Loading

wait a moment

Not-so-sweet story of Honey Popcorn

Baru-baru ini terdengar kabar jika seorang aktris akan membuat debutnya di Korea Selatan sebagai idol. Terdengar biasa saja? Well, memang, tapi tunggu dulu. Actress turned idol bukan sesuatu yang umum ditemui, biasanya adalah sebaliknya.

Lebih lagi, idol satu ini adalah nihonjin. Bahkan untuk ukuran girl group selevel TWICE sekalipun, member asal Jepang masih belum begitu terkenal. Nah, ini malah sebuah idol group dengan 3 member yang semuanya nihonjin akan debut di KPop scene.

Nama grupnya, Honey Popcorn. Well, sampai disini, terkesan tidak ada yang aneh meskipun skenarionya tidak biasa. Disini, bagian mengejutkannya masuk. Kurasa semua orang tahu -jika tidak, mungkin hidup seperti Patrick- atau setidaknya pernah mendengar nama Mikami Yua.

To the point saja, dia adalah mantan member SKE48 yang grad karena skandal, back in….about 6-7 years ago? Dan pilihan karirnya setelah grad adalah menjadi aktris, tapi bukan sembarang aktris, melainkan AV actress. Bukan yang pertama, tapi terjun ke dunia AV masih dianggap tabu bagi idol sekelas 48G.

Cukup aneh, karena ada juga Ebisu Muscats yang notabene idol sekaligus AV actress, dan popularitas mereka cukup tinggi. Tapi yah, image masih harus dijaga mungkin. Well, sebagai aktris film dewasa, nama Mikami Yua adalah salah satu yang paling populer beberapa tahun belakangan. Dia juga member dari Ebisu Muscats.

. 👧🏻💗💗 . #twintail

A post shared by 三上悠亜 (@yua_mikami) on

Di bawah salah satu agensi film AV terbesar, Yua terbilang reguler merilis film-film hampir setiap bulannya. Kenapa aku tahu? Google. Dan aku sendiri bukan fans berat Yua untuk urusan film AV, juga bukan regular visitor untuk situs-situs dodgy semacam itu, just occasionally. 

Nah, dengan reputasi seperti itu, keputusan Yua untuk masuk ke dunia KPop yang jauh lebih konservatif ketimbang Jepang -FYI, MV dengan bikini saja akan membuat lagu itu dicekal oleh stasiun TV besar di Korsel- terdengar sedikit maksa. Eventhough she’s a well known KPop fans.

Ya, di channel Youtube, Yua cukup sering mengunggah cover dari girl group KPop. Dan aku harus bilang, she’s still have the touch. Meski tentu, levelnya masih sangat jauh dibandingkan grup-grup top flight di KPop. Dua member lain dalam Honey Popcorn juga masih AV actress.

Member kedua adalah Miko a.k.a ex-NMB48 Okada Risako, dan Sakura a.k.a Ito Yuu dari Bakusute Sotokanda Icchome. Yes, both of them are actress, tapi aku tidak tahu rekam jejak mereka. Bagiku yang paling beresiko dan menarik adalah dari konsep.

Dari teaser, terlihat bahwa konsep yang diusung Honey Popcorn adalah cute, dan di sisi lain sexy. Bukan hal aneh, karena beberapa grup KPop juga membawa konsep ini, tapi Honey Popcorn adalah yang paling polarized. Di sisi cute, yah sudah umum dari seperti yang kita lihat.

Dari segi sexy, sangat sangat sedikit grup seperti ini di KPop. Bukan tidak ada, tapi kebanyakan adalah grup kelas bawah yang seringkali dipandang sebelah mata karena dianggap tidak menjual kemampuan yang menjadi salah satu faktor paling penting di KPop.

Bikini untuk teaser? Beberapa grup pernah merilis teaser dalam lingerie atau tight, tapi langsung ke bikini? Aku tidak ingat ada yang pernah. Konsep seperti ini sejujurnya menarik, karena aku sendiri pun ingin tahu bagaimana reaksi K-netizen asli, dan K-netizen abal-abal yang sumbu pendek.

All The Members Of This New K-Pop Girl Group Are Actually Pornstars

Well, dari yang abal-abal, sudah banyak yang mem-bash Honey Popcorn hanya setelah mereka tahu latar belakang member. Seperti ada mindset kalau AV idol=two thumbs down. Padahal aku berani mempertaruhkan leherku, banyak dari mereka yang juga menikmati AV.

Sementara sejauh yang aku tahu, reaksi dari K-netizen asli tidak begitu besar. Beberapa tertarik, beberapa memalingkan muka. Reaksi yang masih wajar. Seperti biasa, semuanya menunggu debut, karena tidak jarang juga ada act yang menghilang dari panggung hiburan tepat setelah debut.


Kalau ditanya pendapatku tentang Honey Popcorn. Well, katakan saja, tidak ada ekspektasi yang besar untuk grup ini. Terlalu banyak grup untuk diikuti membuatku tidak bisa benar-benar memperhatikan debut mereka. Yah, begitu MV-nya rilis, mungkin itu cukup untuk dijadikan pandangan.

Karena dari dasarnya background Honey Popcorn sudah kontroversial, susah bagiku untuk membayangkan mereka akan mendapat spotlight. Oke, tidak usah muluk-muluk, mendapat undangan untuk talkshow saja sudah sangat bagus. Kalau untuk urusan fans sih, sudah pasti ada.

Susah untuk melihat kalau Honey Popcorn akan berkelanjutan dan bukan sekedar one shot unit, persaingan yang kompetitif akan menjadi ganjalan besar. Skill, language barrier, culture, everything counts. Semua penghalang yang rasanya masih terlalu tinggi.

Aku sendiri tidak mempermasalahkan AV actress bisa debut sebagai idol (lagi). Mencampuradukkan dua hal berbeda bukan opsi bagus, kalau melihat mereka sebagai aktris, ya jangan lihat sebagai Honey Popcorn. Begitu juga sebaliknya. Dan lebih jauh, ini adalah tamparan.

Tamparan bagi mereka utopis idol. Biasanya yang begini ini adalah yang mem-bash atas dasar AV blablabla. Maklum saja, image akan idol yang pure, bisa dijadikan contoh amblas seketika. Bagi yang lebih real, ya biasa saja menanggapinya.

Jadi, bagaimana, tertarik untuk melihat lebih lanjut perkembangan Honey Popcorn?


Sebagai penutup, kenapa aku malah menulis artikel ini alih-alih merilis review untuk dua MV terbaru Keyaki; Bathroom Travel dan Mou Mori He Kaerou Ka? adalah karena topik ini jauh lebih menarik untuk dibahas. Selain karena aku masih belum bisa move on dari Totoga 3 di KPop.

Sakamichi Review untuk Bathroom Travel sudah 90%, tapi karena sepertinya minat untuk SR sedikit berkurang belakangan ini, apalagi yang menyangkut Keyaki, aku sendiri pun jadi ikutan malas untuk memberi finishing touch pada Sakamichi Review. Well, sebelum akhir pekan kuharap bisa rilis.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

37 thoughts on “Not-so-sweet story of Honey Popcorn

      1. Ane vote tidak. Ane Twice aja. 🙂
        Btw, ane kemaren mimpi bareng Sana. Lucunya bhs jepang ane lancar banget pas ngobrol sama dia. 😀

  1. Ane sih juga gak yakin mereka bisa bertahan di korea. Orang korea aja banyak yang gagal, apalagi ini kita ngomongin yang dari jepang. Cuma kadang yang diremehin di awal, bisa aja jadi besar. Contoh Nogi 😀 Tapi orang korea emang susah kayaknya diubah mindsetnya.

    Apapun itu keep support Dedek Tzuyu dan kawan-kawan 🙂 (Ane gak jadi pindah ke lain hati)

      1. Tapi kayaknya ane pribadi gak bakal dengerin 😀

        Duh jangan ingatkan ane soal gimana mirisnya melihat nasib Dedek-dedek Blackpink. Apalagi saat melihat Dek Poni Jisoo yang cantiknya makin membuat ane bawaanya khilaf mulu 😀 Lama-lama ane suruh pindah agensi aja mereka 😀

        Btw mimin suka BTS atau boyband korea?

    1. Bosen aja kalau lagi-lagi gula. Micin kek sekali-kali 😀

      Ya ampun doanya sangat ter-la-lu…

      Kayaknya ane belum liat…

  2. Susah sih kalo mau sukses debut karena iklimnya disana you know lah. Feeling ane bakal jadi satu dari sekian banyak nugu jadi ya gak bakal tahan lama sih

    Totoga 2 aja ane belum nonton udah ada aja yg ketiga. Mudahan bisa debut lagi macam sechkies biar makin banyak legend grup bermunculan 😀

    1. Kaya yang ane bilang, jangan mengharap respon mainstream, underground aja dulu 😀

      Ane sih tentu berharap H.O.T. bisa jalan lagi, tapi di sisi lain, masih pengen legacy mereka gak dinodai sama kasus flop jikalau debut lagi.
      Karena H.O.T. udah, target selanjutnya kalau ada Totoga 4 ya jelas siapa, cuma udah bukan mission impossible lagi kalau itu 😀

      1. Ya kalo lagunya asik buat karaokean bakal ane nikmatin sih 😀

        Kasus flop? Menurut ane sih tetep sukses kok gan kalo emang debut lagi ya walaupun gak kayak dulu. Totoga 4 yg bakal ngisi siapa gan? Ane pengennya sih dbsk #impossible 😀

      2. Kalau ane liatnya sih bakal yang kawai2 ngeselin gitu sih 😀

        Ya liat sikon sekarang, selera berubah, yang lama dianggap fosil. Itu udah pasti. Grup2 old yang debut lagi semuanya cuma hype pas comeback pertama, habis itu ya gak kedengaran lagi kan.
        Belum lah Totoga 4, paling dua tahun lagi. Dekade udah ganti, dan yah, TVfXQ jelas masuk hitungan, kalau dimungkinkan 😀

    2. Belum resmi debut udah nyinyir aja gan 😀

      Karena target pasar kpop mulai berubah jadi ya dari musik udah sulit memang kalo mau ngikut jaman keemasannya kayak dulu. Analisa sotoy ane sih ini wkwk. Ya cuma ane yakin sih fans setianya masih banyak dan udah mulai berumur #ehem 😀
      Moga aja kejadian sebelum ane hijrah nanti. Ane kangen lagu2 mereka yg bisa buat ane menggelinjang geli tapi asique 😀

      1. Karena ane jarang bisa masuk musik2 yang kya gitu 😀

        Sekarang semuanya karena visual, kemasan. Ya dari dulu juga gitu, tapi sekarang, musik yang mayoritas gitu2 aja -ane dengerin ya dikit yang memorable sih- sekarang cuma faktor timing comeback aja yang bisa bikin grup jadi populer kayanya.

        Mau hijrah kemana? 😀

      2. Twice gak termasuk gan? 😀

        Yg didengerin ya udh pasti grup favorit. Mau sejelek apapun pasti kuping kepaksa nrimo wkwk. Duh mana banyak yg bikin acara survival show sejenis yg bikin ane gagal paham (the unit)

        Ya karena usia makin uzur harus banyakin ibadah dan delusi mulai ditinggalkan gan. Ini sih mustahil 😀

      3. Karena yang nulis lagu JYP, yang biar cringey kaya gimana juga, racun lagu2nya 😀

        Cuma bisa bertahan sebentar juga kalau yang begitu. Grup2 banyak yang tumbang belakangan ini kan, termasuk karena the Unit (padahal disitu ada NC.A, tapi ane cuma bisa ngelus dada)

        Asal gak hijrah ke yang anarkis2 aja lah 😀

  3. Fyuh, gambar2nya 😀

    Nih idol bakal dibawah label apa? Klo labelnya OK, mungkin bisa sedikit menjanjikan.
    Klo urusan ane bakal ngikutin nih grup atau enggak, ntahlah, KPop sampai saat ini tak bershabat sma ane meski dah dicekokin bahkan dikomporin mulu, liat lagu debut dulu ja, mana tau Kpop rasa nihonjin ini berbeda, mungkin bisa mematahkan kutukan Kpop buat ane 😀

    BTW, di Kpop sndiri, ada gk group yg modelnya kyk Ebisu gtu? Maksunya sosok2 yg nyemplung di dunia hitam tp bisa diterima juga saat mreka bekerja di dunia putih *apaan-sih bhasanya 😀

    1. Kenapa? Pengen? 😀

      Label ane kurang tahu, sejauh yang ane liat belum ada keterangan resmi.
      Dicekokin bahkan dikomporin tapi masih gak bersahabat? Bah, habis manis sepah dibuang ente 😀

      Gak ada lah, kan udah ane bilang juga, disono jauh lebih konservatif. Ada lho grup yang pake konsep oversexy baru debut udah langsung dibubarin.

      1. Idih, apaansih 😀

        Waduh, pdahal dah mau debut.
        Itu bisa2nya ente aja maksaian tuh pepatah ke ane 😀

        Oh, brrti termasuk sakti juga lah ya mreka bertiga, dari dunia bgtuan bisa mermbah atau setidaknya nyentuh pintu masuk dunia hiburan sana 😀

      2. Sok imut 😀

        Oh, niat ngikutin nih 😀
        Ah, itu bisa2nya aja ente yang gak gentleman 😀

        Mayoritas orang Korea gak kenal mereka sama sekali sebelum grup ini diumumin debut, paling cuma segelintir. Nah, karena jadi yang pertama, wajar bisa masuk lebih gampang. Konsep yang baru, plus ada kedekatan sama Produce 48.

      3. Dari pd stu sok muda 😀

        Lah, ane kan cuma pnasaran sama Labelnya, urusan ikutin gk ikutin kan dah ane jelasin 😀

        Iya ya ya, pngumuman mreka debut seiring produce48 ya, ditunggulah ulasna debut mreka nanti, ane pnsaran gmn debutnya, jg pnasaran apakah mreka bisa menghentikan kutukan ane gk bershabat sma dunia Kpop 😀

      4. Gak kebalik? 😀

        Ya udah entar kalau MV udah rilis, jangan ngiler berlebih 😀

        Kalau tertarik sama mereka, kutukan (yang aslinya udah berhenti kali, cuma ente aja yang gengsi) udah berhenti, jangan2 ente mau cari film2nya? 😀

      5. Lempar tua sembunyi umur ente 😀

        Klo soal iler, tergantung, bisa dikondisikan lah 😀

        Emngnya ane bpak srigla dunia, gmpang terpancing n udah terpancing 😀
        Nyari filmnya? Hmmmm, kasih tau gk ya 😀

  4. AV actress jadi idol? Sounds cringe but dicoba tunggu saja, semoga worth to wait

    Agensinya apaan yak? Bahaya ini saingan japan line (mina, momo, sana) kesayangan hehe. Gada Twice prediction kah? Comeback april loh *kompor*

    1. Ini dari musiknya doang kan ya 😀

      Agensi belum tahu. Kalau prediksi TWICE, apanya yang mau diramal coba?
      Review buat MV terakhir mereka aja belum kelar gegara Keyaki.

      1. Iyaa lah, yakali MV nya juga kan bahaya hehe

        Kali aja mau predict, bukan predict sih, harapan buat lagu n MV twice kedepannya? Emang dasar ye keya *ups* tar kena trigger ini fans fanatik keya, becanda doang bang ampun wkw

      2. MVnya aja belum keluar 😀

        Harapan khusus gak ada, karena ane udah biasa sama unsur surprise dari grup2 KPop, jadi ya ditunggu aja.
        Fans fanatik Keyaki? Siapa? Ane? 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
%d bloggers like this:
Skip to toolbar