Curiosity & 7 Minutes of Terror

Pernah merasakan memiliki tetangga yang “begitu dekat, tapi begitu jauh”? Jika ya, maka itulah yang kita semua rasakan sebagai satu-satunya -sejauh ini- makhluk berintelegensi di alam semesta. 50 tahun lebih sejarah eksplorasi manusia ke luar angkasa, dan masih belum ada bukti, tanda-tanda bahwa kita tidak sendiri di alam semesta ini.

Tetangga terdekat kita adalah Bulan, tentu saja, dengan jarak 384.ooo km, perjalanan ke Bulan bisa memakan waktu tiga hari dengan teknologi 40 tahun lalu yang digunakan dalam Apollo Program.

Selanjutnya adalah Venus, evil twin dari Bumi yang suhu permukannya bisa mencapai 400° C. Jarak terdekat kita bisa mencapai 42 Juta km, sementara jarak terjauhnya mencapai 258 Juta km.

Salah satu tetangga terdekat kita di Solar System adalah Mars dengan jarak terdekat yang dimungkinkan saat Mars ada di titik terdekat dengan matahari sementara Bumi di titik terjauh adalah 54.6 Juta km. Sementara jarak terjauh antara Bumi dan Mars bisa mencapai 402 juta km saat kedua planet ada di sisi berseberangan dengan Matahari di tengahnya. Jarak antara Bumi dan Mars bisa 200 kali jarak antara Bumi dan Bulan.

pia16937-16
Selfie termahal dan terlangka di dunia

Demi mempelajari lebih jauh dengan tetangga kita yang memungkinkan untuk menjadi rumah baru umat manusia, NASA meluncurkan Curiosity Rover pada 2011. Misi utama Curiosity adalah mengeksplorasi Mars, melanjutkan legacy dari rover Opportunity dan Spirit yang diluncurkan pada 2004.

Memakan biaya hingga US$ 2.5 Milyar, rover yang diberi nama lewat kontes nasional yang dimenangkan oleh anak SD berusia 12 tahun ini meluncur pada 26 November 2011 dan sampai di titik Aeolis Palus pada 6 Agustus 2012. Tapi bukan space exploration namanya kalau tidak ada suspense.

Dikenal sebagai 7 minutes of terror, pendaratan Curiosity menjadi yang pertama disiarkan live lewat Youtube dan berbagai media. Kronologi pendaratan dramatis Curiosity adalah dengan kecepatan 14.500 km/j, apapun bisa terjadi, dan ini terjadi di fase atmosfer, saat komunikasi dengan Bumi harus dimatikan.

Suhu di heat shield yang membawa Curiosity mencapai angka 1600° C, dan melambatkan rover sampai 1000 km/j. Masalahnya adalah, atmosfer Mars terlalu tipis untuk menghentikan sesuatu yang melaju lebih cepat dari kecepatan suara.

Disinilah peran parasut muncul. Parasut supersonik terbesar ini hanya seberat 50 KG, tapi sanggup menahan beban seberat 29.480 KG dan melambatkan Curiosity sampai 322 km/j. Meski impresif, itu masih belum cukup untuk membuat US$ 2.5 Milyar hancur berantakan di permukaan Mars.

Curiosity dibawa aman ke permukaan dengan roket pendaratan yang efektif menahan beban 1 ton rover dan gravitasi Mars. Disebut sebagai Sky Crane, Curiosity diturunkan dengan kabel sepanjang 6 meter dari langit untuk mencegah debu yang diakibatkan mesin Sky Crane merusak sirkuit Curiosity.

Setelah 7 minutes of terror, sinyal dari Curiosity terdeteksi di NASA Jet Propulsion Laboratory di California. Momen ini menjadi fase awal dari misi Curiosity, dan bukti bahwa budget US$ 2.5 Milyar tidak sia-sia. 5 tahun sejak mendarat di Mars, Curiosity sudah membuat banyak pencapaian.

Dengan ukuran sebesar mobil dan alat-alat robotik canggihnya, Curiosity sudah menempuh jarak 18 km dari target awal 20 km per Februari 2018. Penemuan-penemuan Curiosity antara lain adalah menemukan bukti bahwa di masa lalu, Mars sangat mungkin memiliki kondisi untuk menopang kehidupan.

Di 2013, lewat drill yang dimiliki, Curiosity menemukan elemen-elemen penyokong kehidupan di tanah Mars. Di 2014, analisa yang dilakukan menunjukkan kemungkinan akan danau kuno di Gale Crater dan penemuan methane. Di 2015, nitroden berhasil dideteksi.

Curiosity juga menemukan aktivitas geologi dalam bentuk yang berbeda-beda, radiasi dengan kadar yang mematikan, dan bukti akan keberadaan air di Mars. Sampai detik ini, Curiosity masih rutin mengirimkan foto dari Mars, bisa dilihat disini.


Sama seperti Curiosity, proyek besar yang sangat mungkin untuk gagal, apa yang dilakukan Nogizaka LLC dan Seed & Flower lewat pengumuman audisi serentak pada pertengahan tahun ini memancing kontroversi. Mildly, karena tidak sedikit yang kelewat anarkis dengan berita ini.

Sama seperti audisi Gen 3 Nogi dulu, ada seminar terjadwal mulai April 2018 di 7 kota. Well, sebenarnya, jika tidak melihat untuk siapa audisi ini, tidak ada yang aneh. Yang menjadi pertanyaan adalah, untuk Nogi dan Keyaki, plus satu untuk Hiragana.

I mean, why did you have to make things so complicated? Katakanlah hanya untuk Nogi atau Keyaki, hal ini tidak terlalu aneh, tapi Hiragana? WTF? Apa ini deklarasi independensi mereka atau bagaimana? Dan untuk Nogi, apa ini audisi Gen 4 atau bagaimana?

Semua pertanyaan itu sama seperti saat mendengar NASA akan menghamburkan uang US$ 2.5 Milyar untuk sesuatu yang tidak pasti. Audisi Sakamichi berskala besar yang juga tidak ada keterangan lebih lanjut? Hal paling mendasar dari dua hal ini adalah; akankah mereka berhasil?

Well, NASA membuktikan bahwa saat interest untuk space exploration tidak besar lagi, Curiosity tetap berpengaruh bagi ilmu pengetahuan, lebih dari statement penganut bumi datar. Aki-P dan Sony? They’re businessmen, cash over controversy, and surely, it works. Even for purist.

Menolak audisi ini, pensiun ngidol, atau menyebarkan hate speech sama sekali tidak ada gunanya. Overseas market never worth to consider for them. Sekarang Nogi dan Keyaki adalah cash cow terbesar Aki-P, meski aku yakin masih dibawah 48G, tapi Sakamichi sedikit lebih populer di kalangan fans idol maupun mainstream.

Membuat audisi besar dengan detail yang masih belum dikatakan, menggantung fans di dompet leher, adalah salah satu cara marketing yang tidak pernah gagal. Sekarang tinggal ekspektasi. Aku sendiri, meski tidak bisa dibilang senang 100% dengan berita ini, masih tertarik untuk mengikuti.

Kenapa? Karena men-judge sesuatu yang bahkan belum dimulai adalah hal tolol. Ini bahkan bukan sesuatu yang masuk kategori ekstrimis, atau menghabiskan dana yang sebegitu besarnya seperti SSK. Sejauh info yang kudapat, ini hanyalah audisi biasa seperti sebelum-sebelumnya.

Dan meski konsepnya belum jelas, aku sendiri ragu apa ini bisa dibilang audisi untuk Gen 4 Nogi, K.2, atau H.3, alternatifnya mungkin adalah konsep mirip Draft Kaigi. Yah, lebih baik ditunggu saja. Hanya 3-4 bulan, tidak lama. Di rentang waktu itu pasti sudah ada informasi lanjutan.

Ada juga yang meramalkan mass graduate seiring berita audisi serentak ini. Dan itu konyol, karena graduation pasti terjadi dan itu bukan kiamat. Sejak Q3 2017, sudah empat member Nogi yang sudah dan akan grad dan Nogi belum terlihat akan kiamat.

Kalau untuk Keyaki, lain cerita. Spekulasi menyebar dimana-mana, tapi karena tidak ada satupun yang valid, dan daripada menyebar hoax, lebih baik menunggu saja. Bikin spekulasi boleh, asal jangan membuatnya seolah menjadi nyata. Contohnya kabar Tecchi yang akan grad hanya karena jaketnya di MSte.

Tidak ada sesuatu yang instan. Curiosity hanya berjalan sejauh 18 km selama 5 tahun, tapi di jarak yang terlihat sedikit itu, kita berutang pengetahuan yang banyak pada benda seberat 1 ton di planet Mars.

Sakamichi pun demikian, ngidol itu untuk hiburan. 6 tahun menuju 7 tahun untuk Nogi, sudah 4 tahun ini mereka menjadi idol yang kuikutin dan membawa penghiburan. Begitu juga Keyaki. Hanya karena satu langkah yang sedikit kontroversial, maka kita jadi tidak suka? Come on.

The waiting is just like 7 minutes of terrors, I guarantee. But it won’t be fruitless.

All images used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

57 Replies to “Curiosity & 7 Minutes of Terror”

  1. Kasihan amat gini aja bisa bikin meltdown. Salah niat ini pasti nawaitu ngidolnya. =))

    1. Antara salah niat atau ada pihak2 penyebar hoax soal banyaknya outrage 😀

      1. Apa bedanya, yang outrage juga nelan berita mentah2 ;D

      2. Kalau kata Deddy Corbuzier, itu karena faktor piramida 😀

  2. Anakamirikaru says: Reply

    Meski gk terlalu menolak apalgi sampe bersikap berlebihan, tpi tetep ada pertanyaan yg timbul di kpla ane, knp mesti skrng?

    Nogi masih bisa dibilang baru datengin gen-3
    Hiragana, baru datengin gen-2,
    Kanji, ya paling kanji yg masuk akal (klo boleh dipaksa) 😀

    Khusus Gen-2 Hirgna, mreka blum bnyak dpt “keuntungan n perhatian”, lebih2 ditmbah status mreka yg sbg “Hiragana”.
    Oklah audisi masih bbrp bulan kedepan + masa training, jadi masih ada waktu buat gen-2 Hrgna dpt perhatian dan keuntungan, tpi bkal jd momen yg sesaat jika nantinya fans lbih mlirik mmber baru yg datang, kan kasihan Mihokuh #loh 😀

    Jadi initnya klo ane sih gk gmn2 n masih tetep menantikan audisi ini, cuma ya itu, pertnyaan ane lbih ke soal waktunya.

    1. Pertanyaan yang sama kan, waktu H.2 masuk?
      Sama juga kan, waktu H.1 masuk?

      Situasinya juga sama kan? Perhatian? Ini Keyaki loh, terpusat di satu titik, monarki, bukan republik demokrasi 😀
      Cuma Miho doang nih? 😀

      Waktu, waktu, waktu. Entar kalau selama Gen 3 Nogi pada protes juga, kelamaan katanya.
      Manusia. 😀

      1. Anakamirikaru says:

        H2 masuk ada alasan kuat, “jika Hirgna ingin lepas atau ngejar Kanji”
        H1 masuk, “masak iya cuma Neru seorng” 😀
        Lah ini, H2 dah ada 20-an mmber, jumlah yg sama dgn kanji yg dah rilis 6 single.
        Nogi, apalagi, dah 40an mmber, Gen-1 mau grad, dah da Gen-3 yg dipersiapkan.
        Jadi momen n tujuannya ini loh yg ane belum tmukan alasan kuat hingga bisa maksa ane ngangguk2 sma nih proyek 😀

        Apalgi yoshimotozaka blum lama diumumin, jadi kyk diserbu gimmick 😀

      2. Lagian, biarpun gak ada suntikan darah baru pun, H tetep gak bakal dapet kesempatan sama kaya K. Skenario barunya bisa jadi K2 & H3(?) ini bakal jadi “lab percobaan” dengan asumsi K1 & H1-2 itu dapet double a-side atau semacamnya. Kaya KKS gitu, atau mereka cuma nambah2in kuota K&H, ya namanya itu kamvret 😀

        Ya semuanya nunggu detail sih. Keyaki gitu, apa sih yang bisa dijelasin 😀

        Entar Yoshimoto jadi rival N4, K2, H3 😀

      3. Anakamirikaru says:

        Bahasa ente ribet 😀
        Pndpt ente itu intinya sma kan kyk yg ane bilang, Hirgna paling meh dgn audisi ini dgn keadaan mreka yg msih kyk gtu, kan mubazir bnyak member tp keadaan masih jd byang2 😀
        Bisa2 ntar perbedaan peminat antra hirgana dgn nogi atau kanji bisa terlihat mencolok krn bnayk yg blum terlalu tau dgn kberadaan Hirgna.

        Pkoe klo dri ane, ane terima nih auisi dgn catatan, nerima diiringi pertanyaan, “Emngnya harus diadain tahun ini?” 😀

        Talen Yoshimoto itu rata2 umurnya msih bnyak anak muda (yaah dibwah 35 thn lah) atau dah berumur?

      4. Ribet ya? Maklum lagi berkabung.
        Nah, ayo berharap bakal turun keajaiban dari Lord (loh?) 😀

        Gak ditambahin “Save Katakana” ? 😀

        Jangan tanya ane, ane aja masing nganggep itu lelucon 😀

      5. Anakamirikaru says:

        Ane jd serasa baca buku fisika gra2 komen ente.
        Nah itu, jelasin dulu kek status Hirgna atau stidaknys sering2 UP mereka, jgn2 ntar Hirgna sepi peminat krena bnyak yg gk tau mreka atau dah tau tp justru gra2 dah tau (status mreka masih kyk gtu) jd gk milih.

        Katakana mah bisa urus dri mreka sndiri 😀

        Hahahahaha.

      6. Ketauan nilai fisikanya berapa 😀
        Eh, itu juga kalau zaman ente udah ada pelajaran fisika ya 😀

        Hanakotoba kemarin aja responnya cuma segitu, mana gak ada materi bagus, mana bisa sering2 up 😀

        Sekarang membernya Katakana udah berapa? 😀

      7. Anakamirikaru says:

        Plajaran yg sering bikin remidial, pdahal dah nyontek berjamaah tuh sesama kaum yg sadar diri sama kmampuan akan pljrn itu 😀

        Ya klo dari ane Hirgana rasanya pling kurang “diuntungkan” klo audisi ini diadain thun ini *sok tau
        Ya iyalah, jd mau merhatiin sapa lagi? kan gk mungkin ane bawa2 Manafi 😀

        Ntah gk inget ane, dah bubar jgn2 😀

      8. Bukan sadar diri itu, ngumpulin dosa bareng2, gagal pula 😀

        Ente tanya ini minta dibully (?) atau gimana? Mancing dibully kok terus 😀

        Bukannya ada member baru tuh, yang di Keyakake 😀

      9. Anakamirikaru says:

        Dah buat dosa, gagal, eh pas bimbingan trs ditnya “jadi mau ambil jurusan apa?” tetep aja ngotot n pede, “IPA Bu!” 😀

        Tergantung sudut pndang anda dlm menyikapinya 😀

        Sapa? ane blum ada nnton Keyakake lagi 😀
        Yg minggu kmarin aja blum nnton 😀

      10. Antara lugu, positif, sama b***n beda dikit ya? 😀

        Berarti, ente minta dibully 😀

        Itu yang pemain kabuki.
        Ente ngapain coba, nogifes gak main, acara gak nonton, nyari link PB kah? 😀

      11. Anakamirikaru says:

        Nekat lebih tepatnya 😀

        Brrti ente tukang bully, ya kan? 😀

        Ya kan gk cuma acra 46 yg ane sedot, terlebih kmarin2 bnyak acara yg durasinya sejaman kyk gaku tabi, blum lagi Ikuchan n Miona kmarin2 bnyak ngisi acra, nnton asahinagu dll 😀

      12. Itu mah bisanya ente aja 😀

        Loh, tukang kompor kok dikatain tukang bully 😀

        Asahinagu ane belum nonton sih, belum ada sub 😀

      13. Anakamirikaru says:

        Itumah bisa2nya ente aja gk mau percaya 😀

        Ente kan double jbtan, tukang bully n kompor 😀

        Loh, bukannya ente kmarin ada nge-retweet fansub yg udah rilis sub indo asahinagu?

      14. Emang kalau percaya kan dosa 😀

        Bolehlah ane ngelamar posisi Yoshio Konno + member Katakana 😀

        Hardsub kan, yakali ane download dua kali 😀

      15. Anakamirikaru says:

        Hadeehhh

        Jgn, ntar gra2 ente suram dunia ngidol ane 😀

        Oh dah punya RAW nya, ya tk palah, ane ja download 2x sambil nunggu yg versi beam, maklumlah, kuota melimpah 😀

      16. Loh, justru bakal memberi kebahagiaan 😀

        Pret 😀
        Padahal pernah ngerasain 17 MB buat 3 hari aja gaya banget 😀

      17. Anakamirikaru says:

        KePeDe-an 😀

        Emngnya ane si MasMomo, 17 MB maksa buat 3 hari 😀

      18. Bakal umbar loveline 😀

        Loh iya kah? Bukannya ente? 😀

      19. Anakamirikaru says:

        Hadeh…

        Hadeh… (2)
        Mana mungkin ane yg kaya kuota maksa 17mb buat 3 hari TT

      20. Kuota punya warnet aja diaku2in 😀

      21. Anakamirikaru says:

        Dih, selepe, dah jrng ke warnet ane, sampe2 sekalinya kewarnet, pnjaga warnetnya bilang kangen 😀

      22. Kangen soalnya utang ente belum dibayar kali 😀

      23. Anakamirikaru says:

        He..elll..loooohh..!!!

      24. Ya, kenapa? Ente lagi nyobain telepon koin? 😀

      25. Anakamirikaru says:

        Mlah bcrain teknologi komunikasi waktu ente masih remaja pla 😀

      26. Lah ente yang pake hello hello segala 😀

      27. Anakamirikaru says:

        Emng hello identik dgn telpon koin?

      28. Kok tanya ane, itu kan generasi ente 😀

      29. Anakamirikaru says:

        Hhhhhhhh

  3. Ane nyantai aja deh, kayak maen nogifes. Nyimak, nikmati dan delusi. 😀

    1. Setdah, nulis panjang2 soalnya banyak yang minta, ada komen macem ini pula 😀

    2. Setelah detoks kemaren, ane mendapat pencerahan soal ngidol. 😀
      Ngidol itu ibarat sempak. Kalo masih enak, ya dipake, kalo udah gatel di selangkangan, ya dicuci dulu dan ganti yg baru. Artinya, nyante aja. Tambah lagi, ini ntar belum tahu audisinya kayak gimana, kan? Jadi nunggu ntar aja kalo mau analisa mendalam… tapi males juga nganalisa. Enakan nikmati dan delusi aja. 😀

      1. Kalau buat ane, malah kaya tempe.
        Ada yang doyan yang baru jadi, ada yang doyan bongkrek. Ada juga yang aneh, udah tau bongkrek masih aja diolah kaya tempe baru.

        Jadi, intinya, banyak yang bukannya gak tahu diri, cuma “itunya” masih cetek. 😀

    3. Yg jelas, nikmati aja deh kalo ngidol. 😀
      Btw, yg acara variety barunya Nogi yg tayang bulan April itu, apa mungkin ada hubungannya dengan audisi ini? Atau, acara baru, penggantinya Nogibingo?

      1. Oh iya ada ya. Mungkin aja, tapi bukannya yang april itu 46H? Eh, iya gak sih?

        Nogibingo emang pasti dicancel?

  4. Hatake Kakashi says: Reply

    cuma penasaran sama member Kanji gen-2 nanti..lebih ke penasaran ke senbatsu kl dah ada gen-2 nya

    Sakamichi jgn bnyk2 member lah,maksimalkan aja yg ada skrg pdhl mh,dan kl bnyk kn susah ngapalin’y

    1. Atau cari “korban baru”? 😀

      Ciah, malah gak suka member baru karena masalah umur 😀

      1. Hatake Kakashi says:

        gak bisa pake emot dr keyboard ya? 😀

        cari istri dan dedek baru mungkin mksd mimin tu 😀

        bkn umur,tp kepala saya dah bnyk diisi bidadari2 😀
        lagian buat apa coba min nambah member lagi,pdhl yg skrg aja saya rasa dah cukup..kecuali K,memang dirasa perlu kl sama H bnr2 tak bisa disatukan 😀
        saya gak pngn kyk IG senior’y,bnyk member tp bnyk yg layu ditengah jalan 🙂

      2. Keyboard ente model apaan sih? 😀

        Ane sih liatnya pekerja rodi 😀

        Mungkin ane harus nambahin kalimat terakhir di artikel; nunggu mereka pasti masuk Sakamichi, sama nunggu kejelasan nasib mereka, bakal kaya 7 minutes of terror. 😀

  5. Atau ini audisi SG baru? Yang ada kata zakanya di jepang apa lagi? Atau ntar groupnya namanya sakamichi? Atau ini sebenarnya cuma akal-akal management untuk menutupi soal sedikitnya screentime risa di single keyaki? 😀

    Ane sih excited nunggu K2. Gimana reaksi anak-anak H ya saat tau harusnya mereka gak usah nemenin neru yang ternyata ninggalin mereka 😀 Dan anak-anak K1 yang bakal digeser posisinya sama member baru. Kan dulu member kayak Fuu, Nijika, Yone dan Oda pasti senbatsu. Apakah sekarang akan sama setelah K2 masuk?

    Mari kita lihat dulu kejelasan soal audisi ini

    1. Gak ada pengumuman soal SG baru, Yoshimoto aja belum jelas.

      Itu juga kalau K2 langsung dapet kesempatan kan, yang mana ane rasa mustahil untuk satu tahun pertama buat mereka nyicip posisi K1.

    2. Melihat dari blog Yui yang bilang kalau K bakal ada audisi member baru, kayaknya ini emang audisi member baru… 😀

      Emang Yoshimoto itu beneran? Ane kira kita semua mimpi berjamaah 😀

      Siapa tau managament K mau tampil beda lagi, semua senbatsu diganti jadi K2 😀 Langsung perang dunia ini keyarmy1 dengan keyarmy2.

      Ane jadi mikir kayaknya keyaki itu kayak korea. Ada kanji sama hirgana, ada selatan sama utara. Mereka dekat, tapi jauh. Mereka sama, tapi gak mirip. Yang satu tertutup, satu lagi lebih terbuka. Jangan-jangan penciptaan kanji sama hiragana itu karena adanya konspirasi dengan korea?

      Sorry ane ngebacot gak jelas. Maklum anak muda lagi masa puber 😀

      1. Belum 100%, tapi gambaran ada.

        Mungkin itu Mugen Tsukuyomi dari Aki-P 😀

        Keyaki Republic berubah jadi Democratic People Republic of Keyaki 😀

        Dan kemudian, Kanji debut di depan Kim Jong Number Un, Hiragana debut bareng Honey Popcorn 😀

    3. Semoga member barunya pada ceria-ceria sampai akhir 🙂 Bisa aja sih ntr malah yang ngikut audisi pada pakai tindik dan rambutnya dicat warna-warni 😀

      Berasa bukan manusia Aki-p 😀

      Main ganti nama, yang ada K2 beserta Keyarmy2 dideportasi 😀

      Makin emo dong Kim jong un ntar 😀 Btw katanya Honey popcorn itu dibuatin petisi biar gak bisa tampil di korea selatan. Jahat ya kedengerannya…

      1. Udah ada yang modelnya kaya gitu kan. Mona 😀

        Lah emang bukan? 😀

        Atau People Republic of Keyaki? 😀

        Langsung tuh patung Almighty Tecchi dipasang di Pyongyang 😀

    4. Mona kurang gereget. Masih keliatan muka anak baiknya 😀

      Oh iya Aki-p udah kayak dewa, apa-apa yang kejadian pasti dia yang salah 😀

      South Keyaki-North Keyaki aja udah 😀

      Kim jong un langsung teriak, “Boku wa yada” 😀

      1. Mona itu ngeselin 😀

        Udah kaya dewan perwakilan sebuah negara dia, apa aja salah gak ada yang bener 😀

        Lah Neru keliru dong, enak2 di selatan malah pindah negara 😀

        Bawanya bukan lightstick tapi uranium rod 😀

    5. Tapi belum pakai tindik di hidung sama lidah, masih belum lah 😀

      Negara mana tuh? 😀 Jangan dijawab, ane cuma mancing aja 😀 😀 😀

      Lebih berkuasa yang North, makanya Neru pindah 😀

      Armynya gak teriak “Oi oi oi” tapi “Bakar bakar bakar” 😀

      1. Tinggal tunggu waktu aja kalau itu 😀

        Yang baru kebakaran kemarin tuh, sayang gedungnya doang 😀

        Tapi tetep dibawah Tecchi Number Un 😀

        Kalau yang bakar2an itu bukannya bekas pasukan wiro sableng? 😀

    6. Kalau Mona sampe tindik hidung, Tecchi gimana? 😀

      Kan sebenarnya sengaja itu min biar dapat gedung baru 😀

      Oh jelas gak ada yang bisa ngalahin kalau dia mah 😀

      Duh ane anak milenium gak kenal wiro sableng siapa 😀 😀 😀

      1. Tatoan kali 😀

        Kenapa gak sekalian orangnya ganti baru 😀

        Ada aneh2 langsung dinuklir 😀

        Millenium keberapa? 😀

Leave a Reply