Sakamichi Review : Kokkyou no Nai Jidai – SakamichiAKB 2018

Lewat 52nd single AKB48, SakamichiAKB kembali diluncurkan di 2018. Joint Project dari 48G dan Sakamichi ini dimulai di 2017 dengan partisipasinya di 47th single AKB48. Tahun ini, dengan lagu Kokkyou no Nai Jidai, bagaimana kesanku terhadap SakamichiAKB? Apakah berubah atau tetap, langsung saja.

Well, ini pertama kalinya mereview SakamichiAKB karena di tahun kemarin aku tidak sempat menulisnya. Jadi, mungkin tidak bisa dijadikan review komparasi, hanya akan kutulis di akhir pendapatku tentang dua MV ini.


MV Review

Kokkyou no Nai Jidai dibuka dengan formasi member di lagu ini. Di paling awal tentu ada Neru sebagai center. Lalu entah kenapa di bagian pembuka yang dibagi berdasarkan grup hanya diisi oleh 4 member 48G, 4 Nogi, dan 5 Keyaki.

Well, sejujurnya, aku tidak tahu dua orang dari 48G di bagian ini. Aku tahu Okada Nana dan Mukaichi Mion, tapi dua yang di samping, frankly, not at all. Lalu dari Nogi, 4 Gen 3 yang ikut di senbatsu Synchronicity, dan dari Keyaki; Yuuka, Pon, Katoshi, Zuumin, dan Risa.

Lalu dance scene dimulai dan masuklah Jurina dan Sakura, lalu AshuMiona dan Neru. Well, pada intinya ini adalah dance MV, jadi jangan berharap akan adanya storyline disini. Yah, kecuali ada sedikit sentuhan disana-sini, tapi lebih ke simbolis alih-alih storyline.

Pertama yang ingin kubahas adalah stage. Panggung yang digunakan, sebenarnya konsepnya cukup bagus, tapi rasanya terlalu menyilaukan di beberapa bagian. Memang sih, dengan background yang gelap, hal ini sangat membantu, juga memberi kesan atraktif.

Ritmik yang ditampilkan juga sudah cukup bagus, mengikuti irama lagunya, tapi kadang, ada bagian yang kurang pas. Terutama di saat Neru sendiri, sedikit…meh. Juga di bagian akhir saat ada konfeti, you’ll need ultraHD, 4K monitor to appreciate it, otherwise it was really grainy.

Bagian kedua untuk dibahas adalah efek. Salah satunya adalah efek 3D yang sangat, uh, bisa kukatakan ini akan keren dipakai 20 tahun lalu, kalau sekarang, tidak tepat menempatkan efek ini efeknya malah amblas seketika. Dan bagiku, ini masuk yang nomor dua.

Apa ya, rasanya bukan hal prioritas untuk dimasukkan. Efek 3D ini terkesan mismatch dengan efek cahaya yang bisa dibilang satu generasi lebih modern. Ketiga, mengenai properti yang digunakan. Ada cermin yang dominan, cermin dengan desain a la fairytale yang terkesan aneh di MV ini.

Kenapa? Aku tidak menemukan filosofinya. Apa untuk mengatakan Sakamichi sekarang adalah cerminan AKB di masa lalu? Entahlah. Lalu ada juga lightstick, yang digunakan seperti lightsaber atau malah magic wands, karena aku melihatnya mirip dengan adegan terakhir di Half-Blood Prince.

Tiga bagian ini memang minor, sebenarnya tidak ada masalah. Tapi tentu sedikit mengganggu. Well, aku tidak akan pura-pura, kenapa banyak kritik adalah karena aku mengharap hal minor seperti ini dikurangi, karena dari tahun lalu, hal ini masih ada saja. Tidak ada perbaikan.

Kemudian masuk ke bagian dance scene, bagian utama untuk dibahas dari MV ini. Disini, aku tidak punya kritik. Not the best maybe, but filled up my expectations. Mungkin sampai pada level impresif, sesuatu yang sudah cukup lama tidak kurasakan dari Sakamichi.

Bahkan tidak Glass wo Ware, meski aku memberi nilai diatas rata-rata untuk MV-nya. Kokkyou no Nai Jidai lebih oke karena mengingat mereka dari grup yang berbeda, dengan interaksi yang lebih minim, blocking dan lainnya bisa dibilang bagus.

Terutama pada bagian dimana dance dibagi per grup; Keyaki, 48G, dan Nogi. Sedikit menambahkan ciri khas mereka di bagian ini. Keyaki lebih powerful -the high kick part-, 48G juga bisa kubilang oke, meski aku tidak tahu bagaimana dance mereka akhir-akhir ini, dan Nogi lebih…. why it is weird?

Bagian paling menarik? Luke Skywalker Jedi Academy kurasa yang paling memorable. Lighstick, costume, the Force…. y’know, dancing with properties surely harder to do. Well, mereka melakukan kerja bagus disini. Berikutnya adalah screentime yang sebenarnya cukup saja nilainya.

Neru sebagai center jelas mendapat jatah terbanyak, tapi malah bikin geregetan. Dari sekian banyak screentime-nya, berapa banyak Neru mendapat jatah lipsync? Mungkin hanya satu di awal. Aku tidak tahu apa memang part Neru sedikit di lagu ini, tapi ini jelas minus besar.

Daripada Neru, yang lebih berkesan bagiku di MV ini adalah Jurina, sebagai yang paling veteran, her stage presence was undeniable. Lalu member 48G dengan rambut ponytail yang mendapat posisi center di dance scene di menit-menit awal, kupikir dia kena di ekspresi yang pas di saat yang tepat.

Ashurin yang sepanjang MV terlihat tanpa ekspresi juga tepat. Mempertahankan karakter, impresif. Ini juga alasan kenapa aku sering bilang, Keyaki masih belum punya member dengan stage presence sebesar Tecchi, well, ini bahasan lain, tapi lihat MV ini dan katakan siapa member Keyaki yang paling memberi impact? No bias.

Beralih ke kostum, mungkin sudah tahu, kalau ini dibagi berdasarkan grup dengan image masing-masing. 48G dengan kostum terbuka, seperti image mereka yang lebih pop. Keyaki masih militeristik dengan banyak layer, sementara Nogi ada di tengah-tengah. Sedikit lebih baik dari seifuku tahun lalu sih.


Song Review

Berdasarkan preferensi pribadi, aku suka dengan lagu ini. Kesannya mirip dengan Hanbun no Kiokueasy listening, melodi yang ada di tengah-tengah, tidak terlalu dark atau kawaii, plus paduan instrumen klasik dengan sedikit sentuhan synthesizer.

Instrumen akustik inilah yang membuatku suka, mungkin tidak bisa dibilang raw, tapi lebih ke klasik. Jenis musik idol yang lebih mudah untuk diterima mayoritas. Vokal juga tidak ada masalah, harus kuakui di awal, aku sedikit pesimis karena centernya, bagusnya hasil akhirnya decent.

Tapi seperti yang kubilang diatas, rasanya part Neru tidak terlalu banyak disini, jadi lebih dominan dari member lain. Meski bukan lagu yang membuat merinding, dengan lagu seperti ini, membuatku sejauh ini masih cukup puas dengan SakamichiAKB.

Rate : ⭐⭐⭐⭐


Conclusion

Allow me to be frank, aku tidak akan terlalu keberatan jika SakamichiAKB terus berjalan jika mereka mendapat sesuatu seperti ini untuk kedepannya. Kenapa aku jadi melunak pada proyek ini sekarang? Karena aku rasa, suka atau tidak, inilah yang ada di big plan Aki-P.

Apalagi kalau bukan untuk 2020. Walaupun tentu aku jauh lebih prefer jika 48G dan Sakamichi jalan sendiri-sendiri di event mendatang, SakamichiAKB, sejauh ini, dari dua kesempatan, adalah win-win solution jika Olimpiade dilakukan tahun ini juga.

Dan susah untuk membayangkan kalau malah akan menurun di dua tahun sisa. Kemungkinan ada, tapi mari berharap saja. Dan sejujurnya, untuk sekarang, inilah model terbaik untuk menyatukan dua cash cow Aki-P. Satu keluhan mungkin, rasanya lebih adil kalau dibuatkan single sendiri.

Bagaimana dengan kalian sendiri? Tulis di kolom komentar.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

59 Replies to “Sakamichi Review : Kokkyou no Nai Jidai – SakamichiAKB 2018”

  1. Yg pling bnyak disoroti di MV ini adl sosok Neru yg dibilang gk pantas berposisi sbg center. OK, ane gk kan bias n akan trima kritikan itu, krena emng gk mudah berdiri sbg center di tengah2 top member seperti Jurina, Sakura Miona, n Asuka yg scr jam terbang aj lbih tinggi + ekspektasi tinggi (?) utk Neru bisa seperti Techi yg sukses sbg center di lagu sbelumnya.
    TAPI, setidaknya yg ane liat Neru msih menjadi jati drinya sndiri disaat bbrp member ane liat terlalu berusaha keras utk terlihat cool di lagu yg sbenarnya mnurut ane gk mesti harus terlihat sperti itu 🙂
    Minusnya Neru di MV ini cuma pas bagian akhir MV, Neru seolah dipaksa mereka-ulang adegan senyum Techi di MV SiMajo 😀

    Dari segi MV, ane liat member Sakamichi lbih diuntungkan dri segi angel kamera, wajah Miona lbih klihatan jelas disaat satu frame dgn Jurina, pun bgtu pas saat Asuka dgn Sakura 😀
    Momen yg paling ane suka di MV ini ya pas bgian dance masing2 grup dgn nafas masing2, yg pling OK, dancenya Nogi, no bias, anggunnya beda sndiri ktimbang dance Keya n 48G yg mnurut ane sma2 ke power full 😀
    Soal gelap, penchayaan dsb, ane gk akn mengritik soal itu soalnya ane cukup puas Neru n Miona bisa terlihat jelas wajahnya di MV ini 😀

    Utk lagu, ane lebih suka lagu yg ini ktimbang yg kmarin, mentahnya lbih trasa, melodi gitarnya ringan n enak, genjrengan gitar akustik jg terasa dimn-mna. Anehnya bnyak yg bilang lagu ini bosenin, hmmm.
    Nilai lagu: 4.5 / 5

    1. Kritikan lebih ke arah “impact yang kurang” sih, daripada “gak layak jadi center”, dan ane gak bilang juga ini pengaruh dikelilingi Jurina, Sakura, AshuMiona. Warna, mungkin. Ciri khas, ini gak bisa dibilang iya. Kalaupun dibilang screentime, malah kebalik juga kalau dibilang gak dapet jatah cukup.

      Yang diuntungkan cuma member front row, yang lain sih tetep aja miris. Ane gak inget liat Katoshi, Risa, Mizuki, Yoda banyak di MV ini 😀
      Kalau dibilang anggun…well ane udah nulis yah 😀

      Mungkin faktor bosen karena centernya dari Keyaki *eh 😀

      1. Anakamirikaru says:

        Yg mmberi impact itu yg sperti apa?
        Ekpektasi terlalu tinggi buat Neru sperti Techi? Sampe mngenyampingkan stiap mmber berbeda?
        Tp tak palah, stidaknya kyk yg ane bilang, Neru msih jd jati dirinya snditi tnpa maksa buat tmpil keren tp mlah ngeganjal di mata ane 😀

        Di MV mna aja kan kbnyakannya emng gtu, front row yg menang bnyak, gk bsa protes bnyak soal ini 😀

        Mungkin krena musiknya yg gk bnyak variasi? Atau edm lbih bnyak pminatnya?

      2. Bukan. Antara kurang bisa maksimalin screentime, atau warna yang kurang. Gak cocok sama lagu? Ini alasan yang cliche banget sih.

        Jadi, gak ada intinya bela2in masukin Katoshi di MV ini 😀

        Mungkin cuma faktor mereka kurang rekreasi 😀

      3. Anakamirikaru says:

        Besok2 klo ada unit bgniain lagi, ane gk berhrap gadis2 ane jd center deh 😀

        Emngnya ada tujuan mauskin Katoshi dlm unti ini? Buat UP hrgna? 😀

        Mungkin emo2an lbih favorit 😀

      4. Iya sih, kayanya ente yang bawa sial buat mereka 😀

        Buat simbol budak yang akhirnya merdeka 😀

        Emo palsu 😀

      5. Anakamirikaru says:

        Demi neptunus, ane gk sanggup klo bidadari2 ane di hujat 😀

        Cuma seorang sih, coba tambah Mihoku, pasti sama aja hasilnya #loh 😀

        Emo KW? 😀

      6. Bukannya udah pengalaman? 😀

        Gak bakal ngefek 😀

        Bisa dibilang gitu 😀

      7. Anakamirikaru says:

        Yg berpengalaman itu klo hujatannya utk ane, bukan utk bidadari2 ane, PUAS?!

        Ngaruh lah, buat ane 😀

        😀

      8. Belum 😀

        Buat ente doang 😀

      9. Anakamirikaru says:

        TT

        Ya iyalah, ngapain ane mikirn kpuasan orng laen 😀

      10. Egois 😀

      11. Anakamirikaru says:

        Biarin, yg penting puas 😀

      12. Apanya yang puas? 😀

      13. Anakamirikaru says:

        Apa aja yg bisa dipuasin lah 😀

      14. Contoh 😀

      15. Gk bsa ane umbar dsini 😀

      16. Kenapa? 😀

      17. Anakamirikaru says:

        Ra..ha..si..aa!! 😀

        Lah, itu knp nama ane jadi Kid pula?

      18. Kalimatnya niru2 😀

        Jangan2….kalian orang yang sama. Kembar ya? 😀

      19. Anakamirikaru says:

        Niru sapa?

        Kembar? ane milih2 jg x 😀

      20. Siapa ya? Kaya kenal gitu ane 😀

        Kebagusan kah? 😀

      21. Anakamirikaru says:

        Prasaan bpk aja itu 😀

        %#%^$*%^(*&>”:<{L)*(^)&^

      22. Iya kah? Kayanya sih enggak 😀

        Baca bahasa Patrick ini gimana ya? 😀

      23. Anakamirikaru says:

        TT

        Beli dulu kamus lengkap bhsa Pattrick 😀

      24. Belinya dimana? 😀

      25. Anakamirikaru says:

        Dibawah Batu 😀

      26. Batu yang ini?

        smitty

      27. Itu kota ente tinggal ya? 😀

      28. Anakamirikaru says:

        Tetangga kota ane, puas?!

      29. Oh, penghuni rock bottom ternyata, pantesan sering typo 😀

      30. Anakamirikaru says:

        TT

  2. Ane gak nangkap tema mv ini apa. Cool? Ekspresi Neru gak cool, dia malah senyum di awal. Kawaii? Member lain malah cool ekspresinya. Apa karena Neru center makanya beda sendiri?

    Untuk screentime Risa di sini jauh lebih bagus dari glass yang dia keliatan cuma setitik.

    Ane lebih suka lagu yang tahun lalu karena dari pertama dengar ane udah hafal sama bagian awalnya. Yang ini masih lupa 😀

    Ane gak merhatiin sih nonton mvnya. Cuma baguslah ini namanya 😀 Keluhan ane cuma dilightingnya yang buat pusing dan sakit mata. Coba bajunya gitu yang diganti putih 😀

    1. Awas hati2 kritik Neru, entar kena UU MD3 sama yang komen di atas 😀

      Iyakah? Perasaan sama aja 😀

      Faktor umur kali 😀

      Kalau bajunya putih entar dikira poci joget2 dong 😀

  3. Belum download dan cuma liat short ver, itupun cuma sekali. Ga tau nih, kok males buang 200mb. 😀 Tambah lagi Bochi juga ga terlalu keliatan, ya? 😀 Jadi komennya ntar aja, kalo ane ga males buang 200mb dan lagi pengen liat Bochi disini. 😀

    1. Duh duh duh, ya udah ane ralat, si Bochi keliatan banyak disini. 😀

      Gimana? Jadi pengen download? 😀

  4. Hatake Kakashi says: Reply

    Sakura cakep bener ya disini ukh

    ntah knp,di SakamichiAKB saya merasa sreg’y sama Techi yg jd center

    MV’y silau,Katoshi sama dek Momo gak bnyk klhtn,tp lagu’y mayan enak,meski lbh suka yg kmrn
    saya suka pas adegan Sakura sama Asuka,cocok mereka serumah nanti

    1. HBD mulai membara kayanya 😀

      Jangan mulai deh 😀

      Urusannya Sakura sama Ashu serumah apa ya? 😎

    2. Hatake Kakashi says: Reply

      nah kan,blm apa2 dah nuduh yg tdk2 😀

      mulai apa? 😀

      ya kan,entar Ashu ikut sama saya,kn lagi pdkt,jd pasti serumah sama Sakura 😀

      1. Nuduh? Yakali 😀

        Mulai ngundang purist 😀

        Racunnya udah diminum? 😎

      2. Hatake Kakashi says:

        itu bukti’y diatas -_-

        gak ngundang2 ah,cuma ungkapin yg saya rasa..haha 😀

        racun cinta Ashu emang ajib,sekali tenggak bikin klepek2 😀

      3. Fakta diri sendiri kok ente gak ngakuin 😀

        Ya yang begini ditanggepin biasanya 😀

        Ckckck, susah ditolong.

      4. Hatake Kakashi says:

        krn itu suudzon,jd gak saya terima 😀

        yg nanggepin biasa’y yg darting 😀

        hanya Ashu yg bisa nolong 😀

      5. Gak pernah ngacaan ya? 😀

        Ckckck, lagi2, inget umur gih 😎

      6. Hatake Kakashi says:

        buat apa kacaan?dah ganteng 😀

        sok2 ingetin umur,umur sendiri’y aja gak inget 😀

      7. Pecah berapa kali tuh kaca? 😀

        Siapa yang gak inget? 😀

  5. Baru nongol disini,selain sibuk di dunia nyata,lagi berkabung juga ikoma mau grad sekalian siapin strategi buat Aka(hahaha,udah jarang muncul,sekalinya muncul rese’ ya)

    Yang dari Akb selain Nana dan Mion,ada Yuiyui(center di single 53)dan Berin

    Suka sama dark nya,tapi setuju sih,stagenya terlalu terang,seifuku nya juga, bagus,pembagiannya juga pas sesuai grup masing2

    Untuk lagu,lebih suka yang sakamichiakb yang kemaren
    Disini centernya ‘ilang’ diapit Juju dan Sakura,gak bisa mengimbangi layaknya Techi di lagu sebelumnya

    Udah dibawain live belum?

    1. Bener, langsung rese, khas serigala -_-

      Nah yang Yuiyui itu yang mana, Berin yang mana, itu yang ane gak paham 😀

      Kalau yang ini dark demen ya, tapi kalau Keyaki yang dark gak demen? 😀

      Gak ngebanding2in lah, capek 😀

      Kalau tanya ane, ane tanya siapa dong? 😀

      1. Tuh kan langsung negatifthinking aja,langsung menjudge yang bukan ane,harusnya yang muncul jarang2 ini disambut dengan Aka biar ane betah sering2 komen dimari

        Yuiyui disamping Mion,Berin di samping Nana,,,gak kepengen balik lagi buat nengok grup sebelah,udah new era loh(katanya)

        Kalau ini dark nya masih sweet,kalau keya dark nighttapi dua2 nya demen

        Wkwkwk takut dikenain pasal ama bpk kos sebelah ya?

        Kirain udah comeback ngikutin 48,,
        Btw itu mv nya kok gak yg full dimasukkan,,,udah liat kan?

        Salam buat Aka ya,Bg

      2. Yuk sini ane sambit
        death

        Di samping siapa di menit berapa? 😀

        Bisa aja lah 😀

        Takutnya dari mana kalau dari situ, males aja sih, cape2 nulis artikel jangan ngebandingin eh di komen malah ngebandingin. Kan konyol 😀

        Kemarinan sempet liat jaabaajaa sih, tapi ya kesannya gitu aja. Lagian lagi sedikit males nulis belakangan.

      3. Langsung main keluar aja dementornya(eh bukan ya)

        Di dance pembukaan 48g,dari ki-ka Berin,Nana,Mion,Yuiyui
        Lagian mimin di awal review bikin bingung “…hanya diisi oleh 4 dari 48g,4 dari Nogi,5 dari Keya…”lah kan emang segitu yang ikut,ngisi row 2 dan row 3,row satu udah jelas ada Juju,Saku,Ashu,Mio,Neru

        Makanya,ane juga bakal sering jadi silent reader disini,ntar komen ngasal di hajar pula,malah lebih ke bikin sakit hati mimin,ntar ga jadi pula direstui ane sama Aka

        Salam buat Aka ya Bg!

      4. Karena ane gak ngikutin beritanya siapa aja yang ikutan. 😀

        Ketularan sindrom dari kos sebelah kah? Delusi gak kelar2 😎

  6. Andhika Tanaka says: Reply

    kapan mau ganti centernya SakamichiAKB (lebih tepatnya sakamichi48 si)???

    masa centernya dari keya mulu 🙁 AshuMio dongg 😀 😀 😀

    1. Lah habis gimana lagi, Tsucchi sibuk, Amon sibuk sih 😀

      Entar lah tahun depan centernya dari Yoshimoto 😀

    2. Andhika Tanaka says: Reply

      Ditunggu prediksinya 😀 dari yoshimoto juga boleh 😀

      masi nunggu drama apa yg akan terjadi di yoshimotozaka 🙂 semoga aja gak ada 🙂

      entar lama2 bisa buat single ni sakamichiakb 😀 😀 😀

      1. Ane ada artikel soal Yoshimoto sih, cuma nunggu berita selanjutnya biar jelas 😀

        Semoga aja gak ada apanya? 😀

        Lah ini itungannya udah single kali, ya….gitu deh, bisa diliat penjualannya 😀

    3. Andhika Tanaka says: Reply

      Draftnya banyak yg numpuk ya 😀

      Semoga gaada drama diantara member lah min 😀

      Maksud saya single yg senbatsunya sakamichi akb
      Klo ini kan itungannya kopling 😀

      1. Banyak pake banget 😀

        Cuma member sama Lord yang tahu lah kalau itu 😀

        Sama aja, kalau mau dipaksain 😀
        Kopling kek, kavling kek, coba dilempar ke purist pasti kebakar juga 😀

Leave a Reply