Sakamichi Review : Synchronicity MV

Di tanggal 6 April kemarin, white day dalam artian 4 adalah shi dan 6 adalah ro, Nogizaka46 merilis Synchronicity MV, single keduapuluh mereka sejak debut. A bit usage of pun here, dan juga, kebetulannya, seifuku yang dipakai juga berwarna putih dan centernya juga punya nama yang sama.

Disutradarai oleh Ikeda Kazuma yang juga pernah berada di balik kemudi MV Sakamichi seperti Seifuku no Mannequin dan Getsuyoubi no Asa, dan Seishiro kembali memegang tanggung jawab sebagai koreografer setelah sebelumnya menjadi aktor dibalik Influencer.

Dari sini saja ekspektasinya sudah bisa dibilang besar, terlebih aku cukup suka dengan Kazuma karena track record-nya menangani MV yang lebih dark. Well, tidak juga, karena dia juga menyutradarai Senpuuki. Jadi, langsung saja, ini dia Sakamichi Review untuk Synchronicity.


Dibuka dengan adegan member berada di sebuah warehouse, yang ternyata ada betulan di prefektur Nagano, bukan hanya set. Bagian ini, well, I’ve seen it before, and I couldn’t see why it was…bad. Maiyan yang awalnya duduk di paling belakang langsung maju ke depan, sebelum telat, kubilang saja dulu kalau ini adalah dance MV.

Urutan dance di awal ini adalah Maiyan-Reika-Chima-Kaz-Misa. Kenapa mereka? Satu-satunya jawabanku adalah karena blocking, apa lagi. Dan aku cukup suka melihat bagaimana Fukujin yang mendapat bagian dance pertama di scene selanjutnya. Lalu bagian yang menurutku terlalu cheesy & cringey adalah saat Maiyan terpisah dan kembali ke formasi.

Well, sampai satu menit berikutnya, karena dipenuhi dance maka tidak banyak yang bisa dikomentari. Nanti ini masuk review bagian dance sendiri. Lalu, satu bagian yang mungkin sudah cukup memuaskan fans Ikoma; solo line & solo dance. Bagian ini saja mengatakan kalau presence Ikoma adalah bagian dari sejarah Nogi, tidak bisa dihapus atau dialihkan begitu saja.

Selanjutnya….tanpa storyline seperti biasa, maka review kali ini bisa dibilang sama sekali tidak exciting kalau hanya melihat MV saja tanpa membahas unsur lain. Sudah baca review tentang Glass wo Ware kan? Kira-kira seperti itulah. Dance dari awal sampai akhir, tanpa storyline yang membuat MV Nogi berbeda.

In case you may ask why I come late into the party… this MV wasn’t much to talk about.


Beralih ke faktor dance, ini yang membuat Synchronicity MV layak dibilang salah satu yang sangat Nogi-like. Purple Line. It is classic, not exactly works the magic like Imahana or Kidzuitara for me, but nonetheless very pleasant to watch. Um, yeah, that’s all.

Dalam hal synchronicity, rasanya nilainya sudah bagus untuk koreografi. Jika banyak yang bilang kurang wow dibanding Influencer padahal koregrafernya sama-sama Seishiro, well, karena memang segmentasinya berbeda. Influencer punya materi lagu yang lebih menghentak, Synchornicity lebih kalem. Yakali sama.

Selling point utama jelas koreo. Seperti terlihat di live pertama, karena ini terbilang baru untuk Nogi, blocking dan lainnya, bisa dilihat kalau masih ada yang sedikit miss. Hanya terlihat sedikit di MV, untungnya di live tidak terlalu kentara. Tetap saja, patut diapresiasi. Apalagi, lewat blog banyak yang menceritakan kalau MV ini susah karena harus telanjang kaki.

Dance teatrikal, meski bukan pertama kali dipakai Nogi, tapi Synchronicity membawa suasana yang berbeda. Tidak bisa dibilang mirip Keyaki, tapi yeah you know what I mean. Yang pasti, ini step up dari koreografi Nogi biasanya. Jadi, tidak ada alasan, kalau tidak mau dibilang hypocrite, mengatakan dance Keyaki membosankan kalau kalian bilang koreografi disini bagus. 😏

Bertanya-tanya kenapa screentime kurang rata? Coba pikir lagi.

Untuk screentime, yah, ini sedikit aneh sih. Beberapa member masih mendapat jatah lebih sementara yang lain masih harus dipelototi untuk menemukannya. Kenapa aneh? Bukannya sudah biasa? Well, yang aneh adalah karena pembagian row jadi tidak terasa. Sebagai perbandingan Chima mendapat solo di awal, tapi Mizuki tidak.

Oke, di atas aku sudah bilang kalau Chima mendapat kesempatan karena blocking, jadi contoh lain. Um, bagaimana dengan Momo vs Yoda? Well, terserahlah. Yang pasti, keluhan di sisi screentime mau tak mau, telan saja. Karena ini MV tanpa storyline jadi ya fokusnya hanya dance dan itu jelas member front row yang akan disorot.

Kurasa semua akan sepakat kalau member paling bersinar di MV ini setelah Maiyan adalah Ikoma. Well, ini adalah sesuatu yang sudah sewajarnya, alasannya tidak perlu diungkap lagi kan. Kalau masih ada yang protes…..mungkin kurang air putih, kurang-kurangin nenggak ethanol.

Background untuk MV ini, seperti yang kusinggung diatas, adalah sebuah bangunan di prefektur Nagano. Well, entah gudang atau pabrik, yang pasti, arsiteknya, Misawa Fumiko cukup terkenal untuk masuk ke dalam pencarian Google. Dari pencarian, nama tempat ini adalah Kitazawa Kenchiku Factory yang terkenal karena sistem penopang atapnya yang unik.

Kenapa lokasi ini dipilih? Tebakanku adalah susunan atapnya yang unik, membuat efek 3 dimensi dan bisa dibilang simetri sempurna. Selain itu pencahayaan alaminya membuat lokasi ini ideal untuk pengambilan gambar. Ehm, bicara soal irit dan pelit, LLC masih jagonya.


Overall, Synchronicity adalah MV yang ada di sisi elegan, sisi lebih dewasa dari Nogi seperti yang lebih kusukai -aku tidak akan bilang kita semua sukai- dan sesuatu yang tidak terlalu kurasakan selama 2017 dari main single. Nogi jarang membuat dance MV, terakhir apa ya, Another Ghost? dan eksekusinya kali ini bisa dibilang oke.

Dari segi sinematografi, jelas, MV ini simple. Hampir 80% adalah continuous shoot, sedikit close up dan fokus pada dance. Tapi dari segi koreografi, top notch. Ini jelas salah satu yang paling eye candy dari rilisan Nogi sejak 2017. Oke, Influencer. Duet Ikeda Kazuma dan Seishiro berhasil dengan sukses.

Synchronicity MV menembus 1M views hanya dalam waktu 14 jam, rekor baru. Dan saat review ini naik, jumlahnya sudah 1.6M. Dari sini saja sudah jelas kalau inilah yang Nogi butuhkan. Sesuatu yang beda, elegan, jauh levelnya daripada idol lain yang itu-itu saja, titik kesempurnaan. Nope, iddy-ott.

Kenapa Synchronicity mendapat sambutan bagus adalah karena Itsuka Dekiru Kara tidak bisa dibilang sukses, dari lagu maupun filmnya. Untuk fans, daya tariknya kurang. Untuk orang awam, tidak menarik mereka untuk jadi fans berat. Sekarang Nogi kembali ke konsep elegan tidak neko-neko, jadi konklusinya?

Untuk beberapa, ini adalah nostalgia dengan nomor-nomor lawas Nogi. Beberapa yang lain melihat ini sebagai purple line yang bagus. Beberapa hanya menganggapnya kurang greget. Beberapa yang lain lebih suka tidak kusebutkan. Untukku sendiri, ini MV yang bagus, tapi tidak banyak yang memorable. 

Nilai akhir? B+

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

66 Replies to “Sakamichi Review : Synchronicity MV”

  1. Pinjem hp Marika, jadi bisa komen lagi 🙂

    Seriusan, ane ngeloadingnya kemarin berjam-jam loh min. Tulisan “loading”nya gak mau hilang-hilang kemarin. Kayaknya ane emang gak bisa sering-sering main ke sini 😀

    Ane sih setuju aja sama pendapat mimin. Soal lagunya… ntar aja 😀 Cuma yang buat ane kecewa emang gara-gara waktu nonton previewnya keliatan “WAH” banget, kirain bakal ada kejutan gitu. Tapi ya pas nonton full di youtube, mvnya cuma dance doang. Jadi, rasanya kayak ane (lagi-lagi) diPHPin LLC…

    Dan kayaknya beda dancenya di mv sama performnya. Pas perform di CDTV kapten gak lakuin bagian solo dancenya. Gak pertama kali sih dancenya beda antara di mv sama performnya 😀

    Ane nunggu mv gen 1 aja kalau gitu. Siapa tau ada storylinenya 😀

    1. Gak bisa masuk? serigala not allowed 😎

      Preview? Preview atau CM Haruyama? 😀

      Jelas lah beda, durasi sama impactnya gak sepadan, pasti beda antara live & MV.

      Tinggal nunggu hari aja kan kalau MV2 lain.

    2. Iyain aja biar seneng 😀

      Ada kan waktu mvnya mau rilis preview(?)nya di tv. Kalau yang cm haruyama cuma lagunya doang kan?

      Kalau livenya full ver. kira-kira ada kemungkinan sama dancenya kayak mvnya?

      Udah berapa hari ini belum ada tanda-tanda 😀

      1. Fakta 😎

        Ane sih gak nemu yang beda dari preview sama MV akhir.

        Kalau itu pasti lah.

        Denger2 sih besok 😀

    3. Iyain lagi biar seneng 😀

      Nah karena gak ada yang beda itu makanya kurang nendang. Ane udah ngira bakal ada sesuatu gitu 😀

      Penasaran jadinya 😀

      Gara-gara lama, langsung dua sekaligus 😀 Gen 2 centernya tebakan mimin siapa?

      1. Ckckck.

        Sesuatu yang kaya gimana? 😀

        Tunggu aja, tapi gak tau kapan 😀

        Karena di Gen 2 ada Lord, ane gak berani bikin prediksi melangkahi kehendaknya 😀

    4. 😀

      Sesuatu kayak ada “cerita”nya gitu 😀

      Biasanya di nogishowkan? Tapi kemarin itsudeki gak ada penampilan di nogishow 🙁

      Duh merasa berdosa ane sudah menanyakan sesuatu yang seperti itu 😀

      1. Baguslah gak ada cerita, ane gak pegel2 nulis 😀

        Ane jarang nonton Nogishow.

        MV terbaik sepanjang masa belum keluar, hati2 😀

    5. Gak apa, itung-itung olahraga jari sama otak 😀

      Padahal seru nogishow. Apalagi kalau ada skitnya 😀

      Baru dirils, bisa tembus 100jt view kalau lord sudah berkehendak 😀

      1. Coba sendiri gih 😀

        Jarang juga ada, biasanya cuma nyanyi2 doang 😀

        Inget, baca reviewnya dan tonton MV-nya terus, ini perintah Lord 😀

  2. Cek

    1. Pertama kali ane mampir di mari

      Buat MV menurut ane udah bagus kayak kata mimin TAPI ntah kenapa ane ngerasa kayak ada yang janggal gitu Elegan udah, cantik udah (my HoshiKuboYoda ), selingkuhan juga cantik (IkuMio), dance keren tapi tetep gk membuat ane “Wah mvnya yg kayak gini kayak gini” mudah lupa

      Kalo Screentime yah ane tau diri ajalah Hoshi row 3, Kubo Row 2 sama Yoda row 1 dan dari ketiganya cuman Yoda yg gk bikin sakit mata. Tapi kaget sih pas di MV Chima part solo (atau berdua yah ?)

      Soal latar, dari CM kemaren ane udau bayangin nih MV bakal ada dikota-kota terus joget-joget meriah atau contoh lainnya kayak Shakira yang Samina Mina. Tapi tempat ini udah bagus kok, simple but elegan (+pelit).

      Dance, antara Live sama MV ane masih seneng yg MV. Kenapa ? Soalnya pas sebelum member semua berdiri lebih tenang aja gitu. Kalo di live kayak buru-buru. Kan gk fokus nyari adek-adek + bini muda. Nah ada satu yang ane pikirkan, ntah kenapa ane rasa dance reff ‘agak’ gk sinkron. Lebih tepatnya pas bagian dare datte dare datte doang sih. Lebih klop sama yg di CM

      Overall ini MV bagus, menurut ane 7.5/10 cukup

      1. Pertama kali? Karena kuota disebelah udah abis? 😀

        Selingkuhannya bikin yang sebelah panas tuh pasti 😀

        Yang di bagian awal itu? Chima duet sama Kaz, bukan solo. CUma emang yang disorot pertama Chima.

        Setdah, jauh2 amat Shakira, theme song PD 2010 pula, keliatan tuanya 😀
        Padahal ada juga referensi dari Nogi kalau yang temanya begitu 😀

        Ane gak tahu sih gak sinkron atau enggak, dari rilis artikel ini kemarin belum liat lagi, tapi rasanya sih enggak, pas2 aja kayanya.

      2. Bukan 😀 dari kosan lama emang ada niat mampir eh besoknya lupa 😀

        Biarin ah, biar tau kelakuan ‘bini-bini’nya 😀

        Nah iya itu, ane kaget Chima dapet solo. Ane bukan tua, cuman generasi muda yang mencintai konten-konten lama 😀 tapi emang yg kebayang Shakira sih

        Cuman di dare datte doang sih 😀 sisanya terpukau.
        Mungkin ini kali yah yang rada janggal buat ane. MVnya gampang ane lupain padahal dah keitung di tonton 5,5 kali 😀

      3. Atau baru tau alamat barunya? 😀

        Popcorn, popcorn, honey popcorn *loh 😀

        Gak harus percaya kan? Dosa soalnya 😀

        Karena emang gak ada killing part disini, jadi ya mau gimana lagi. Dari live pun, gak ada sesuatu yang “wah”, jadi ya gampang lupa lah 😀

      4. Itu juga sih 😀 tapi dah lama kok tau rumah barunya (sebulan lebih ada kali yah)

        Itu fakta min ane generasi muda penikmat konten lama. Percaya atau tidak ya harus percaya 😀

        Nah itu . Kalo beberapa single sebelumnya kan ada yg bisa ane inget waktu 1 kali nonton:
        1. Influencer -> Bebitan Kaz gokil
        3.Itsuka Dekiru -> Shoot Bebitan <3 ngelamun

      5. Astaga no.2 ilang 😀 maksudnya no 2 itu Nigemizu > Kaz-Nanase gokil

      6. Gak tau mau bales gimana 😀

        Kalau percaya dosa, gak percaya juga dosa, mendingan gak percaya sekalian 😀

        Kenapa ane jadi waspada sama nama Bebitan yang disebut dua kali? 😎

  3. Abis nonton videonya, emang nggak dipungkiri pembagian screentime-nya nggak rata plus kesan irit yg dibilang tadi. Barangkali seperti yg diungkapin dalam artikel ini, ia lebih ngutamain dance ketimbang cerita. Buat yg berharap cerita, musti telan pil pahit.
    Menurut gua, single terhitung yg persiapannya cukup lama, sebab rentang single ke-19 sampai ke-20 hampir lebih enam bulan. Jadi lama banget LLC ngegodok single sampe sebegitu keren. Termasuk milihin member gen 3 yg dianggap pas dgn single ini. Sampe2 ada cocokologi dgn pemilihan member yg tampil dlm iklan haruyama kemaren.
    Gua rasa, lagu yg udah dirilis via iklan kemaren bikin nagih banget, nge-hook banget. Cuman, gua liat tren unik kali ini. Grup sebelah pun ngerilis mv-nya dulu baru single, hampir sama. Bedanya, nogi ngerilis lagu ini walau dalam bentuk teaser kalo menurut gua melalui iklan yg mereka jd brand ambassador-nya. Lagi2, itung2an pemasaran buat naikin awareness. Dan menurut gua, ini berhasil dijalankan.
    Jelas, ini single terakhir Ikoma, seenggaknya, kasih screen dan credit lebih buat dia. Kalo masih ada yg protes, ya silakan nilai sendiri. Bagi gua, dia kayak kelinci percobaan LLC, dipilih tapi seabrek haters-nya, sehingga bermekaranlah wajah-wajah baru yg tumbuh dr fans itu sendiri ataupun push LLC itu sendiri.

    1. Screentime rata? Ya…gak nambah komen lagi deh. Soal storyline, ane sih gak masalah2 amat, daripada ceritanya aneh2 kaya Nigemizu, gak cocok buat spring single 😀

      Kalau rentang waktu 6 bulan itu sih ane gak bisa bilang persiapan, karena Nogi sendiri banyak jadwal dari film sampe promosi overseas termasuk HK & SG, ya kalau diitung paling member cuma dapet jatah libur beberapa minggu doang. 😀

      Grup sebelah yang mana? Keyaki? Sama aja kan, mereka emang gak lewat CM, tapi pas rilis langsung jadi CM. Atau yang dibahas ini 48G?

      Status Ikoma jadi kelinci percobaan? So damn true, tapi ini sesuatu yang gak bakal pernah ketemu kata sepakat untuk semua. Long, long bittersweet story, and it has meet it ends now.

      1. Naufalfalah says:

        maksud gua 48G. Entah kenapa gua liat tren ini. Komposisi lagunya ada peningkatan, soalnya yang nanganin single nya Akira Sunset yang banyak bikin karya-karya bagus di Nogi.

        Bukan member-nya yang punya persiapan, tapi LLC untuk nyari gubahan lagu yang nggak ngekecewain, seenggaknya ada purple line. Ada yang bikin fans kritis menemukan kepuasan batin dari karya mereka.

        Gua udah denger beberapa rilisan yang bertebaran di YouTube, hasilnya lebih baik daripada Itsuka. Jujur aja, gua jarang denger playlist Itsuka, nggak kena di hati.

        Boleh aja ada yang nggak sepakat dengan pandangan gua tentang kelinci percobaan, kenyataannya dia top on the mind bagi orang awam. Nggak gampang berada dalam posisi dia, di satu sisi ini single terakhirnya, di sisi lain, grup sedang dalam kinerja tinggi. Dapat Japan Record Awards tahun lalu bukan perkara remeh, paling nggak mempertahankan tren bagus ini dalam waktu yang lama, salah satunya kesampingkan ego. Bukan mudah jadi idola yang banyak haters-nya.

        Dan gua pribadi salah satu alasan suka banget sama Nogi karena dia. Kalo nggak dia, belum tentu gua mampu ngefans seperti sekarang. Setiap orang punya alasan sendiri untuk menyukai sesuatu hal.

      2. Kalau sama 48G sih pass deh, ane kemarin sempat dengerin Jaabaajaa, tapi ya gak tergugah bikin review 😀

        Ya…antara LLC yang bagus ngeraciknya atau fans yang udah terlalu lama ditinggal, itu aja sih 😀

        Ane belum denger preview2, bikin pendapat soal review lagunya gak fokus 😀

        Yep, ane juga bilang, masalah ini gak akan pernah ketemu kata sepakatnya. Banyak pihak yang terlibat, banyak juga yang beda pendapat 😀
        Kalau mau disinggung, bandingin sama kasus Acchan di AKB, atau Tecchi di Keyaki, ada kata sepakat? Gak akan pernah ada. Beda sosok idol, beda juga alasannya. 🙂

  4. MV hampir sempurna! Konsep, dance, lagu, storyline, semuanya pas.
    Lokasinya manteb! 🙂
    Dancenya ga bikin ngakak. Indah, dan ciri khas Seishiro kerasa banget, khususnya dichorus. 🙂 Dan, ada sedikit nuansa Boku no Shoudou. 🙂 Tambah lagi, ga pake sepatu, jadi inget pas ikut pencak dulu. Member jadi keliatan natural. Cantik semua. 🙂
    Lagunya enak. Nyangkut dikuping. Gampang pula dimainin di gitar. Dan, yg penting ada bridgenya. 🙂
    Storylinenya juga oke. Jadi bisa nikmati keseluruhan MVnya. 🙂
    Screentime, ga masalah. Yumi dan Bochi ikut MV seindah ini aja udah bahagia ane. 🙂
    Kostumnya, oke banget. Suka dengan atasan yg kesannya kaku dan rok bawahan yg lebih lembut. Badan member jadi keliatan oke. 🙂

    Nilai ane, 9.5/10 Puas banget. 😀

    1. Tumben positif, kesambet yak? 😀

      Kayanya bapak garam dunia udah update tuh chord gitarnya 😀

      Storyline apaan, ente masih terbius? 😀

  5. Bagus banget menurut ane min, bagian reff ditambah liat member dance kalem adem bgt. Ane suka banget sama pencahayaannya, entah alami apa buatan. Ane juga bingung sama screentime, chima row 3 dapet solo part tapi mizuki-miona malah susah dicari.
    Oiya, kenapa kalo keyaki buat mv dance kayak gini banyak yg bilang bosan, karna itu keyaki. Nogi jarang jarang mv full dance gini 🙂

    1. Pencahayaan ane bilang sih alami, karena bakal keliatan kalau pake lighting buatan dari jendela segede itu 😀

      Sekali lagi, Chima bukan dapet part solo tapi satu bagian sama Kaz, cuma emang disorot pertama aja dianya. Kalau Mizuki & Miona sih ada lah, pas bagian dance. Ini gak bisa dibilang susah dicari, karena keliatan jelas. Dibilang gak adil? Duh 😀

      Ane gak bilang MV yang ngebosenin, tapi dance routine-nya. Ya, MV juga satu bumbu penyedap sih, gak tahan ane buat gak senggol kanan-senggol kiri 😀

      1. Kalo bener alami bener-bener low budget, kostum sama semua, ga dikasih alas kaki 😀 yg bisa ngalahin ke-hematan mv ini cuma mv under 😀 😀
        Iya ternyata chima dance bareng kaz 😀
        Ane susah liat karena gaya rambut mereka + naachan sama, jadi kali disorot jauh ya gitu 😀
        Kalo soal keyaki ane no comment deh, nikmatin hiragana aja dulu sementara 🙂

      2. Eh, jangan salah, seringnya Under itu lebih modal dari senbatsu 😀

        Wah, ngebedain member aja udah susah, apa karena faktor U kaya bapak kos sebelah? 😀

        Hiragana oshi udah tayang ya? Ane belum ambil tuh. 😀

  6. huwaaa.,keluar dair goa lai hehehe. untuk ukuran mv sih emang lebih ke dance dibanding shoot membernya. dan juga gue lebih suka pemilihan lirik dan koreografinya itu sendiri. mungkin ada yang bilang “kok nggak ada ceritanya sih?” or anything yang mirip dengan itu. namun, sisi elegan dari nogizaka itu sendiri lebih terpancar karena lirik dan temanya yang tepat untuk dibuat dance mv ketimbang mv dengan storyline. overall, macorion kembali menulis review yang cukup apik dan sedikit menggelitik dibeberapa titik. heheh. segitu aja, byeee

    1. Lama gak ngidol? 😀

      Kayanya banyak yang protes karena udah keburu dikasih halusinasi lewat CM Haruyama 😀

  7. dari keseluruhan buat mv, dance dan konsep dari single nogi ini udah oke, dan ane emang ngerasa ga akan bisa lebih baik dari ini.

    ngakak online pas baca “bicara soal irit dan pelit, LLC jagonya” 😀

    ane pengen komen di kosan sebelah, eh keburu dibatasi… jadinya mampir kesini

    nilai dari mv 9.8 dari 10

    yang bikin 0.2 nya hilang tuh mungkin perasaan ane aja kali ya. jujur ane lebih suka rilisan nogi pake w-center (kombinasi mutlak maiyan nanase atau kombinasi member lain) atau solo center tapi bukan maiyan atau nanase… Agak kurang rasanya ketika maiyan atau nanase solo center lagi semenjak “the power of 13” yang bikin mereka ane anggap “nice combi”.

    Jangan diserang ya, ane bukan haters maiyan atau nanase maupun “tutup mata” dari alasan2 saat single ini akan dirilis.

    satu lagi, apa ini anggapan sotoy ane aja atau bukan. Semenjak single ke 17, konsep dance scene nogi itu mirip2 “in the box” nya k-pop gak sih? sebenernya hal minor sih, tapi ane prefer nogi shoot dance outdoor kayak di cm kemarin (yang di rooftop itu”… feel elegannya lebih keluar aja rasanya.

    sekian review dan uneg2 ane, sekali lagi “jangan diserang pake gaspol ya” tks.

    1. Konsepnya bagus, eksekusi udah oke, just lack depth, magisnya kurang kena.

      Setdah, komen disini karena disebelah udah dibatasi…
      sedih

      Kalau inget artikel lama ane, Double Suns ya emang gini, udah terlalu sering duet, pas jalan sendiri2 jadi terasa kurang. Tapi gak adil juga bilang begini karena sebagai center, dua-duanya punya warna sendiri2.

      Konsep in the box? Well, kalau untuk ini, kayanya ane baru setuju untuk yang Synchronicity. Influencer ketolong sama permainan kamera yang dramatis, Nigemizu masih ada scene outdoor, Itsuka….menang banyak dapet adegan film 😀

      Kalau ada yang mau komen gaspol, ayo aja. Toh semua komen harus lewat moderasi ane dulu. 😀

  8. Benar benar bagus menurut ane mah…XD juga ane lebih mudah tertarik dengan dance MV daripada storyline… Sperti 2 MV sakamichiakb… Dan beberapa MV keyaki…

    Lagu nya bagus. .. Dance nya juga bagus… Part yg ane suka ketika maiyan solo, terus kamera beralih ke ikuta dan nanase, beralih lagi ke ikoma asuka dan miona…

    Pakaian nya bagus… Cara mereka memainkan roknya benar2 indah… XD

    Kalaupun ikoma jadi center mungkin juga tidak terlalu buruk… Wkwkwk

    1. Ya, karena MV itu gak dibuat untuk semua orang 😀

      Yep, itu salah satu permainan kamera paling bagus yang pernah ane liat di Nogi.

      Center, ane no comment lah, udah kebanyakan dijadiin artikel 😀

  9. Anakamirikaru says: Reply

    Jeda panjang antra Itsuka Dekiru hingga single ini bakal rilis, terbayar apik dengan lagu, dance, dan MV main songnya, saya suka, saya suka, saya sukaaaa!!! 😀

    Ane sbg pecinta yg simple2 tp elegan terpuaskan sama konsep MV ini.
    Jrng2 dampak dari irit n pelit LLC bisa berbuah bagus gini, stidaknya mnurut ane 😀

    Dance yg paling ane suka pas dance trio Asuka, Miona n Ikoma, bukan karena bias, tpi fell mreka lbih dapet + pose terakhir yg mnurut ane pling mantep posenya 😀

    Saal storyline, krena klo ane gk salah baca konsep nih MV berkespresi lewat gerak tubuh alias dance, storyline yg tersirat x. Liat Mv + pake sub liriknya, pasti bsa kerasa “storyline” MV ini 🙂

    Yg ane pnasran, apa alsan kali ini full nyeker, kirain cuma di MV eh tak taunya pas perform juga nyeker, apa makna dibalik ini semua (halah)?

    N klo liat twitter official, sperti ada project lewat foto2 utk mnyambut perilisan single ini, kyknya bakal wah nih angka pnjualan single ini. Punya tebakan angka min? 🙂

    Allhail Synchronicity (jari ane slalu kriting stiap nulis judul nih lagu)

    1. Tumben, kerasukan ya? 😀

      Dance, ya ane gak bisa bilang yang mana yang favorit sih 😀

      Ane mendingan gak tahu detail liriknya, biarkan imajinasi yang bekerja 😀

      Makna di balik nyeker? LLC terlalu pelit buat ngasih sepatu 😀

      Yang pose N itu?
      Ane gak pernah bagus tebak2an angka, kemarin aja UCL babak belur, motogp juga, jadi gak komen soal angka 😀

      1. Anakamirikaru says:

        Kerasukan jiwa baik LLC + Seishiro 😀

        Huh, apaan tuh, harus ada yg favorit lah, pasti yg Zukki n Mantan eh Reika kan? 😀

        Allahmak, knp ane bisa lupa sama faktor itu ya, sihir LLC terlalu kuat di MV ini sampe hal penting soal pelitnya LLC pun ane bisa lupa 😀

        Iya. Baru single ini akn ada proyek bgtuan? 😀

        Ya namanya jg tebak2 an, gk mesti bagus 😀
        Babak belur trus dibabak belurin dgn cara yg indah lagi 😀
        GP, leading groupnya sih biasa2 aja, tpi “drama” nya yg bikin seru, 46 n 93 kmbali memanas, bakar! bakar! bakar! 😀

      2. Kebagusan kayanya 😀

        Maksa amat, mantan tuh mantan ente juga, ane yang dipaksa 😀

        Makanya, ilmu pengetahuannya diperdalam, jangan kaya kelompok yang “itu” tuh, yang ada di negeri dongeng nun jauh disana, dikit2 teriak 😀

        Sekarang ganti pose kan?

        Masih ada 90 menit untuk penghiburan #FinoAllaFine
        Ane bawa marshmallow aja lah, deket sama yang bakar2an 😀

      3. Anakamirikaru says:

        😀

        Ya pointnya kan bukan di mantan, tpi yg ada Zukkinya 😀

        Ente terlalu bnyak merhatiin ngeri dongeng kyknya, ane aja gk pham yg ente maksud 😀

        Iya, jf ternyta tiap hari ada perwakilan mmber yg ngeciptain pose utk seharian, mmber laen ngikutin, hari pertma pose ala Maiyan, yg ahri ini ala Minami.

        90 mnit dikandang lawan kan? “hiburan” sperti apa yg akan dihadirkan? 😀
        Ane mau jualan bensin, ilmu tuan krab sangat berguna utk kondisi kyk gtu 😀

      4. Oh gitu, sekarang lirik2 adek ane? 😎

        Ya, yang suka pake hashtag #2019…….. itu 😀

        Kenapa urutanya harus Maiyan, terus Hoshi? Ada konspirashit apakah ini? 😀

        #FinoAllaFine 😎
        Gak jual garpu taman, obor, atau kembang gula sekalian? 😀

      5. Anakamirikaru says:

        Hadeh, awalnya kan bhas grakan dance yg kmungkinan ente suka, atau ente lagi mencoba nwarin adek ente kepangkuan ane? 😀

        Sama hashtag aja kok marah.
        Bgtulah kta salah satu pngamat komunikasi politik di acara CLI (pasti ente gk paham 😀 )

        Habis Maiyan kyknya Nanase dulu baru Hoshiminami, yg hsohiminami skalian prayaan hari prilisan PB dia.

        Apa itu artinya?
        itu bisa dikondisikan, tergantung sikon 😀

      6. Bahas apa ini? 😀

        Satu2nya hashtag yang ane percaya itu #FinoAllaFine, bukan #2019 atau # # lain 😀

        Tiap hari ganti kan?

        Googling lah, males amat 😀

      7. Anakamirikaru says:

        Tau ah gelap -__-

        Klo “#ditunggu”, percaya? 😀

        Iya, tiap hari ganti, hari ini pose ide ringohime 😀

        Duh buang2 kuota ane aja 😀
        .
        .
        .
        oh itu toh artinya 😀

      8. Masih aja susah listrik? 😀

        Itu hashtag sesat, tapi tetep, percaya sampe akhir #FinoAllaFine

        “Hari ini” ini sangat ambigu 😀

        Dah liat kan pertandingan kemarin, percaya sampe akhir, itu yang penting 😀

      9. Anakamirikaru says:

        Dri pda susah sinyal internet 😀

        #2019gantihashtag *apaan

        Apanya yg ambigu? *sambil asah pisau

        Bukan hasil akhir yg penting? 😀

      10. Lebih keren tapi 😀

        #2019gantiidol 😀

        Apaan? Kan tiap hari ganti. HBD mulu ente 😀

        Karena proses lebih penting 😀
        *fix ini cuma menghibur diri

      11. Anakamirikaru says:

        Keren tapi bikin urat2 tegang alais kesal kan? 😀

        😀

        Ane nanya apanya yg “ambigu”, kan ente nulis komen gtu TT

        Iya deh, ane gk enak ngebantah perktaan orng yg berusaha menghibur dri sndiri 😀
        *untungnya ente gk blas nyerang dgn bhas nasib miris Barca

      12. Ah masa sih 😀

        Lah itu asah pisau segala, pasti pikirannya menjurus 😀

        Lah, mancing. Kemarin gimana kabar tuh, udah diatas angin malah diterkam serigala? 😀

      13. Anakamirikaru says:

        Di dapur 😀

        Ane ngasah pisau buat jaga2 klo ente yg menjurus 😎

        Gak minta restu Lord sih mreka 😀

      14. Orang kebal pisau kok diancam pisau 😀

        Ngomongin soal Lord, ada pesan tersirat dari ekspresinya di MV Scoutman 😀

      15. Anakamirikaru says:

        Ente anak limbad? 😀

        Senyuman itu… ah bahagianya 😀
        Eh maksud ente yg senyuman kan bukan ekspresi yg biasanya 😀

      16. Si hantu dari gua buta 😀

        Keliatan belum baca 😀

      17. Anakamirikaru says:

        Ente yg dipundaknya? 😀 😀 😀 😀

        Ya ente aja publishnya tengah mlm, klo ane langusng bca gk bsa tidur ane lntran kpla ngasep 😀

      18. Di belakangnya 😀

        Gak tau diri, sendirinya manusia kalong kalo soal kuota, tapi baca2 malah gak bisa kalau malem 😀

      19. Anakamirikaru says:

        Kirain yg digendong dipundaknya 😀

        Bedalah pak yg cuma klik sana sini sama yg harus ngebaca dgn seksama, bukan asal langsung komen 😀

      20. Dasar tua, tau aja yang begituan 😀

        Alasan aja 😀

      21. Anakamirikaru says:

        😀

        😀

      22. Anakamirikaru says:

        Tua teriak tua 😀

        😀

      23. Sadari diri dong 😀

      24. Anakamirikaru says:

        😀

  10. Andhika Tanaka says: Reply

    yah dibilang bagus tapi endingnya B+ 😀
    A- lah dikasi 😀

    tapi suka si sama lagunya 😀 nogi banget (sok tau sekali saya) 😀 😀 😀
    dance oke, seifuku simple but okay, lagu oke, member cantik2 (gaterlalu jelas si 😀 soalnya striming 360p)
    MASTER YODAAAAAA!!!!!! keliatan dikit amat 😀

    ditunggu review what is lovenya 😀

    1. Ane kapan sih ngasih nilai A untuk semuanya. Review lagu2 coba diliat, paling tinggi rating bintang 4/5 😀

      Ckcckk, streaming SD 360? Tiru penghuni2 kos sebelah dong, fasilitas 😀
      Kenapa Yoda cuma dikit, biar kaya pas muncul di Last Jedi, biar sesuai gitu 😀

      Udah tuh 😀

  11. Galang Satria says: Reply

    Sempurna kalau menurut ane. Semuanya bener2 spot on. Gak kurang, gak lebih. Konsep MV sederhana, gak bikin eneg dan pusing. Beda banget kaya Influencer. Ane cuma nonton MV Influencer beberapa kali tapi udah bosen. Ane udah nonton MV ini ratusan kali (jujur ini :D) tapi belum bosen. Rasanya sama kaya nonton pertama kali.

    Cuma ada satu kekurangan kecil aja sih. Lipsync. Di akhir lagu, lipsync nya kaya masih setengah2.

    1. Ah masa sih, udah sampe ratusan kali, dan masih gak bosen? 😀
      Kebanyakan main di kandang serigala sebelah nih jadinya berlebihan 😀

      Lah, kan emang poin utamanya bukan di lipsync, jadi ya wajar aja 😀

  12. Paling suka sama camera movement nya, memvisualisasikan dengan baik arti dari synchronicity. Kelihatannya Shiraishi sedang menari sendiri tapi sebenarnya ada member lain yang ikut menari dan mereka semua tersinkronisasi satu sama lain. Gerakan-gerakannya juga adem dan ada beberapa part yang mirip sama influencer /?

    Jika lagu keya ditujukan untuk orang-orang “pesakitan” yang membuat mereka semakin membenci dunia ,lagu nogi lah pastinya yang jadi obatnya wwkwk mulai dari kanashimi no wasurekata, nandomeno aozora ka, kimi no nawa kibou dan synchronicity, lagu-lagu dengan purple line kuat ini paling ampuh untuk memberikan arti hidup :3

    1. Di bagian mana itu Maiyan nari sendiri tapi ada member lain yang ikut nari?

      Kalau mirip Influencer, ya karena koreografernya sama kan 😀

      Keyaki bikin emo, Nogi bikin kembali hidup, Yoshimoto entar membawa ke jalan kedamaian dong 😀

Leave a Reply