XX Senbatsu : Corn Gold

Apa yang membuat bangsa Eropa berbondong-bondong datang ke New World, setelah Christopher Columbus mengumumkan tentang adanya dunia yang lain di seberang lautan? Jika jawabannya adalah petualangan, itu tidak sampai separo-benar.

Jika kalian ingat pelajaran dasar tentang bagaimana Belanda datang ke Indonesia, yaitu rempah-rempah dan 3G; Gold, Glory, Gospel, maka alasannya tidak berbeda jauh. Tidak ingat, atau malah tidak pernah dengar? Get lost. Kembali ke SD sana daripada menghabiskan waktu untuk ngidol.

Seperti singkatannya, 3G yang bisa juga diterjemahkan sebagai imperialisme, Gold menjadi hal utama. Di Eropa, well, dimana-mana, emas menjadi komoditas berharga, dan secara alami tidak banyak terdapat di tanah mereka, maka itulah yang menjadi target utama.

Kedua adalah Glory, atau kejayaan. Di abad pertengahan, bangsa Eropa berlomba untuk memperbesar koloni mereka di luar Eropa. Baik itu Amerika ataupun Afrika, sampai Asia dan Australia. Semakin besar koloni, semakin dipandang oleh masyarakat Eropa.

Terakhir adalah Gospel, penyebaran Christianity karena saat itu mayoritas Eropa menjadi satu kesatuan Holy Roman Empire. Selain itu Crusade yang tidak begitu berhasil juga membuat bangsa Eropa mengalihkan perhatian diluar tanah suci.

Dan bagaimana susunan senbatsu Nogizaka kali ini berkaitan dengan Gold, Glory, Gospel? Hanya di aspek pertama, yaitu Gold. Ya, substansi yang membuat banyak orang rela membunuh demi mendapatkannya. Dan ini membawa kita ke Amerika utara.

Seperti yang bisa kita lihat di film Pocahontas, meski banyak terdapat sejarah yang tidak akurat, tapi bangsa Amerika asli mengenal emas dalam bentuk berbeda. Amerika adalah tanah dimana nilai makanan lebih tinggi dari emas, dan juga, asal-usul dari banyak makanan modern.

Aku berharap bisa memiliki visibilitas seperti Donald. >sigh<

Kentang, tomat, cabai, dan jagung adalah contoh makanan asli daratan Amerika. Berikutnya ada juga alpukat, kacang-kacangan, kokoa, dan kwaci juga termasuk. Dewasa ini, sekitar 60% dari semua jenis makanan berasal dari Amerika. Dan ini, membawa kita ke makanan utama di artikel ini.

Maize. Corn. Ya, jagung. Inilah benda yang menjadi obyek salah paham antara “emas” dan “jagung” di film Pocahontas. Berasal dari daerah Mexico, jagung sudah dibudidayakan manusia terutama oleh bangsa Inca di Peru dan mayoritas bangsa Indian.

Kenapa jagung? Karena dari angka, jagung diproduksi lebih daripada gandum atau beras. Mengejutkan bukan? Hal ini lebih karena tidak semua jagung yang ada masuk ke meja makan kita, banyak yang diolah menjadi ethanol, tepung, jagung manis, popcorn, sampai makanan hewan.

Dari segi value, jika saja bangsa Eropa tidak sebegitu tamaknya pada emas, mereka bisa membuat jagung sama populernya dengan teh. Well, baru beberapa puluh tahun sejak Columbus mendarat di Amerika, jagung mulai dibudidayakan di Spanyol.

500 tahun sejak jagung pertama dikenal dunia, kini kita tidak bisa membayangkan dunia tanpanya. Begitu juga dengan kentang atau tomat. Sesuatu yang berharga tidak melulu bisa diukur dengan nilai materi, value yang terkandung di dalamnya lah yang penting.


Sementara hubungannya dengan senbatsu nogizaka untuk 20th single ini adalah bagaimana ada makna, value yang berada di balik susunan senbatsu kali ini. Bukan hanya dari segi Ikoma yang menolak posisi zero, bukan hanya bagaimana senbatsu nogizaka kali ini lebih berorientasi ke depan.

Lebih dari itu. Kernel pertama, 21-nin senbatsu ini sekarang menjadi jumlah yang pas. Kenapa sekarang aku bilang begini padahal sebelum-sebelumnya selalu menolak? Jawabannya adalah karena dari situasi -oke, web Nogi- tampaknya Gen 3 dilebur ke Under.

Langkah yang sudah ditunggu sejak satu tahun lalu, dengan begini tidak ada lagi kerancuan akan status mereka. Berhubungan juga dengan adanya 4 member Gen 3 yang masuk di senbatsu; Kuboshi, Momoko, Yoda, dan Mizuki. The Centauri+Kuboshi.

Hal ini jelas berorientasi ke depan. Karena apa? Satu, status Gen 3 sudah jelas. Dua, membuat mereka masuk ke senbatsu dalam jumlah yang besar, disaat tepat ada OG Center yang akan pergi. Kesempatan terakhir untuk belajar dari dai-senpai?

Jangan melirikku dengan sinis atas Gen 2. Harus berapa kali lagi dikatakan kalau mereka ada di kaki mereka sendiri, dan bukan di tangan manajemen? Seharusnya malah bersyukur karena Ranze mendapatkan senbatsu keduanya. Kalau kalian ingat, dia adalah member Gen 2 terkuat setelah Miona dan Maichun, sejak Sayonara no Imi.

Kernel kedua, it is no time for sentimentality. Alasan Ikoma menolak center adalah alasan kenapa kami yang sering dibilang anti-Ikoma menolak, atau bahkan tidak serius menganggap dirinya “harus” menjadi center lagi. Well, for me, it was deeper than her published statement.

Bukan sekedar karena lagu ini tidak seharusnya menjadi single perpisahan -sesuatu yang sangat kutolak sejak Harujion- atau karena Ikoma tidak pantas mendapat privelege itu lagi. Tidak. Demi kebaikan grup itu sendiri, itu alasan utama.

Well, aku sendiri tentu ada di pihak yang tidak mendukung Ikoma, atau bahkan Tecchi, menjadi center karena alasan-alasan yang konyol, yang diluar logis bagi kebaikan grup. Dan untuk alasan Ikoma, I appreciated it much. She’s outgrown herself since, well, for everyone who knew how shitty the circumstances back then, name it.

Impresif tentu, aku tidak akan meminta jauh untuk melihat kembali ke era Kimikibou, tapi sejauh Taiyou Knock saja. She’s grown, found her new persona by stand aside, watching kouhais. Salah satu esensi dari ngidol, yaitu melihat idol berkembang, ikut menjadi dewasa bersama seiring waktu.

Corny eh? Kalau tidak begitu, aku tidak akan memilih jagung sebagai tema utama. Well, cukup pembahasan untuk Ikoma, karena kurasa ini sudah cukup bagi yang masih bitter atau malah jadi konslet karena Ikoma tidak menjadi center. Belum puas? Cuci muka dulu gih.

Selanjutnya untuk senbatsu. 3rd row, ini barisan member yang “wajib” ada sih, jadi aku tidak bisa protes. Masuknya Ranze dan Hinachima menggembirakan tentu, meski dengan begini aku jadi berharap Ranze bisa punya outside job yang sesuai. Hanya satu yang sedikit mengganjal.

Sayu. Jujur saja, aku tidak keberatan kalau dia turun ke Under kali ini. Ya, dia punya stage play, tapi interest bisa dibilang rendah untuk saat ini. Tidak bertahan lama sebagai DJ, dan relatif tidak terdeteksi radar, dunno, rasanya lebih adil kalau Junna yang akhirnya bisa naik senbatsu kali ini. Subyektif sih.

2nd row, Kuboshi dan Momo mengapit Ikoma, artinya menghabiskan banyak waktu bersama. Pengalaman akan mengajarkan mereka berdua. Untuk Front row, 5 yang ditengah adalah formasi fix, jadi tidak aneh. Menambah Mizuki dan Yoda di ujung kurasa tidak akan berpengaruh besar, untuk kedua pihak.


Senbatsu Nogizaka untuk Synchronicity ini menurutku cukup ideal untuk masa depan Nogi. Bukan sekedar Gen 3 saja, tapi nama seperti Ranze dan Chima juga bisa dibilang bagus, karena dua-duanya relatif bisa menggantikan peran oneesan Nogi.

Kurang idealnya tentu masih dari segi minimnya variasi untuk dua row depan. Tidak bisa mengeluh juga, karena resiko juga bukan sesuatu yang akan diambil manajemen sekarang ini. Maiyan akan diuji sebagai solo center untuk pertama kalinya sejak 5 tahun lalu.

Tidak bisa dibilang 100% aman, apalagi image Maiyan sekarang sudah lebih distinct dari Nogi. Mungkin sama seperti Sasshi di 48G? Ya seperti itulah. Safe choice, tapi akan menantang bagi Maiyan. Dan aku tidak ambil pusing soal Maiyan ikut grad atau apalah, karena sudah kutulis di artikel sebelumnya.

Begitulah pendapatku tentang senbatsu Nogizaka untuk Synchronicity ini. Punya pendapat lain? Tulis di kolom komentar.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

73 Replies to “XX Senbatsu : Corn Gold”

  1. Untuk soal Ikoma n Maiyan, ane rasa dah cukup, sama2 dah taulah. Ikoma nolak demi kebaikan, n Maiyan terpilih krena dianggap paling bisa memikul tanggung jwab besar ini,

    Untuk Gen-2, ane bakal tetep “rewel”, apapun alsannya masih berhrap ada wajah baru dari sosok Gen-2 di jajaran Senbatsu, kasih mreka ksemptan sblum member Nogi semakin bnyak dengan audisi musim panas nanti 😀

    Untuk Minami, sedikit miris krena dia bakal rilis PB tp ternyta gk mendapat “hak istimewa” layaknya yg diperoleh Manatsu n Kazumin 🙂

    Klo komposisi dri member yg terpilih dan dmn posisi mreka berdiri, bisa dikatakan tingkat kpuasan ane ada di angka 90%, minusnya ya pling yg ane “rewelin” di atas, berhrapa ada wajah baru dri Gen-2 🙂

    Ada niatan bikin postingan tebak2an center Under dengan dileburnya Gen-3? 😀

    1. Andaikata berita itu gak muncul, apa banyak yang bisa legowo nerima keputusan ini? 90% enggak.

      Dari Gen 3 dikenalkan, ini masih jadi resolusi kan? Tapi seiring waktu, ya mereka udah bisa dibilang lepas, jadi, no regrets. no strings attached. Berharap untuk wajah baru pun, cuma segelintir yang bisa dan itu pun gak tentu bisa setiap single.

      Kalau Hoshi ikut2an di depan, bisa dibayangin kan gimana respon karena Ikoma nolak center? 😀

      Pret, bilang aja pengen “seseorang” naik senbatsu, bisa aja panjang2 nulis pengen wajah baru 😀
      Kalau “wajah baru”nya itu Junna, Renacchi, Lord, Aachan, Mama Rocky, ente bisa bilang puas? 😀

      Gak ada, gak minat. Tapi kalau tebakan ane, kandidatnya ada Ume, Junna, Yuttan. Pribadi, ane prefer Rotti atau Renacchi.

      1. Anakamirikaru says:

        Klo ane sih nerim aja 😀

        Ane bakal tetep rewel, apalgi kyk yg ane bilang, mana audisi member baru mau diadain lagi, amkin rewel lah ane 😀

        Ya setidaknya klo Minami didepan kan ada alsannya, jd klo ada yg gk nerima pun setidaknya bisa dibantah dgn alan mau rilis PB 😀 ya gk usah didepan lah, minimal baris 2 gtu 😀

        Serius deh, keinginan itu gk bias, meski bukan Miria yg naek, sapa aja asal ada wajah baru dari gen-2, ane gk akan rewel sangat lah 😀

        Klo Rotti, klo gk salah dia ninggalin grup akhir bulan ini kan? apa mungkin diaksih jatah center Under?

      2. Pret 😀

        Mungkin ente kurang garam, gigitin batu kali dulu gih 😀

        Nah kan plin-plan 😀

        Mungkin dibawah komando Lord, mereka ngerasa senbatsu masih terlalu cetek 😀

        Bisa aja kan. Hime aja bisa kok.

      3. Anakamirikaru says:

        Masuk angin pak? 😀

        Maklumlah, jiwa keadilan sosial ane terlalu tinggi 😀

        Bukan plin-plan, klo dipaksa logis ya gtu, baris 1 terllau berat yawes, baris 2 juga gk pa, istilahnya nerima nego lah 😀

        Atau lord sama aki-p ada maen mata? 😀

        Klo utk single + status Rottii itu sndiri, agak susah, tp yowes, mari berhrap 🙂

      4. Bukan, enter the wind 😀

        Jangan2 ente orang partai ya? 😀

        Nego paling rendah ya? 😀

        Emang itu engkong kuat? 😀

        Belum ada berita lanjutan kah?

      5. Anakamirikaru says:

        Sama aja itu, ente aja yg sok keren 😀

        Ini smeua gra2 lagu mard per*ndo 😀

        Ya, di nego aj say, pasti bisa say, di nego sampai okaaayy 😀

        Ngurusin ratusan gadis aja bisa maska ngurus satu gadis gk kuat 😀

        Belum

      6. Terjemahan dari Miriam Bellina itu, eh Miriam Webster 😀

        Kirain partai kuning2 😀

        Buka OL shop ya? Garam? 😀

        Wah, penghinaan sama Lord 😀

      7. Anakamirikaru says:

        Cie, artis segenerasi ente dibawa2 😀

        Ogah, ntar harus nabrak tiang 😀

        😀

        Lah ente pandang sbelah mata sma the special one, aki-p 😀
        *knp julukannya mlh kyk Mourinho ya 😀

      8. Bisa aja temennya Bang Ben 😀

        Bukan, partai kuning yang baru 😀

        Lord sama Aki-P menang mana? Ente kaya ngomongin sepakbola Serie-C lawan Serie-A 😀

      9. Anakamirikaru says:

        Cie ngebawa artis laennya 😀

        Apa, emang gk cukup sama satu kuning, ada kuning laennya? 😀

        Aki-p itu mentornya Lord 😀

      10. Ente gak ada yang kenal ya? Mereka masih terlalu muda buat generasi ente? 😀

        Ada tuh, makanya, internet jangan dipake ngidol mulu 😀

        Gak kebalik apa? 😀

      11. Anakamirikaru says:

        Bukannya itu ente? 😀

        Buang2 kuota aja, cukplah kuota ane terbuang buat download lagu mars per*ndo 😀

        Gaklah, mentor ttp Aki-p, tp klo soal mnguasai dunia ya emng Lord yg megang 😀

      12. Cie pake psikologis terbalik 😀

        Kuota yang unfaedah, mending dengarin kata2 mutiara dari Lord 😀

        Murid melampaui guru? 😀

      13. Anakamirikaru says:

        😀

        Itu lagu pembangkit smangat di pagi hari 😀

        Itu tndanya guru yg sukses krn punya murid yg sukses 😀

      14. Kasih contoh ayo 😀

        Ah itu sih gurunya aja yang minta kredit sama muridnya 😀

      15. Anakamirikaru says:

        Coba aja ente alamin sndri, download trus dngerin pagi2, pasti smangat 😀

        😀

      16. Link 😀

      17. Anakamirikaru says:

        Gilelu Ndro, lagu populer tuh, pake nanya link sgl, bertbran dimna-mna 😀

      18. Minta yang 4K 😀

      19. Anakamirikaru says:

        Yg 3gp aja cukup, efeknya tetep sma kok, bikin smngat di pagi hari 😀

      20. Semacam lagu propaganda gitu ya? 😀

      21. Anakamirikaru says:

        Tergantung orng yg mrespon tuh lagu 😀

      22. Kalau berhati suci kayanya gak ngefek 😀

      23. Anakamirikaru says:

        Boku wa Iyadah 😀

  2. Ada gitu yang konslet di fandom adem ayem macam Nogi? Salah nawaitu pasti ngidolnya. =))

    1. Sebenernya yang bikin konslet bukan gara2 nawaitunya gan, tapi komunitas banyak berharap Ikoma jadi center karena ini last single dia (efek harujion sama sayoimi kayaknya).

      Pas kelar pengumuman rata2 pasti kurang terima ikoma gak dapet center, tapi pas artikel nikkan sport keluar, ya yang paham langsung adem ayem tinggal yang pantatnya kena balsem doang yang belom adem haha

      *IMO

      1. Ein
        Setahu ane dari dulu ada segelintir sih, cuma belakangan jadi gelontoran entah kenapa 😀

        Arif
        Harus diliat juga, yang terima itu dari sisi mana, yang enggak terima dari sisi mana. Kaya yang udah ane jelasin diatas, alasan kenapa ane opposite kemungkinan Ikoma center lagi. 🙂

      2. @Arif
        Ane bawa enteng aja. Ini fenomena udah jamak di 48G.
        Jangan kaget kalau yang balseman ini nanti jadi yang tergirang pas nanti ada musivah di grup haha.

  3. Ane lumayan seneng Bochi bisa masuk. Tapi, selain itu, naimononedari kayaknya. 😀

    1. Kubo. 😀

      1. Ternyata 😀
        Soal posisinya? 😀

    2. Posisinya lumayanlah. Bisa masuk aja udah seneng ane. 😀 Tinggal Riria, Jun, Rena dan Ume. Terus kalo Yumi center, makin sempurna. 🙂

      Harapan ane, semoga disingle ini, Nogi bisa buat signature pose yg populer, macam posenya Seifuku no mannequin. Ane rasa hal macam gini ini penting, agar lagunya bisa lebih populer dan tahan lama.

      1. Mari berharap, mungkin untuk selamanya 😀
        Gen 4 aja udah mau datang, gimana coba 😀

        Kalau pose sih susah lah, kalau dance, masih mungkin. Tapi beberapa tahun terakhir ini, gak ada yang memorable juga sih, palingan mentok Influencer 😀

  4. Sayonara,myIkoma,bahkan lebih baik seperti ini,jadi shadow center di last single…

    Senbatsu kali ini cukup ideal,pas banget,,,4 nama di front itu udah punya hak veto kyknya,sebenarnya Iku juga punya,tapi kesibukan yang luar biasa membuat dia di baris 2,agak mengejutkan juga sekarang ditaruh di baris pertama,mungkin kalau dia gak bisa tampil,jadinya double sun kembali w center ya

    Tambahan Zukki dan Yoda di depan juga pas,mencoba kombinasi baru

    Manatsu udah beli tempat kali ya di baris 2?tak tergoyahkan

    Gen 3 beneran mau di lebur ke under ya?kalau iya pengennya Miria dan Riria double center,duet yang konsisten

    1. Ciah my Ikoma my Ikoma pula, my Jisoo kemana? 😀

      Kalau Iku gak ikut live, ya bakal kaya biasa, bakal ada Under yang naik kan. Ini kan Nogi, bukan Keyaki 😀

      Dari Seifuku no Mannequin, dikit banget kan Manatsu keluar dari 2nd row, hampir gak pernah. Dia kan emak kos-nya 2nd row 😀

      Udah pasti kayanya, sejauh ini gak ada info lanjutan sih. Tapi karena di web udah jadi satu, plus Gen 3 udah dapet blog sendiri2, aman lah kalau bilang mereka dilebur.

  5. Hatake Kakashi says: Reply

    Hai min..Asuka apa kabar?baik2 saja?makasih dah jagain

    jagung nilai’y lebih tinggi..nilai apa min?gizi?nilai jual?lmyn buat referensi ladang

    Ikoma bkn center,gak kecewa
    Maiyan yg jd center,gak kecewa
    yg bikin saya kecewa mh,knp yg ngapit Misa bkn dek Momo sama Sakurai atau mbak Maichun
    di Nogi siapapun center’y buat saya mh gak masalah krn seseorang yg saya inginkan jd center udah terwujud,yg penting skrg mh Misa masuk udah bahagia,tp berharap suatu waktu bisa raih center

    1. Maaf, gak nerima MLM atau sumbangan, sksd dih 😀

      Apalagi ini, ane gak mau beli pupuk juga 😀

      Momo yang mana, Sakurai yang mana? 😀
      Siapa yang udah terwujud jadi center? 😀

      1. Hatake Kakashi says:

        kok emot saya gak pada muncul? 😀

        cie sok2an gak kenal,gak usah malu2 gitu lah min sama calon Asuka 😀

        kn kl tahu nilai jual’y yg tinggi,semangat kita menanam’y 😀

        Sakurai Reika,bkn Sakurai Sho’y mimin 😀
        Momo,ya Momo si Dek Momoko,bkn Momo yg dr group sebelah 😀

      2. Hatake Kakashi says:

        *ketinggalan
        siapa yg udah terwujud jd center?rahasia ah 😀
        biar gak nanya lagi,saya jawab Asuka 😀

      3. Serigala sih, mesum pula, panteslah 😀

        Oh, ane gak buka lowongan satpam 😎

        Kasian yang jadi budak 😀

        Nah gitu, jelas 😀
        Urusannya apa ya bawa2 adek ane? 😎

      4. Hatake Kakashi says:

        kok sama calon ipar ngataon serigala,ntar di gigit dia kl denger goo.gl/GzPevy 😀

        gak minat jd satpam,kecuali jd BG Asuka 😀

        ckckck..istri sholehah mereka mh,bkn budak 😀
        gak ada yg nama’y budak,dah gak boleh di zaman skrg mh 😀

        harus jls mulu,gak bisa terima kode2an? 😀

        knp urusan’y sama Asuka?krn dia selalu nunggu saya berkunjung goo.gl/saZK6h 😀

      5. Ipar? dih, selain mesum delusi juga ya 😎

        Pake istilah yang bukan dari dunia permesuman aja ya 😀

        Kok ngelesnya sama kaya raja budak dari sebelah ya? 😀

        Kode dunia mesum ane gak paham. 😎
        Ckckck, udah dibilang, mesum ya mesum aja, gak usah delusiin adek orang 😎

      6. Hatake Kakashi says:

        bilang’y delusi,pdhl seneng

        contoh’y yg gmn istilah yg lain dr permesuman?

        sok2 gak paham,pdhl kn raja kode

        sebelah?siapa?gak kenal

        yah nama’y juga cinta min,jd akan trs dikejar

      7. Apa yang harus disenengin coba?

        Kan ente pakar mesum kok tanya ane 😀

        Ah kata siapa 😀

        Pura2 gak kenal ih 😀

        Serigala modus, beda sama cinta 😎

      8. Hatake Kakashi says:

        tentang kami lah 😀

        ah masa?pura2 trs 😀

        kata siapa?kata saya min 😀

        gak kenal sama yg begituan 😀

        beda’y apa? 😀

      9. Mabok garam ya?

        Ente kan ninja mesum 😀

        Kata2 dari sumber yang tidak bisa dipercaya 😀

        Pret 😀

        Gak ada faedahnya juga ane jelasin, gak bakal ngefek 😎

      10. Hatake Kakashi says:

        dah dikasih tahu berapa kali mabuk Ashu,masih aja coba menghindar 😀

        mesum juga penuh cinta dan sayang 😀

        kalopun mimin gak percaya,yg penting Ashu percaya 😀

        malah pret,saingan saya ya dia? 😀

        ya sih gak efek sama kami,apapun kata mimin,kami tetap saling suka 😀

      11. Itu kan delusi ente doang 😎

        Itu salah kaprah yang ente paksain jadi bener 😀

        Percaya dia cuma sama ane seorang 😎

        Kembaran 😀

        Ckckckck, gak ketolongan.

      12. Hatake Kakashi says:

        udah min jgn ngebantah mulu,kasihan ntar capek 😀

        gak ada yg salah min kl atas dasar sayang mh 😀

        tunggu aja bntr lg min,jgn sedih kalau Ashu sesekali suka belain saya 😀

        kembaran?gak punya kmbrn yg model gitu 😀

        lagi2 saya cm bisa bilang,Ashu yg bisa nolong 😀

      13. Udah jangan jadi serigala mulu, inget umur 😎

        Kebanyakan main sama mandor romusha dari sebelah sih 😎

      14. Hatake Kakashi says:

        lagi2 ngingetin org tentang umu,umur sendiri’y aja gak inget 😀

        gini nih kl jd harem yg sukses tuh,selalu dituduh yg tdk2 😀

      15. Siapa yang gak inget? bapak kos sebelah? 😀

        Harem2 gaya, cocoknya mah ge**o 😀

  6. Awal mulanya berharap trio bintang kehidupan yg ditemaptkan, cuman pas liat hasilnya nggak sesuai ekspektasi, jadi gua bawa ketawa aja.
    Lamat-lamat, paham juga kenapa Ikoma nggak ambil posisi terhormat untuk terakhir kalinya sbg member.
    Dia sadar diri push yg diperoleh nggak sekuat dulu, sehingga itu sama aja langkah bunuh diri LLC.
    Dia pun punya bakat kepemimpinan tersembunyi. Gua aja ngerasain pas Sakurai Reika absen, serta beberapa member yg deket dngnya dan mendapat bantuannya.
    Jelas, kenyataan bahwa dia harus turun dr posisi puncak dan bersikap wajar jauh lebih baik demi grup itu sendiri daripada sekadar memaksa posisi yg nggak bakal nguntungin dr segi finansial grup.
    Bagi gua, formasi single ke-20 ini menjadikannya seperti centre bayangan, sebab Ikoma ditempatkan di tengah-tengah formasi.
    NB. Mohon hapus komentar gua yg sebelumnya

    1. Sedikit pait buat stan Ikoma, tapi bahkan ane, yang dari dulu sering dibilang anti Ikoma, ngerasa lega setelah statement dia.

      Bukan karena apa, tapi capek disalahpahami mulu 😀

      1. Naufalfalah says:

        Nggak papa, gua yg salah satunya oshi-in Ikoma juga ngelihat ‘cahaya’-nya udah redup. Akan sulit kalo udah urusan itung-itungan duit dan popularitas.
        Gua milih dukung member secara wajar, nggak perlu ngotot-ngototan siapa yg paling baik, tokh itu soal preferensi pribadi seseorang.

      2. Masalahnya cuma di duit sih, karena dukungannya gak bisa dibilang lebih dari 50%, beresiko jelas kalau maksain 😀

        Yang begitu itu mungkin kurang rekreasi 😀

  7. Gimana ya…. kasih tau gak ya… nulis apa ya…

    Selamatlah intinya buat cintaku karena akhirnya solo center lagi 🙂 Jadi ini maksud Maiyan bilang ke ane kalau bakal ada sesuatu yang mengejutkan terjadi 😀

    1. Bata mana bata?

      Boku wa iya dah 😀

    2. Mau bangun rumah buat ane sama Marika? Makasih loh abang ipar 😀

      Dan apakah mimin ada gambaran soal under? Kok burem ya di otak ane 😀

      1. Racun mana racun?

        Ada sih, mau naik artikel tapi udah banyak antrian sih.
        Intinya, all equal.

    3. Makaasih loh 😀

      Centernya? Semoga Denchan posisinya bagus 🙂

      1. Ckckckck 😎

        Equal sih equal, cuma ya masih harus sadar diri lah 😀

    4. Nyari cicak min? 😀

      Denchan HSnya lumayan kok. Bisalah 2nd row 😀

      1. nyari pcg 😎

        Ya sadar diri aja sama pandangan senior 😀

    5. Gak paham ane 😀

      Itu yang langsung fukujin terus gimana? 😀 😀 😀

      1. Baguslah kalau enggak 😎

        Kalau itu, yang senior udah pasrah, beda dong 😀

    6. Kasian amat pasrah sama senbatsu tapi under gak 😀

      1. Oh, tentu, karena di Under ada Lord 😀

  8. Say hello dulu lah di lapak kk ipar eh….wkkwkwkwkw..
    Hampir 6 bln lebih g ngidol akhir2 ni baik keya+nogi musicnya bagi ane kurang greget..
    Balik ke topik..
    Kalo ane sih bisa menerima dengan formasi kali ini..
    Alasan simpel aja, udah lama g ngidol kwkwkwkwkwk..
    Tp yg penting bagai mana si menjalani peran nya sendiri..
    Contoh ranze vs maya (sory ini ane sok tau) kenpa ranze unggul ya dari mata ane ranze lebih menarik personal dia juga lumayan dia juga tipikal ambisius kalo maya bukan g menarik tapi lebih ke biasa aja kasar nya bagi ane dia tidak punya apa yg dia jual buat tembus senbatsu..(silahkan hujat ane soal ini)

    1. Siapa ya? 😎

      Ranze vs Maaya? Dulu ane pernah nulis kan soal Ranze, dia yang paling besar dari Gen 2 setelah Miona, Maichun, sekarang mungkin on par sama Kiichan. Pilihan aman buat Gen 2 masuk senbatsu karena yang lain masih gelap.
      Kalau Maaya, ya emang harus diakui masanya udah lewat. Kecuali dia keluar pake sesuatu yang bener2 fresh, tapi ane rasa dia aman lewat Nogieigo & Nogiten kok. 😀

Leave a Reply