Hiragana Hanakotoba

Setelah official profile untuk single keenam Keyaki; Glass wo Ware dirilis, satu hal yang menarik perhatianku adalah PP untuk Hiragana Keyaki. Apalagi kalau bukan karena mereka memakai semacam badge dalam bentuk bunga. Kenapa menjadi menarik?

Karena bunga yang digunakan berbeda-beda. Dan dalam bahasa bunga, menarik untuk melihat apa saja karakter dari bunga yang dipakai oleh member, dan apakah kepribadian mereka sama dengan bunga yang dipakai. Dengan kata lain, Hanakotoba, atau bahasa bunga.

Well, aku bukan florist yang bersertifikat tentu, dan aku melihat jenis bunganya hanya dari gambar, jadi mungkin saja ada kesalahan dalam penglihatanku, dan juga dalam penafsiran bahasa bunganya. Dan sekali lagi, artikel ini cuma kubuat sebagai trivia dan just for fun.


Blue Rose

Tidak ada secara alami, blue rose umumnya dibuat dengan rekayasa genetik. Baru pada 2004 blue rose muncul ke dunia nyata, meski secara literatur sudah ada sejak abad 12 di Timur Tengah. Karena sifatnya yang tidak alami, maka blue rose seringkali dianggap magis.

Di beberapa kebudayaan, blue rose dikaitkan dengan royalti, misteri, sesuatu yang dianggap mustahil, dan ada juga yang mengatakan siapa yang memiliki blue rose, maka keingingannya akan terwujud.


Chrysantemum

Sejujurnya, aku tidak bisa menentukan apakah bunga yang dipakai Sarina itu memang chrysantemum atau tidak. Karena setahuku, dan berkat bantuan Google, tidak ada chrysantemum biru. Well, jadi anggap saja ini memang chrysantemum karena aku tidak tahu bunga apalagi yang mirip.

Arti chrysantemum berbeda-beda, ada yang berarti imperial, dalam hal ini Jepang, chrysantemum thronejuga bisa berarti kebenaran dan juga kematian.


Carnation

Satu-satunya dengan carnation, simbol untuk kebanggaan dan kecantikan. Blue carnation sama seperti blue rose, dalam artian mereka tidak ada secara alami. Secara umum, carnation disimbolkan untuk cinta kepada ibu, sering diberikan pada saat hari ibu.

Blue carnation baru dikenal pada medio 1970 dengan nama moondust, dibuat dengan mencampurkan pewarna saat tunas muncul. Di beberapa kebudayaan, blue carnation adalah bunga yang populer saat pernikahan, karena bahasa bunga carnation itu sendiri dan warna biru yang adalah warna kebenaran.


Peony

Melambangkan keberanian. Peony yang dikenal dengan nama Botan di Jepang ini termasuk salah satu bunga yang banyak dipakai dalam pengobatan medis. Di China kuno, bunga ini disebut sebagai raja dari segala bunga, sampai sekarang festival Peony masih digelar di Luoyang.

Meski aku tidak yakin ada Peony dengan gradasi warna sedrastis seperti yang digunakan oleh Hina.


Hydrangea

Bahasa bunga untuk Hydrangea adalah kebanggaan. Berbeda dengan bunga berwarna biru yang lain, Hydrangea secara alami ada yang berwarna biru. Satu spesies hydrangea biasa dijadikan teh yang berguna untuk menenangkan pikiran.

Sementara untuk bahasa bunganya, bunga yang juga dikenal dengan nama Ajisai ini adalah kebanggaan. Tapi bisa juga diartikan sebagai permintaan maaf atau rasa terima kasih.


White Rose

White rose atau Shiroibara memiliki arti sebagai innocence dan dedikasi, loyalti. Bunga yang cocok untuk Hiyori dari pandangan pribadiku. Well, sedikit susah untuk mengatakan warnanya adalah putih alih-alih pink, tapi setelah pink rose, warna bunga yang dipakai Hiyori lebih pudar, jadi aman untuk bilang warnanya putih.


Yellow Rose

Sedikit aneh jika dilihat dari bahasa bunganya, karena menurut berbagai sumber, yellow rose atau kiroibara ini adalah inkarnasi dari kecemburuan. Jealousy. Karena aku sendiri tidak melihat indikasi akan kecemburuan dari dua member ini. Entahlah.

Dan aku cukup yakin kalau ini adalah rose dan bukan bunga lain. Well, mungkin hanya digunakan untuk variasi warna?


Camelia

Camelia Japonica yang akan lebih familiar dengan nama Tsubaki ini melambangkan cinta. Meski aku tidak yakin apa ada Tsubaki berwarna kebiruan seperti badge yang dipakai Mao, atau apakah bunga yang dipakainya memang benar Tsubaki.


Pink Rose

Roses menjadi bunga yang populer. Setelah blue, white, & yellow kali ini giliran pink rose. Dari sejarahnya, bunga yang populer di hari valentine ini adalah bunga yang ada di dalam buku sejarah sejak ribuan tahun lalu. Dari Imperial China sampai era Victorian.

Cukup berbeda dari bunga lain, pink rose memiliki arti universal dari ungkapan terima kasih, percintaan, awal yang baru, dan lainnya. Di Jepang, secara spesifik bahasa bunga dari pink rose adalah kepercayaan, kebahagiaan, dan kepercayaan diri.


Calla Lily

Calla Lily dikenal sebagai salah satu genus beracun dari Lily. Bernama ilmiah Zantedeschia aethiopica, Calla Lily memiliki asal-usul dari mitologi Yunani dan Romawi. Sekarang ini sering digunakan sebagai buket bunga saat pernikahan atau upacara kematian karena menyimbolkan kesucian.

Nah, diatas sudah kusinggung soal racun, Calla Lily mengakibatkan diare, sakit perut, terbakar, kerongkongan yang membengkak apabila dimakan mentah. Keunggulan Calla Lily antara lain mereka tidak perlu diurus secara berlebihan agar bisa tumbuh.


Tulip

I’m not even sure it was Tulip. Karena bunga yang dipakai Ramen ini masih kuncup, dan bentuk batangnya termasuk dalam banyak bunga. Pada akhirnya, Tulip menjadi pilihan paling masuk bagiku. Well, karena Tulip sudah lebih dulu terkenal di Nogi, jadi rasanya aneh juga.

Bahasa bunga untuk Tulip adalah permohonan maaf, seperti umumnya bunga yang berwarna putih. Sedikit aneh, tapi mungkin juga aku yang salah mengartikan. Well, mungkin juga ini adalah Yuri…


Ume

Satu-satunya yang memakai bunga berwarna hitam, cukup sulit untuk menentukan bunga apa yang dipakai Memi. Aku condong pada Hellebore tapi ada sedikit perbedaan, sementara untuk Ume juga demikian, tapi dari bentuk mahkota, Ume menjadi pilihan utama.

Yah, tidak ada Ume berwarna hitam, tentu. Yang menarik, mungkin hanya Memi satu-satunya yang memakai bunga dari pohon buah, bukan bunga biasa.


Sweet Pea

Konoka mengenakan jenis bunga yang membuatku migrain, karena aku sama sekali tidak menemukan referensi bunga jenis apa ini. Jadi, aku membuat konklusi kalau ini adalah Sweet Pea yang sedikit oversized. Well, karena untuk ini aku sekali buntu, bagian selanjutnya tidak bisa jadi patokan.

Bahasa bunga untuk Sweet Pea adalah perpisahan, meski hanya untuk aksesori jadinya malah aneh. Dan aku tidak tahu apa tiap member mendapat atau memilih sendiri bunga yang mereka pakai.


Water Lily

Ini dia yang paling sulit, karena bunganya tidak terlihat jelas. Yang bisa kudapat hanya berwarna biru dengan batang yang banyak. Biasanya bunga seperti ini adalah bunga yang hidup di air, jadi konklusinya jatuh ke water lily atau Lotus.

Yang menjadi pertanyaan adalah petal yang bentuknya sedikit aneh. Malah lebih mirip water hyacinth, hanya akarnya berbeda. Jadi kemungkinan ini adalah water lily.


Nah, itu dia pendapatku tentang jenis-jenis bunga yang ada di seifuku terbaru Hiragana Keyaki untuk 6th single. Seperti yang kubilang diatas, aku sendiri bukan ahli tentang bunga. Yah, katakan saja, aku lebih baik ditanya tentang space daripada flowers.

Hanya saja, kenapa Hiragana memakai bunga ini menjadi menarik bagiku. Membedakan diri dari Kanji, hanya sekedar itu atau ada maksud lain? Yang pasti, kalau saja aku benar-benar tahu bunga apa saja yang mereka pakai, maka Hiragana Hanakotoba ini akan lebih valid.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

macorionid-com