Honey Popcorn First Impression

Di tanggal 21 Maret kemarin, akhirnya grup yang dikelilingi kontroversi, Honey Popcorn, secara resmi debut sebagai idol di K-Pop scene. Showcase debut mereka sempat diundur selama satu minggu. Dari rencana awal 14 Maret menjadi 21 Maret.

Alasannya? Jelas karena kontroversi. Yah, untuk menggambarkan sedikit saja, respon mayoritas untuk debut Honey Popcorn memiliki keyword seperti ini; unappropriate, why bother trying, bitch, should stick to porn, whatever, their past sin, dan lain sebagainya.

Wow, terdengar tidak kufilter sama sekali. Sebenarnya, filter yang kupakai sudah 70%, and believe me, it even bothered me to wrote it. Jadi, 30% sisanya biarlah tetap ada tanpa translate. Bagaimanapun, hal ini masih dalam batas wajar. Hampir seluruhnya wajar. Kenapa?

FYI, Korsel adalah salah satu basis terkuat bagi para keyboard warrior di dunia. YKWIM. Untukku, kadang lebih mengesalkan komentar-komentar mereka daripada dari Jepang misalnya. Some are just brutally honest, some are civilized peoples, some are just…idiot.

Tak perlu kujelaskan panjang lebar lagi kan, tentang kenapa Honey Popcorn mengundang banyak keyboard warriors. Sampai membuat debut mereka tertunda, sesuatu yang jarang terjadi. Meski begitu, ini adalah kemenangan bagi mereka, karena atensi berlebih, baik ataupun buruk, adalah jaminan untuk dilirik.

Well, ini sudah kubahas di artikel sebelumnya tentang Honey Popcorn, jadi kali ini lebih fokus pada showcase debut mereka saja dan tentang MV pertama, Bibidi Babidi Boo. Membicarakan MV, Bibidi Babidi Boo dirilis di Youtube oleh salah satu media paling besar di Korsel, 1theK.

1theK adalah subsidiaries dari LOEN Entertainment yang fokus pada penyebaran konten K-Pop berskala worldwide. Banyak idol maupun band yang merilis MV melalui 1theK. Dengan rilis melalui 1theK, Honey Popcorn memastikan mereka tetap ada di radar publik, karena MV ini juga tidak mendapat rate R.

MV Bibidi Babidi Boo ini mendapat 299 views sejak dirilis sampai pada saat artikel ini rilis. Jumlah dislike sebanyak xxxxx masih bisa dibilang wajar mengingat background grup ini. Tapi yah, jelas tidak adil kalau menilai MV ini hanya karena membernya. Jadi, ini dia review MV.

Well, disingkat saja. MV ini adalah tipikal tight budget MV, tidak banyak yang bisa dikomentari. CG yang terkesan asal ada, konsep dance in the box yang sudah kelewat jamak, tanpa storyline. Untuk yang terakhir wajar sih, sangat jarang ada MV dari K-Pop yang menyertakan storyline.

Jika aku memberi rate, paling tinggi hanya C. Apa ya, mungkin karena sudah sering melihat MV seperti ini jadi tidak berkesan lagi -JYP I’m watching you- selain itu, Honey Popcorn tidak menawarkan performance dalam standar K-Pop. Untuk J-Pop pun, tidak bisa dibilang impresif.

Blocking masih cukup banyak yang berantakan, dan masih terlalu menekankan pada sisi kawaii. Well, ini hanya MV yang tidak memorable. Mungkin yang bisa dibanggakan dari Bibidi Babidi Boo hanyalah pada vokal. Aku tidak bisa bilang outstanding, tapi setidaknya melebihi ekspektasi.

A bit unexpected for me, memang tidak bisa dibilang selevel MAMAMOO, Davichi, atau setidaknya TWICE, tapi mengingat tiga orang ini masih terbatas dalam Korean seperti yang bisa dilihat di interview, mengejutkan bagaimana vokal mereka bisa seperti ini. Oke sebelum kalian berekspektasi terlalu tinggi, kukatakan lebih dulu kalau levelnya tidak sebagus itu.

Hanya masuk kategori rata-rata. Karena ini jugalah para “pemuja” langsung menghabisi Honey Popcorn. Aku belum mendengar albumnya keseluruhan, hanya dari Bibidi Babidi Boo ini dan juga Pretty Lie, dan dari impresi pertama, tidak buruk. I’ll say, it is worth to waiting for.


Showcase debut Honey Popcorn ini juga mengundang mixed reviews dari netizen. Dengan berat ke sisi kontra tentu. Banyak faktor tentu yang mendasari hal ini, tapi karena sudah sering kubahas, maka aku akan fokus pada showcase debut saja.

Honey Popcorn Expresses Gratitude And Discusses Divided Opinions About Their Debut

Dari artikel yang dirilis Soompi, Honey Popcorn mendapat nilai penuh dariku dalam hal “kejujuran”. Ketiga member menyatakan hambatan mereka untuk debut sebagai idol di K-Pop, tentang showcase, dan juga harapan akan Honey Popcorn. Mikami Yua mengatakan;

“Benar kalau kami adalah aktris AV di Jepang, dan profesi itu kami jalani sepenuh hati. Bagaimanapun, sekarang kami hanya fokus di aktivitas kami sebagai Honey Popcorn. Kami tahu banyak yang masih tidak menerima kami, dan kami akan berjalan bersama dengan mereka yang mendukung kami”

Selain itu, Yua yang mengeluarkan kocek sendiri untuk album Honey Popcorn menambahkan kalau ini adalah mimpinya yang menjadi nyata, sesuatu yang dia ingin lakukan apapun yang terjadi. Selain itu rencana untuk masa depan grup bisa dibilang sudah jelas, yaitu mereka ingin terus lanjut dengan Honey Popcorn.

Dan satu lagi. Ditanya mengenai siapa grup K-Pop yang ingin mereka temui, Matsuda Miko menjawab TWICE. Alasannya adalah Sana, Mina, Momo berasal dari Kansai sama sepertinya sehingga dia ingin bertemu mereka. Sementara Moko Sakura ingin belajar dance dari TWICE.

Disini banyak eggheads yang mengatakan Honey Popcorn merusak citra TWICE. Alasannya simpel; search keyword akan menghubungkan dua grup ini, dan juga, pada AV. Bertahun-tahun ngidol, aku hampir tidak pernah melihat sebuah grup hancur karena search keyword.

Terdengar berlebihan? Izinkan aku untuk mengatakan ini sekali lagi; standar idol di K-Pop jauh lebih tinggi, perfection is a must, bukan opsional. Dan satu faktor penting lagi; keyboard warriors. Oh, selain Bibidi Babidi Boo, Honey Popcorn membawakan lagu lain yaitu Pretty Lie di event ini.


Well, aku tidak berharap, ataupun berniat, membuat orang-orang mendukung Honey Popcorn dengan atau tanpa fanatisme. Hanya ingin membagikan kesan pertamaku pada grup ini, suka atau tidak, itu terserah kalian. Yah, aku bukan tipe orang yang langsung men-judge sesuatu hanya setelah melihat dari satu sisi saja.

Ya, Honey Popcorn bisa dibilang hanya proyek senang-senang, karena bagaimanapun Mikami Yua, Sakura Moko, dan Matsuda Miko masih tetaplah AV actress di Jepang. Well, susah mengatakan mana yang main job, tapi bagiku sama sekali bukan masalah. Hypocrite isn’t it, if your beloved idols do acting gigs outside their “main job” and you support them, but bash another with same circumstances?

Untuk purist, ayolah, dunia ini kan tidak hanya diisi hitam dan putih saja karena itu sudah menjadi seragam Juventus tapi selalu ada abu-abunya. Daripada menjadi haters atau sejenisnya, tidak bisa kah melihat sisi terang dari semua hal?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

53 Replies to “Honey Popcorn First Impression”

  1. Amanin link dulu, sedot, baru ntar kembali lagi dgn tnggapan ala kadarnya 😀

    BTW, judul Bibidi Babidi Boo mmbuat ane teringat Popipapapa *apa hubungannya 😀

    1. Udah bisa ditebak sih, jadi gak kaget 😛

      Iya, ane gak sampe kesono mikirnya, ente aja juga bingung komen begituan 😀
      Misteri 😀

      1. Anakamirikaru says:

        😀

        Udah lihat MVnya, dan mnurut ane yg gk tau bnyak soal budaya K-pop, MV nya bagus, musiknya jg K-Pop sangat, dancenya jg ala2 K-pop, blockingnya OK2 aja, jd klo mnurut ane mantap, ntahlah ya mungkin ane bilang mantap krena ane gk tau kualitas “kesempurnaan” GB korea.

        Waktu perform emng ada bbrp x dancenya kyk gmna ya ngebilangnya, kyk orng yg nervous dsuruh dance, ya mungkin mang mreka nervous, atau itu pndangan ane aja?

        Ntah ane yg gk baca atau gmn, jd ane tnya aja, klo soal pronounce mreka gmn? Soalnya klo ane gk salah dipostingan TWICE ente bhas juga pronounce member korea twice pas nyanyi pke bhsa jepang.

      2. Gimana sih, pertama bilang oke2 aja dancenya, terus bilang kalau masih keliatan nervous? 😀

        Pronounce udah cukup bagus, aneh sih. Padahal pas interview hampir nol kemampuan bahasanya.

      3. Anakamirikaru says:

        Maksud ane yg OK pas di MV, yg nervous yg di perform nya pak 😀

        Mungkin pas di wawancra, mreka gk mau mngeluarkan kmampuan sejatinya, halah 😀
        Jadi, cuma ada 2 lagu n 1 MV kah?

      4. Yang jelas dong 😀

        Kalau keburu dibuka, entar gak seru dong 😀
        Enggaklah, ada mini albumnya. Download gih, kan ente kaya kuota 😀

      5. Anakamirikaru says:

        Pdahal ane dah nulis, “Waktu perform emang ada bbrp x…”, dbca gk sih komen ane? TT

        Apanya yg dibuka? *psang muka lugu
        Duh, bisa aja ane download, tpi emng kyknya kuping ane gk pas sma musik k-pop 😀

        Baca2 di korsel sana pda bikin petisi nolak mreka ya gra2 background mreka?
        Klo di sebuah ngara dongeng, yg bgini ini nih yg ngejual, yg ada “kontroversial” gtu 😀

      6. Kadang2 enggak sih 😀

        Ya apa aja lah yang bisa dibuka 😀
        Alasan aja, ngomong aja minta link langsung, sama kuotanya sekalian buat download 😀

        Yep, ada. Sampe puluhan ribu yang tandatangan, tapi aslinya palingan gak sampe segitu 😀
        Di negeri dongeng yang sama sekali gak indah dan unfaedah 😀

      7. Anakamirikaru says:

        Males bnget ngdepin orng males 😀

        Kotak pandora bisa dibuka? 😀
        Itu mah maunya ente, bneran deh, emng gk cocok x sama k-pop ane 😀

        Weh weh weh, jadi mreka amsih jlan nih? Ada event2 perform gtu?
        Untung ane gk hidup di ngeri dongeng itu 😀

      8. Pengalaman ane kok mirip2 gitu ya? Males ngadepin orang males 😀

        Kalau punya kuncinya, bisa 😀
        Pret, yakin gak mau link? 😀

        Kayanya ya udah selese tuh petisi. Kalau event2 sejauh ane tahu sih gak ada.
        Negeri impian 😀

      9. Anakamirikaru says:

        Ya deh yg tua yg bnyak pngalaman 😀

        Kunci L atau kunci inggris? 😀
        Bneran deh, kibar bndera putih aja deh klo maish mau brusaha cekokin ane dgn k-pop, dah mentok 😀

        Brrti mreka gk rilis di jepang ya, fokus di psar korea?
        Ngri impian buruk 😀

      10. Gak kebalik tuh? 😀

        Kunci mas 😀
        kuncimas

        Ah, liat aja di artikel besok2 😀

        Iyalah.
        Negeri dongeng deh 😀

      11. Anakamirikaru says:

        Apanya yg kebalik? 😀

        Itu minyak greng usaha bpak srigla dunia? 😀
        😀

        Oh
        😀

        *nampak x ane dah kehabisan bhan 😀

      12. Apalagi coba? 😀

        Boleh ditanya sama orangnya langsung 😀

        Di artikel baru, ada bahan juga gak? 😀

      13. Anakamirikaru says:

        Ah kpla ane akhir2 ini sering ngasep 😀

        Mlas ah, gk penting jg 😀

        Blum baca 🙂

      14. Umur itu 😀

        Apa2 males 😀

        Budayakan membaca 😀

      15. Anakamirikaru says:

        Pngalaman ya sampe tau gtu pnyebabnya 😀

        Males ngadepin orng males #loh 😀

        Hnya soal waktu itu kmarin 😀

      16. Nyenggol orang yang sok muda 😀

        Nyindir diri sendiri? 😀

        Kalau sekarang, berasap? 😀

      17. Anakamirikaru says:

        Untung ane gk sok muda 🙂

        Nyenggor org yg sok rajin 😀

        Turun mesin pak 😀

      18. Demi apa? 😀

        Sok rajin beda sama yang ngerjain PR di sekolah (?) 😀

        Maklum deh umur 😀

      19. Anakamirikaru says:

        Demi Neptunus bserta kluarganya 😀

        Komen apa sih 😀

        TT

      20. Siapa tuh, nama anaknya Neptunus 😀

        Komen gak jelas, kaya ente biasanya 😀

      21. Anakamirikaru says:

        Nama cicitnya 😀

        TT

      22. Kayanya ente salah nangkap 😀

      23. Anakamirikaru says:

        Au ah, elap 😀

  2. Hatake Kakashi says: Reply

    kasihan ya mentang2 artis AV sampai bnyk yg nolak dan hujat..pdhl gak ada yg salah AV nyambi jd penyanyi,ada bbrpa artis AV yg jd penyanyi,yg saya inget Anri Okita,yg lain lupa 😀
    ya,walaupun mereka bkn fav saya,tp ttp aja kasihan lihat’y..semoga aja bertahan dan maju trs dan bisa memotivasi artis2 AV yg lain,macam Tia,Yumeno Aika,dsb 😀

    1. Ya budaya yang beda itu yang jadi masalah. Ebisu Muscat bisa diterima di Jepang, di Korea? Boro2, yang terbuka dikit aja langsung jadi target keyboard warrior. Ya miriplah sama negara mana gitu. 😀

      Jangan diliat kasian, masalahnya gimana pendapat soal MV dan lagu? Malah ngomongin bintang lain dasar mesum 😀

    2. Hatake Kakashi says: Reply

      padahal Korsel film dewasa’y yg semi perasaan saya lebih bnyk dr jpg..jgn disebutin lah negara yg dimaksud’y 😀

      belum lihat,krn saya kl yg GB gitu jrng lihat,kecuali ya kl fav seperti Bae Suzhi 😀
      ntar kl senggang dilihat 😀
      kebahas sendiri bintang yg lain,suka kebawa suasana 😀

      1. Semi, bukan full. Lagian restriction lebih ketat disono. Sex is Zero aja susah ditonton kok.

        Kebanyakan nonton film HBD ya makanya larinya kesono mulu 😀

    3. Hatake Kakashi says: Reply

      kalau soal susah atau gak kl mau nonton,saya gak terlalu tahu..cuma kl semi,Korea banyak,itu yg saya tahu 😀

      gak sering kali,saya belakangan cuma kdng2 lihat dua bintang itu kl ada rilisan yg baru 😀

      1. Sering download pasti 😀

        Kalau bintang dari HOney Popcorn? Pasti ngikutin ya? 😀

      2. Hatake Kakashi says:

        gak,korea cuma sekelebat aja nonton..cerita’y bnyk yg step sister atau step mother 😀

        member honey popcorn gak ngikutin,gak ada yg sesuai selera saya 😀
        mimin psti ikutin ya? 😀

      3. Seleranya yang gitu ya? 😀

        Ane bukan fans sama sekali soal film dari tiga orang ini sih. Kan ane stan I.P 😀

      4. Hatake Kakashi says:

        yg genre gitu yg saya demen,pasti mimin jg suka..tp lbh suka yg model2 thank’s giving atau yg mengunjungi rumah..haha 😀

        gak dpt feel’y dulu coba2 nonton..haha
        I.P Stan apaan itu? 😀

      5. Ente apa sih yang gak demen asal berbau HBD? 😀

        Ente jelas udah master soal HBD, jadi gak usah ane jelasin I.P itu apaan 😀

  3. Andhika Tanaka says: Reply

    Tumben komen di lapak baru 😀 😀 😀

    ketiganya orang jepang, artis jav, debut di korea? knp gak debut di jepang aja? 🙁
    seenggaknya di jepang lebih kalem
    entar klo gakuat membernya bisa pada (…)
    semoga pada strong ajadeh buat para member 😀

    di mvnya ada bagian (gak banyak) yang ngingetin sama mvnya oh my girl wkwkw 😀

    1. Kirain masih ngider di yang lama 😀

      Karena kalau di Jepang, mereka kan udah ada kontrak sama Ebisu. Ya ini ane taunya cuma Yua sih, sama Moko di grupnya. Dari interview yang ane rekap, ya tujuannya buat fun aja.

      OMG yang mana nih? 😀

    2. Andhika Tanaka says: Reply

      uda tau dari waktu ini si min 😀 cuma belum sempat mampir 😀

      wadu cuma buat fun 😀 😀 😀 gpp si
      lagunya lumayan lah, soalnya gaada ciri khasnya 🙂 mv juga biasa aja 🙂
      kenapa membernya dihujat 🙁 seenggaknya mereka gak melakukan xxx di mvnya lo 🙁
      mungkin perlu diversusin netizen indo sama koria 😀 😀 😀

      nari nari di galaksi kayak endingnya secret garden 😀
      mengingatkan loh ya bukan mirip 😀
      sama yang maenan di taman/hutan tu juga uda banyak GG yang konsepnya gitu

      1. Waktu ini itu “kapan”? 😀

        Ya secondary job lah 😀
        Kenapa sampe dihujat? Karena mereka keyboard warrior, ya mirip2 lah sama yang di negara mana gitu 😀

        Ane tanya soalnya ya itu, udah kebanyakan yang kaya gini 😀
        OMG ane sedikit banyak dengerin belakangan ini, ya gegara Secret Garden sih 😀

    3. Andhika Tanaka says: Reply

      sekitar bulan februari si 😀 cuma lupa pastinya kapan

      iya uda kebanyakan konsepnya macam gini 😀
      ya kapan kapan bahas lah OMG min 😀 😀 😀

      1. Februari tahun kemarin? 😀

        Ane banyak juga draft soal korea, tapi karena internet belakangan ini bikin tensi naik mulu, gak sempat garap juga.

  4. Buka beranda youtube dan mvnya ada di playlist 1thek langsung ane buka. Biasanya ane paling males liat mv dari grup baru 😀
    Baru nemu ane mv yg dislikenya setengah dari likes. Mv ya oke sih. Agak cringy buat efeknya tapi buat grup baru udah bagus biarpun sebagian besar di kotak indomie khas kpop yang ane benci. Ane paling suka pas adegan mereka di dpn bulan (?)
    Lagunya catchy. Dancenya agak kurang ya wajar sih. Ane juga liat showcase mereka karena penasaran gimana live performnya dan oh stagenya terlalu kecil 🙁
    Semoga grup ini bisa bertahan dan ane harap lagunya masuk noraebang 😀

    1. Emang sih, jumlah dislikenya ngalah2in TWICE atau Red Velvet, GG juga 😀

      Lagunya cukup bagus, dance ya gitu deh. 😀 Kalau soal showcase stage, ane rasa udah wajar sih, karena mereka gak didukung agensi sejauh yang ane tahu.

      Kayanya untuk sekarang bakal lebih terkenal film2 mereka daripada lagunya 😀

      1. Isi komennya menggelikan semua 😀

        Gak ada agensinya ternyata. Berarti macam side job aja dong ya

        Untung ane gak tahu film2nya 😀

      2. Gak nyambung sama isi MV kan 😀

        Ya…gitu deh 😀

        Mendingan jangan tahu 😀

  5. Ane amnesia. Siapa ini? Korea itu apa? Apa hubungan mereka sama Tecchi? 😀

    1. Kalau film HBD gak ada istilah amnesia ya? 😀

    2. Apa itu HBD? Apa itu amnesia? 😀

      Oke sekarang kita serius. Biasa aja sih liat mvnya 😀 Ini serius ane bosen nonton mvnya. Karena emang biasa aja 😀 Tapi membernya cakep jadi ya lumayan terhibur ane 😀

      1. Ya coba situ ngacaan, pasti keliatan 😀

        Kalau MV bosen, kalau film2nya gak bosen? 😀

    3. Yang keliatan waktu ane ngacaan itu manusia yang luar biasa pesonanya min 😀

      Film apa? 😀

      1. Belum pernah dijadiin cincinnya Thanos? 😀

        Pret, pakar HBD aja pura2 gak paham 😀

    4. Apa itu Thanos? 😀

      Apa itu pakar? Gak paham ane. Masih kecil 😀

      1. Apa2 gak paham, jangan ngidol kalau gitu, mending kesini 😀

        hutjr

Leave a Reply