Sakamichi Review : Tokitokimekimeki

Coupling untuk Synchronicity dirilis di tanggal 13 April 2018 ini secara bersamaan. Well, that sucks for me. Selain Tokitokimekimeki, MV dari Gen 1 yaitu Against juga dirilis bersamaan. Jadi, bagaimana MV yang dibawakan oleh Gen 3 ini? Langsung saja, ini dia Sakamichi Review untuk Tokitokimekimeki.


Disutradarai oleh orang yang sama dengan yang menggarap Buranko dan IGAI Break, Ito Shuto. Di awal mula, ditunjukkan kalender yang menunjukkan persiapan 100 hari menuju musim panas. Renka sebagai center berperan sebagai yang paling semangat menyambut musim panas meski masih berjarak 3 bulan.

Reaksi member lain? Tidak sesemangat Renka, tentu saja. Meski pada akhirnya membuat itinerary bersama-sama, ada tim adventure yang terdiri dari Riria, Reno, Yoda, Tama, Kuboshi, dan Renka. Ada tim camp party Mizuki, Hazuki, Momoko, Denchan, Ume, dan Christie. Disini, ada referensi dari Wakasama Gundan.

Dua tim yang sama sekali tidak berhubungan ini akhirnya mengadakan pesta musim panas di garasi karena memang belum waktunya musim panas. Dan begitulah storyline dari MV Tokitokimekimeki atau sebaiknya kusingkat jadi TTMM saja, karena capek menulisnya berulang kali, kepanjangan.

Tidak banyak dari storyline (lagi) yang bisa dibahas, tapi karena ini tipe MV yang lebih mengutamakan visual pleasure maka ya enaknya dilihat dengan santai saja. Untuk para serigala, ya ini lahan iler, jadi nontonnya diusahakan jangan ngeces berlebih, basah semua tuh.

Beralih ke sinematografi, TTMM hanya bisa dibilang oke saja, tidak spesial tapi juga tidak bisa dibilang jelek. Screentime jelas berlimpah, bahkan, kupikir aku bisa bilang keputusan rotasi member ini adalah keputusan tepat dari manajemen. Tiga member yang sebelumnya hanya menjadi penggembira di TTMM menjadi tridente.

Sebelum ini, untuk melihat Reno, Renka, dan Tama di MV butuh kejelian lebih, sekarang lewat rotasi member mereka ada di depan dan membuat fans bisa lebih mengenal mereka selain nama-nama yang sudah tenar duluan. Well done. Dan aku juga tidak bisa bilang ada ketimpangan dari screentime antara front row dan 3rd row.

Dari segi dance, well, setelah Boku no Shoudou, rasanya aku menggantungkan harapan terlalu tinggi untuk Gen 3, melupakan kalau sangat mungkin bagi mereka untuk tidak stuck dengan satu genre saja. Dance yang kawaii, tapi butuh waktu untuk mencerna kadar gula seperti ini.

Disclaimer: jangan menonton Tokitokimekimeki setelah Against, that against law of nature

Kostum, kali ini karena temanya adalah menyambut musim panas, piyama yang digunakan tidak bisa dibilang jelek, mengingatkan pada werewolf game dari 46 Hours. Tapi siapa yang lebih suka piyama jika ada proper costume dalam bentuk pakaian bermodel safari? 😏

Dan kalau bisa kukatakan, ini mungkin lebih modal ketimbang MV Synchronicity karena ada variasi dari scene-scene yang ditampilkan. Dari kostum dan lokasi, tentu.

Nah, untuk siapa yang paling memberi impresi bagiku di TTMM adalah Christie. At last she looks like dependable big sis. Tapi rasanya, dia jelas masih kesulitan untuk maju ke 2nd row setidaknya. Tapi karena di TTMM ini ada rotasi tidak terduga, boleh saja berharap untuk next single kan?


Overall, tidak banyak yang bisa kukatakan untuk Tokitokimekimeki. MV ini ya hanya begitu saja, tanpa sesuatu yang bisa membekas di ingatan. It’s hard to make a proper point of view for this one. Jadi, seperti disclaimer diatas, adalah kesalahan menonton TTMM setelah Against, karena di MV itu banyak yang bisa dibahas.

TTMM adalah MV yang bagus, tentu. Meski kawaii sudah tidak bisa dibilang identitas Gen 3, tapi dengan membuat Renka yang adalah member termuda sebagai center untuk lagu seperti ini, tidak ada yang salah dari LLC. Sebelumnya, Ashurin menjadi center untuk Senpuuki, meski TTMM tidak bisa dibilang selevel dengan Senpuuki, tapi ya gambaran kasarnya seperti itu.

Renka yang sejauh ini masih tampil lebih ceria ketimbang dua seniornya Ashurin dan Miria mungkin bisa menjadi counterpart yang bagus, andaikata LLC tidak kehilangan harapan pada member-membernya. YKWIM.

Bagaimana dengan kalian, punya pendapat yang lebih bagus tentang MV ini ketimbang review alakadarnya ini? Tulis di kolom komentar dibawah.

Mereview dua MV sekaligus hanya bisa diakhiri dengan tidur yang pulas.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

55 Replies to “Sakamichi Review : Tokitokimekimeki”

  1. akhirnya rilis juga setelah #ditunggu di kosan sebelah 😀

    duh disclaimernya udah ane langgar duluan sebelum rilis review ini, alhasil emang agak kebanting kesannya buat mv gen 3 ini 🙁

    kayaknya emang gen 3 nogi ini dipushnya lewat lagu sendiri ya, setiap lagu yang dijatah buat gen 3 centernya juga ganti2.

    sepakat sih sama agan admin, mv gen 3 ini lebih modal dari mv main single tapi tetep kebilang irit (khas LLC emang)

    feel buat nikmatin mv yang udah rilis sejauh ini tetep jatuh di synchronicity, meskipun banyak yang bilang kurang ngasih impact, ya emang konsepnya cuma dance dan mainin angle kamera jadi wajar aja.

    nilainya buat mv ini, 7/10 aja…

    btw Renka ane lihat sekilas kok mirip nanase ya?

    1. Hashtag sesat 😀

      Makanya, ane juga keliru nonton Against duluan 😀

      Bisa dibilang gitu, seenggaknya rotasi kaya gini akhirnya disadari manajemen kalau penting. Yakali jatuh ke lubang yang sama dua kali.

      Masih ada Gen 2 & Under, ane masih belum bisa bilang paling suka yang mana, apalagi kekuatan besar dari Lord belum keluar 😀

      Renka mirip Naachan? Ane enggak sih, mungkin juga karena gak terlalu merhatiin Renka 😀

  2. Ane liat mv ini setelah Against, dan biasa aja tuh. 😀

    Visual, lumayan bagus. Ceria seperti anak gen3. Yg mungkin paling menarik perhatian ane, selain 3 bidadari ane dalam satu frame, adalah penggunaan kata2 dalam Bhs Inggris yg cukup banyak. Cmiiw, kayaknya Nogi ga ada ya MV dengan penggunaan kata2 Bhs Inggris sebanyak ini. Mungkin ini agar penonton luar Jepang juga bisa menikmatinya, ya. 🙂

    HBD dikit, kakinya Renka mulus banget! 🙂

    Minus lagu, nilai ane untuk MV ini, 8/10.
    Tema manteb, screentime oke, kostum sip, warna indah, nuansa enak, pemuas hasrat fans. Good~ 😀

    *Ane baca artikelnya loh. 🙂

    1. Ya, kan udah ane singgung diatas faktor yang bikin banyak yang bangun liat MV ini 😀

      Langkah bagus, apalagi setelah restriction Youtube dibuka, Synchronicity terakhir ane liat udah 3M views, jadi jalan ke Asia emang udah dibuka lebar 😀

      Nah kan 😀

      Nah kan (2) 😀

    2. Maksud ane, meski liatnya setelah Against, mv ini ga kebanting. Keduanya temanya beda, jadi ga ada yg lebih bagus atau jelek, menurut ane. 🙂

      Sekarang udah hampir 4 juta dalam 1 minggu. Lumayanlah. 🙂 Tapi, sebelah udah hampir 40 juta dalam 5 hari. Kapan ya, Nogi bisa kayak gitu? 🙂

      Ini belum ane tonton di laptop, loh. 😀

      1. Tumben bener komennya 😀

        Sebelahnya kejauhan kali, yang lokalan aja dulu 😀

        Makin2 dah kalau udah ditonton di layar lebih lebar 😀

    3. Memangnya ane pernah ga bener? 😀

      Ya, Nogi targetnya udah ga lokal lagi. Jadi, ga salah dong, ngebandingin dengan sebelah. 😀

      Adek ente juga ane telanjangi dengan pandangan tajam ane. 🙂

      1. Sadar diri dong 😀

        Yang itu levelnya udah sinyal sampe alien, beda jauh sama yang masih pake komputer jadul 😀

        Pandangan mesum kali.

  3. Anakamirikaru says: Reply

    *Ane nulis komen ini setelah baca dgn seksama isi artikelnya*

    MV ini kyk penawar mata setelah bekerja keras liat MV against 😀

    Klo gk salah MV ini sbenarnya mau ada syuting di outdoornya, tpi pas mau syuting malah hujan jad gk jadi, momen outdoor cuma pas Renka pake payung merah. Klo ada outdoornya makin modallah nih MV ktimbang Synchro 😀

    Ane mau nyorotin Ore-no-Renokarno. Akhirnya dia bisa front row, tpi nih anak PDnya blum seratus persen, bbrp kali ane liat mata dia kyk ngelirik kearah laen kyk gk sadar lagi syuting n gk PD, ntahlah apa cuma prasaan ane aja (soalnya ane baru skali liat MV against sma tokimeki)

    Lagu OK, MV OK, ya MV Renka lah ini, nunjukin sisi ceria dia banget MV nya 😀

    Terakhir, entah diajarin apalah si Zukki dirumah sma abng(?)nya sampe dia mesumin (bemper belakang) Yoda: http://bit.ly/2EJKEIj

    1. Ane dihadapkan pada pilihan untuk percaya atau enggak 😀

      Penawar mata dalam bentuk apa dan gimana? 😀

      Kalau hujan2 shooting juga diluar, mau jadi ala bollywood gitu? 😀

      Setdah baru sekali? Miris kuota pak? 😀

      Itu dia mau makan sate kambing, karena susah nyari, ya khilaf sama empunya 😀

      1. Anakamirikaru says:

        😀

        Ya lebih soft dari segi pewarnaan, disini lbih bnyak mnyajikan yg bening2 😀

        Nah itulah, konsepnya nunggu musim pnas tp masak maen hujan? lagian ntar srigala makin keenakan klo liat member basah2an 😀

        Terlalu sibuk jadwal ane, jd baru sekali nntonnya, Nogifes aja blm ane sentuh2 2 hari ini selain ambil bnus login 😀

        Jgn2 abangnya jg gtu, mau sate kambing, khilaf trus tepuk2 yg punya 😀

      2. Kalau ane liat sih gak ada yang bening sama sekali sih pak, ane liatnya warna2 pastel 😀

        Kaya iklan pompa air entar 😀

        Sibuk apaan sih? Nyelem ke laut? 😀

        Kalau ane, pesen sate kambing tapinya kelamaan, langsung tukang satenya ane asapin 😀

      3. Anakamirikaru says:

        Ente gk melihat pake mata hati 😀

        Paham bener, sering gtu ya? 😀

        Ya maklumlah, bini bnyak, adek masih pada manja, ginilah khidupan ane 😀

        Yankee style 🙂

      4. Emang ente punya hati? 😀

        Nonton iklannya? Sering lah 😀

        Oh, nyari kerang? 😀

        Saudaranya maddog 😀

      5. Anakamirikaru says:

        Malah nanya ane, tnya dri ente sndiri 😀

        Pasti iklan pompa air yg ada HBD nya 😀

        Curhat? 😀

        Gtu kok bangga 😀

      6. Ane? 😀
        squid

        Oh, ada ya? Yang mana tuh? 😀

        Merasa tersinggung? 😀

        Yang penting dia pernah masuk layar lebar 😀

      7. Anakamirikaru says:

        Sosok tak berperasaan 😀

        Cari sndiri, dah dikaish tau maish mau trima bres aja 😀

        Tersinggung klo ane disamain kyk ente 😀

        Tau ah, gk urus 😀

      8. I have no soul 😀

        Link 😀

        Bisa dibayangkan betapa hinanya diri ane disamakan dengan seseorang? 😀

      9. Anakamirikaru says:

        Nah gitu kan bagus, ngaku 😀

        Gunain keyboard n jari-jemari sndiri TT

        Demi Neptunus yg mesan Krabby patty buatan Squidward TT

      10. Kapan ane gak ngaku? 😀

        Ane gunain keyboard buat review doang, bukan nyari yang aneh2 😎

      11. Anakamirikaru says:

        Kpn ya? kasih tau gk ya~ 😀

        Boku wa iya dah
        *dah lma gk baca kata2 ini 😀

      12. Gak usah deh, gak minat lagi 😀

        Kangen sama Neru? 😀

      13. Anakamirikaru says:

        TT

        Iya, pdahal tipa hari ktemu dirumah kecil nan bhagia kami, tp ttp ja ngangenin 😀

      14. Ente terbius sihir tanuki 😀

      15. Anakamirikaru says:

        Ane terkena Tanukisyndrome 😀

      16. Jadi, cinta ente itu semata2 karena disihir, bukan murni 😀

      17. Anakamirikaru says:

        Itu sebutan utk rasa yg menggebu gebu ini 😎

      18. Anakamirikaru says:

        2 hal yg sngat amat teramat jauh berbeda TT

      19. Bukannya buat ente sama aja? 😀

      20. Anakamirikaru says:

        TT

  4. Kurang lebih sama lah kayak mimin reviewnya, mvnya ceria, story simple (atau ngarah ke irit ?)

    Tapi kalo ane ada yg masih bisa diingat, yaituuuuu Shootnya Yoda (cara love dimari gimana pula ? :D) bener2 imut banget adek ku ini sama satu lagi yaitu senyuman Reno,Renka,Riria 😀 setelah wajah Tamami kemaren yg membayangi fikiran suci ane, sekarang wajah 3R itupun terbayang-bayang 😀 Reno senyumnya keinget calon ace tetangga yg dah grad, Riria lucu khas anak kecil minta di peluk, Renka keliatan juga jiwa bocah cerianya (ane pikir Renka ini dewasa sebelum waktunya 😀 )

    Screentime okelah, gk ada masalah ane. Adekku KuboYoda terekspose dengan jelas dan mudah di cari, gk kayak Sychronicity 😀

    Dance oke juga, apalagi pas jadi satu barisan gitu. Rasanya penjadi yg di tengah terus joged bareng2 😀 Tapi satu yg ane cukup mau protes, kenapa Yoda harus di dekat Tower ? 😀 kanan Minamin, Kiri Zukki (walau gk tower2 amat cuman dia lebih tinggi ),dan depan Reno. Ada satu shoot dimana Yoda gk keliatan sama sekali karena ketutupan Reno 😀 aduh baby ku

    Dan sialnya ane nonton nih MV sesudah Against dan benar, rasanya kebanting (menurut ane) 😀 tapi gk papalah yg penting ane terpuaskan di MV gen 3 ini

    8.2/10 😀 sisanya masalah lagu sih

    1. Iritnya gak usah disinggung lah, berat, biar ane aja 😀

      Kalau Yoda, ane ingatnya Yodab yang di awal2 😀 Reno sama Riria? Fix, ane beli popcorn 😀

      Synchronicity lagi 😀

      Gak masalah ketutupan, karena Jedi Master gak harus gede *loh 😀

      Puas karena HBD tersalurkan? 😀

      1. Hahahaha 😀

        Ane sih banyak yah kalo Yoda 😀 RenoRiria mulai menjajah keluarga kecilku

        Iya min, keinget aja tuh MV dimana yg bener2 ke Shoot cuman Yoda dari ketiga kesayangan ane 😀

        Thats Right. Cuman yah jangan salahkan ane kalo yang ‘didepan’ Yoda jadi fokus pandangan ane dan anehnya ane nikmatin juga 😀

        Yah mendekati itu lah 😀

      2. Oh iya ane lupa, kiri kanan Yoda juga ane nikmatin keindahannya 😉

      3. Reno Riria fix ngundang popcorn, kalau Yoda juga, nunggu api 😀

        Ya iyalah dia sendiri yang senbatsu 😀

        Bisa aja modus dasar serigala 😀

        Udah ketebak 😀

        Bisa aja modus dasar serigala (2) 😀

  5. Too cute to be true! Next>>>>>
    Knp ane slalu baca nama sutradaranya ito shujin y? 😀
    Udah pindah haluan hati nih critanya si sutradara, yg biasanya nanganin mv gen 2 skrg ganti gen 3.

    1. Aih, berani bener kalau sampai pindah hati dari Gen 2 😀

      Atau jangan2 dipecat Lord? 😀

  6. Ane demen nih mv mv kaya gini, selain screentime banyak, member juga keliatan bening bgt 😀
    Menurut ane sih ini better disbanding against kalo soal mv.
    Kekurangannya di akhir, maksudnya apa coba mao ngagetin tapi gagal 😀

    1. Intinya, bisa bikin melolong ya? Aaaauuuuuuu 😀

      Lah, aslinya dari tengah udah gak jelas, apa coba di awal itinerary banyak tapi yang kejadian cuma adventure & campnite 😀

      1. Tau aja, situ melolong juga ya? 😀
        Masih jadi misteri itu suara apa sampe member kaget semua :D, ular? Monyet? Kucing? Atau serigala? Auuuu 😀

      2. Ane bukan melolong tapi baca jampi2 buat yang ngelolongin adek ane 😎

        Lah itu diliatin, suara tokek 😀

  7. Yang bagus dari mv ini, ane punya harapan kalau next mv Denchan bisa di depan 🙂 Tinggal Denchan, Aya, dan Hazuki yang belum nyoba front row.

    Untung di mv ini posisi Kubo-Denchan dekatan jadi sering kena sorot ke duanya 🙂

    Untung Reno gak ditenggelamkan seperti……… 😀

    Untung dancenya lucu, meski agak aneh gerakannya kayak mau ngusir seriga… eh ayam maksudnya 🙂

    Untung ane hidup di zaman ini 😀

    1. Mari berharap untuk 21st 😀

      Kubo lagi? 😀

      Seperti apa? 😀

      Ente ngerasa kaya diusir ya? 😀

      Beruntung ente orang tua yang umurnya panjang 😀

      1. Bener bener minta pertumpahan darah serigala yg satu ini

        Yg dimaksud di tenggelamkan Yoda kah 😀 ?

      2. Popcorn popcorn popcorn 😀

    2. Denchan for center! 😀

      Ah ane malas debat sama kaum itu 😀

      Seperti popcorn… yang meletup-letup 😀

      Ane kan bukan… ah mimin pasti gak percaya 😀

      Seumuran renka kok ane 😀

      1. Ya suruh sungkem dulu sama Lord 😀

        Kalau Honey Popcorn? 😀

        Bukan apaan? Ya ane sih banyakan gak bakal percaya emang 😀

        Bapaknya renka? Pantes 😀

  8. Pemilihan centre-nya yg masih muda dan pembagian member jadi trio per empat block pun bikin screentime member hampir rata plus fans service buat serigala yang bikin nggak nahan. Bagi gua Kubo jadi bikin salah fokus.
    Lumayan buat penyegar jiwa.

    1. Jangan2 masuk kateogri yang suka melolong nih? Aaauuuuu? 😀

      1. Naufalfalah says:

        Hampir-hampir masuk, walau nggak niat.

        Gimana nggak kejebak, seger-seger bak oase di tengah gurun.

        Paling ngeri, natap mata zuki, dewi amor pakar ranah asmara saat ini, kejebak masuk tuh delusi.

        Wajar aja, gen 3 dapet push, masih banyak yg belum terteroka (explore), pun popularitas yang menanjak.

      2. Ah masa sih? Dari dua komen pertama aja udah keliatan masuk yang mana 😀

        Komen yang ketiga;
        squid

  9. Ampun

  10. Ampun om ampun, gua ngaku terpikat.
    Yang tadi kepencet gegara ponsel gua ngadat nggak keluar keyboardnya

    1. Oh yeah? Ketemu dulu sama pasukan penjaga Mizuki 😎
      black

Leave a Reply