        Ane yakin yang ente pengen itu bukan rompi 😀




        0



        0
      11. Anakamirikaru says:

        Nah makanya ane nanya 😀

        Keyakinan ente slalu mengada-ngada TT




        0



        0
      12. Atau….. 😀

        Kalau ane yakin sama Lord? Salah? 😀




        0



        0
      13. Anakamirikaru says:

        . . .

        Slma itu bner2 yakin sama lord, gk salah 😀
        Udahan lah, fokus ke nogifes dlu dri pda gk jlas 😀




        0



        0
      14. Masih main nogifes? Gaya2an aja 😀




        0



        0
      15. Anakamirikaru says:

        Krena eventnya berbeda dari biasanya, jd gk ada salahnya x ini coba ikutan fokus ke nogifes 😀




        0



        0
      16. Kalo gak mau berkorban diamond ya jangan harap hasilnya oke 😀




        0



        0
      17. Anakamirikaru says:

        Diamond cuma sisa 7,apa yg mau dipake, tp kyknya botol mnum ane banyak soalnya dri hasil event sblumnya blm pernah ane pake 😀




        0



        0
      18. Coba ente kirim email ke developer, kali bisa dituker 😀




        0



        0
      19. Anakamirikaru says:

        Saran ente dah ane lakuin n langsung dibalas, “Bikin game sendiri aja gih!”




        0



        0
      20. Bagi SS chat-nya dong 😀




        0



        0
      21. Anakamirikaru says:

        Iya x ane mau umbar aib dsini




        0



        0
      22. Bukannya udah sering kalo itu? 😀




        0



        0
      23. Anakamirikaru says:

        TT




        0



        0
  4. Jadi di sini kosan barunya. Btw, MV-nya bagus 😀




    0



    0
    1. Baru tahu kah? 😀

      Lah cuma gini doang nih, sedih ane 😀




      0



      0
  5. Setuju sama ente, ane gak bisa bilang MV ini bagus atau enggak… Lagu dan dancenya masih bisa dibilang bagus menurut ane…

    Bagian close up cukup buat ane pusing wkwkwk, dan pusing juga maksud dari MV ini apa… Kenapa asuka melayang?… Ada apa dengan tangga?… Kenapa diawal ikoma pake kerudung merah?… Kenapa ane sedih liat ikoma senyum di akhir MV? … XD

    Kirain cuma ane yang mikir 6 ikoma XD, dan beberapa detik kemudian jadi 7 ikoma hmmmm…




    0



    0
    1. Kalau ane, buat nilai dance ya nunggu live aja 😀

      Harus liat lirik dulu sih kalau ane, baru bisa nebak2 kenapa scene yang dipilih kaya gitu 😀

      Apakah ini akan menjadi konspirasi seiring bakal meledaknya sesuatu? 😀




      0



      0
  6. Bener sih, efek2 yg kebanyakan emang bikin sakit mata. Dan ane dah cukup gk betah nonton mv ini kalo bukan karena Hoshi ane mungkin gk nonton ampe habis karena efek2nya 😀

    Mungkin pada aneh liat member under ada di mv ini, tapi bagi ane liat Ashu tanpa Miona lebih aneh 😀 gk tau kenapa pokoknya sempet mikir “Miona mana ?”

    Terus juga ada beberapa part yg aneh buat ane. Solo partnya Ikoma juga keren menurut ane, terkagum2 ane.

    Dan Scene yg paling ane terima adalah Bini Muda dengan Selingkuhan bisa satu baris lagi 😀 aduh senangnya

    Gk ada yg bisa ane komen lebih sih sama mv ini karena mata ane emang dah cukup gk betah 😀 minus lagu 4.2/10




    0



    0
    1. Ada apa dengan Hoshi? 😀

      Ane malah lebih aneh kenapa AshuMiona udah kaya racun sama tikus, padahal yang awalnya kan AshuMina 😀

      Bini muda? Selingkuhan? Gak paham ane *ngunyahpopcorn 😀

      Setdah, jelek amat nilainya 😀




      0



      0
      1. Karena Hoshi front rownya 😀 kangen liat dia bertiga di depan bareng IkuIko

        😀

        Ituloh, bini muda di sebelah kiri center dan selingkuhan di sebelah kanan center 😀

        Setipe ama Hirashin sih nilainya menurut ane, lagu bagus cuman gk betah nonton MVnya 😀




        0



        0
      2. Oh, kirain karena…. 😀

        Gak paham, bisa lebih spesifik? 😀

        Hiraishin masih bagus loh 😀




        0



        0
  7. Kasta nya trasa bgt y 😀
    2 yg brkesan outfit and choreo. Itu outfitnya milik mmber pribadi? Coz ane prnah liat asuka pke jaket itu. Ato g itu pilihan member sendiri?
    Outfit nanase meski udah kayak kain pel tp asyik buat ngedance.
    Klo ikoma g ngomong di blognya koreografernya udah ane kira pasti seishiro lg.

    Well trakhir, reika I LOVE U
    Ati2 ama tuh bibir bs bikin srigala ngelolong ntar.




    0



    0
    1. Kayanya sih cordi-nya disesuaikan sama member, kalau pilihan member sendiri, ane mau tahu dong brand-nya apaan 😀

      Tenang, kalau Capt, paling yang melolong cuma mantannya 😀




      0



      0
      1. Nur hasanah says:

        Knp, tkut tba2 kselip brand super kyak kasus nanamin ama naachan di cover single y? 😀
        Klo di mv mngkin jrg,tp di cover mngkin bs. Siapa tau tuh spatu di cover type A loubotine, ato pling g jaketnya 😀




        0



        0
      2. Loh, di MV Scoutman malah jelas2 ada brand tuh 😀

        Di cover, ane belum ketemu yang HQ jadi gak tau deh, ada brand keselip atau enggak 😀




        0



        0
  8. Sebenernya ni mv bagus, dance juga oke, tapi terlalu banyak efek ditambah perpindahan kamera yg kecepetan bikin pusing.
    Ada efek yg blur blur gitu kaya mv sakamichiAKB, itu yang paling buat pusing. SakamichiAKB pake efek itu tapi perpindahan kamera ga kecepetan jadi masih bisa dinikmati.
    Sayang bgt menurut ane, soalnya mulai dari lagu, dance, ikoma semua keren. Mungkin kalo efek dikurangin akan lebih bisa dinikmati 🙂




    0



    0
    1. MV ini edgy, tapi juga bukan yang pertama buat Nogi jadi ane gak bisa bilang berhasil atau gagal sih 😀

      Karena banyak yang bilang MV mengecewakan, mari menunggu live 😀




      0



      0
      1. Yakin ada livenya? 😀
        Kalo live bakal ada solo dance ikoma gak ya?




        0



        0
      2. Entahlah 😀




        0



        0
  9. Untung ini mv nogi, jadi ane gak bisa komen “bosan” sama mvnya 😀

    Untung juga ini mv nogi, jadi Maiyan screentimenya gak kasihan kayak …. 😀

    Untung ini centernya ikoma, kalau gak kasian sama fansnya gak ada “kenang-kenangan” terakhir ntar jadinya 🙂

    Untung ane gak nyesal downloadnya dengan kapasitas yang lumayan 😀

    Untung apa lagi ya? 😀




    0



    0
    1. Kenapa enggak? 😀

      Kayak siapa? 😀

      Lebih untung gak ada yang angkat senjata karena ini 😀




      0



      0
    2. Kenapa gak? Karena ini mv nogi 😀

      Kayak siapa? Gak berani nyebut merek ane 😀

      Kim Jong Un belum nonton mv ini kayaknya 😀




      0



      0
      1. Kalau adeknya, sah2 aja gitu bilang ngebosenin? 😀

        Ambigu nih, kaya politikus aja 😀

        Kalau dia nonton, fix langsung nurunin propaganda Keyaki di Korut sono, diganti sama Nogi 😀




        0



        0
  10. Entah kenapa ngeliatnya terlalu colourful sama biasnya berlebihan, mirip lapak sebelah. Liat continuous shoot juga cukup ngernyitin dahi buat ngecernanya.

    Eman bener, kalo nonton TKMK plus Against bikin ‘pesan’ masing-masing mv saling berlawanan. Ada air, ada minyak.

    Akhirnya, ngeliat lagi trio Bintang Kehidupan buat terakhir kalinya. Belum tau siapa pengganti tepatnya.

    Kalo bener ini ide asli Ikoma, lumayan ada bekal buat bikin mv atau semacamnya.

    Lastly, justru badan Ikuta terutama paha yang kurus langsing dapat kelihat lebih sintal hanya dengan pake celana panjang, kalo gua pikir-pikir.




    0



    0
    1. Pass deh kalau bahas grup sebelah 😀

      Nah, kalau Scoutman? Apa dong kalau udah ada api sama minyak 😀

      Cie, bintang kehidupan, generasi tua ini pasti 😀

      Pikir2 apaan nih? Sama Ikuchan atau celananya? 😀




      0



      0
  11. Kalo Scoutman, senyawa karena api tambah minyak

    Nggak, seumuran sama, member mayoritas gen. 1, cuman seneng sama lagu lama

    Dua-duanya, salah satu oshi gua, bukan tipikal satu oshi. DDS-dare mo daisuki




    0



    0
    1. Ciah ngomongin kimia 😀

      Boleh ane gak percaya? 😀

      Bukan serigala kan? 😀




      0



      0
  12. Percaya nggak percaya, percayalah

    Bukan, bukan pemangsa darah muda




    0



    0
    1. Dosa 😀

      Vampir? Jenis baru nih 😀




      0



      0

Leave a Reply