Sakamichi Review : Marika New Release

Yep, judulnya tidak salah. Kali ini, Sakamichi Review untuk dua MV terbaru Ito Marika. Bebitan merilis dua single setelah PB-nya, Etranger rilis kemarin. Dua lagu yang dirilis adalah Hajimarika dan Toy, yang anehnya, masih dirilis lewat channel Youtube resmi Nogizaka.

Aku tidak begitu paham apakah Bebitan masih ada di naungan SME atau tidak, tapi jika melihat Etranger yang masih membawa Aki-P dan Yoshio Konno sebagai direktur dan dua MV yang dirilis dibawah nama Nogi, sepertinya memang demikian.

Atau mungkin juga Bebitan memiliki posisi seperti Yukirin, punya satu manajemen yang dikhususkan untuknya, dalam hal ini masih terikat dengan SME. Nah, aku tidak ingin terlalu memikirkan tentang agensi Bebitan saat ini, terlebih karena adanya berita Yoshimotozaka46.

Entah aku ingin menulis tentang Yoshimotozaka46 atau tidak, karena banyak yang belum kurilis, termasuk seri artikel baru dan juga, persiapan untuk Produce 48. Selain itu masih ada penyita waktu terbanyak untuk menghalangi produktifitas; Nogifes. Jadi yah, lihat saja nanti.

Langsung saja, ini dia Sakamichi Review untuk dua lagu baru Bebitan; Hajimarika dan Toy.


Hajimarika

Dilihat dari perilisan, Hajimarika adalah lagu pertama Bebitan sejak grad dari Nogi. Lagu ini membawa feel khas dari kojin PV Bebitan, seperti Sebu no Teen, Marika 17, dan Marikatto, well, kalau sudah pernah menontonnya, kalian tahu maksudnya.

“Lagu” di MV ini dinarasikan, mulai dari awal cerita Nogizaka dan seterusnya sampai akhir. Well, untuk urusan vokal, lebih baik jangan dibahas, karena sejak awal Bebitan bukan member yang ditujukan untuk vokal. Yah, standar dari standar, tapi kan memang bukan itu kelebihannya.

Yang paling menarik dari Hajimarika, seperti kojin PV sebelum-sebelumnya, adalah kreativitas dalam pengambilan gambarnya. Menggunakan teknik yang sama dengan Sebu no Teen, yaitu continuous shoot tapi dalam skala yang lebih besar.

Sebu no Teen hanya di lorong sekolah, Hajimarika mengambil jalan yang panjang; dari gedung kompleks apartemen, jalan besar, turun ke underpass, memasuki sebuah gedung, dan berakhir di (sepertinya) sebuah acara fanmeeting. Jalannya terasa lebih panjang dari durasi 5-6 menit yang dipakai.

Tidak ada keraguan tentang julukan Bebitan sebagai salah satu member paling kreatif yang pernah Nogi punya. Well, mungkin juga itu alasan kedua setelah popularitas kenapa SME dan Aki-P terkesan tidak mau melepas Bebitan begitu saja.


Toy

“Lagu” kedua yang dirilis di hari yang sama, 21 Februari 2018. It was so much darker than Hajimarika. Dari opening scene-nya saja sudah berbau 19+, karena mudah untuk disalahpahami sebagai adegan ecchi. Corvette, gas station, rain, and night, berapa banyak film dengan adegan serupa?

Daripada adegan ecchi, aku melihatnya secara keseluruhan, dari sudut pandangku. Jadi, mungkin saja persepsi kalian akan berbeda untuk video ini. Disini aku melihat karakter Bebitan was not sane enough. Karakter yang biasa kita lihat darinya, apalagi jika mengingat filmography Bebitan.

Some conflict dengan pria, lalu ditinggalkan begitu saja. Betrayal, abandoned, somethin’ like that. Being toyed with, dan adegan dance yang bagiku seperti modern ballet yang menggambarkan sesuatu seperti “a shinin’ star with it’s dark secrets.

Visualisasi Bebitan yang melihat cermin yang kotor dan dilanjutkan dengan matahari terbit, dan terlihat rasa marah bercampur sedih, well, bagiku, adalah penggambaran yang cocok bagi dunia entertainment, dan lebih lagi, menunjukkan karakter khas Bebitan yang berbeda.


Bebitan bisa dikatakan beruntung karena masih mendapat backup dari SME untuk karir solonya. Meski yah, aku sendiri tidak begitu suka karena lebih enak melihat Bebitan sebagai independen, tidak lagi terikat di nama Nogizaka. Alasannya? Well, sudah jelas kan.

Karena Bebitan lebih dari mampu untuk menarik perhatian fans. Ambil saja dari karyanya di desain. Eksebisi no Nonai Hakurankan yang diselenggarakan di Shibuya PARCO menjelang kelulusannya tidak bisa dibilang tidak sukses. Belum lagi kolom Marika Meets Creator.

Hajimarika adalah cerita narasi tentang Bebitan, Toy lebih cenderung ke artistik. Dork Bebitan dan Bebitan yang seperti Joker di Toy. Mungkin ini adalah inspirasinya? Joker adalah salah satu villain paling berpengaruh di DC Universe, konklusinya?

Being artistic, or able to express yourself is not a sin.

All images and videos used is credited to it’s respective owners

36 Replies to “Sakamichi Review : Marika New Release”

  1. Sebentar2,
    Ane blum buka link yg dikaish di postingan ini, tp klo diliat dari cerita di blog ini, 2 MV ini yg jadi bonus di album Under kemarin bukan?
    Yg Hajimarika MV nya dia jalan2 di kota gtukan?
    Yg Toy Diawali Marika sama soerng cowok kyk di mobil dekat ponbensin gtu kan? trus si Bebitan dandan ala Joker.
    Lupa2 inget ane soalnya dah lama nntonnya tpi kyknya ini yg jadi bonus Under kmarin selain Dokumentr Himetan.
    Klo iya, mungkin ini alsan knp nih MV masih dirilis di chanel Yutub Nogi. Kmrin cuma jad bonus album Under, skrng dirilis umum.

    Yg Toy Dark & 19+ tpi tetep seninya dapet.
    Klo yg Hajimarika ya kyk kta miminnya, sperti ngelihat Kojin PV khasnya nya Bebitan.

    Dan, knp sih Nogifes selalu dikambing hitamkan? 😀

    1. Iyakah? Ane kan sering bilang, gak pernah download bonus2an gitu, apalagi kojin PV. Jadi ya gak tau deh. Lah kalau gak di up di Youtube juga ane gak bakal tau ini dua PV.

      Nah, yang jadi pertanyaan kenapa sekarang? Buat boost PB?

      Karena Nogifes emang game yang bikin kesel 😀

      1. Anakamirikaru says:

        Haduh2, masak bonus yg nampilin adek sndiri gk disedot juga, jahhhaaattt!!! 😀
        Iya itu bonus Album Under kmarin.

        Klo utk bosst PB kyknya enggaklah. Marika gk butuh itu 😀

        Kesel2 tpi ente maenin terus 😀

      2. Gak bisa cari bahan lain buat ngomporin? Dari dulu sama aja 😀

        Lah terus kenapa? Duit? Kayanya gak seberapa, apalagi policy youtube berubah.

        Gimana ya, kaya ente enggak 😀

      3. Anakamirikaru says:

        Emangnya ane ente, tukang kompor, cuma mmbandingkan sma kepridian ane, file yg berbau bini2 n adek2 ane, pasti ane sedot, hohohohohoho 😀

        Ya biar bisa dinikmati aja kali, sadar kali LLC harga album yg mahal bikin gk semua fans mampu bli albumnya, makanya dgn berbaik hati di upload ke chanel group 😀

        Apa bakal komen kyk gtu ente stelah liat hasil event keramas ane 😀

      4. Pake fasilitas mana lagi? 😀

        Sejak kapan mereka kesambet? 😀

        Ente gak doyan keramas sih, gak higienis 😀

      5. Anakamirikaru says:

        Fasilitas pribadi lah, fasilitas yg mmbuat ane khawatir gmn nasibnya stelah tgl 28 feb keatas nanti 😀

        Ini mungkin tanda2a lord bkal Senbstu, makanya LLC agak baek 😀

        Ane biasanya dikeramasin sih 😀

      6. Setau ane, setelah tanggal 28 Februari itu masuk 1 Maret pak 😀

        Aki-P habis dikirim ke siberia kali 😀

        Sama mas2 di salon? 😀

      7. Anakamirikaru says:

        Hadeh, maksud ane soal registrasi kartu lah pak

        Trus paman Konno kmn? Korut? 😀

        Curhat? 😀

      8. Oh, lah registrasi aja susah. Kenapa? Gak diakuin keluarga? 😀

        Enak dong kalau di negara Uncle Jong 😀

        Masak? 😀

      9. Anakamirikaru says:

        Iya x stiap bli kartu perdna baru ane harus register, 1-3x masih ok, 4,5, 6, dst ane baca2 td gk bisa lagi register hanya di konter, harus ke galerinya langsung TT

        Sekalian mmpelajari dance cheerleadersnya besutan si paman 😀

        😀

      10. Sama kartu aja gak setia gimana sama bini, ckckckck 😀

        To the three, two… Un! 😀

      11. Anakamirikaru says:

        EntKlo ente, bini disamain dgn kartu ya? klo ane sih enggak, jd komen ente gk berllau buat ane 😀

      12. Cie mencoba menyerang 😀

  2. Entah kenapa gw ngeliat beberapa karyanya Bebitan tuh extraordinary dari Nogizaka46 banget. Ambil contoh dari photobook sama short movie itu, ada kesan sisi gelap dari seorang wanita atau bahkan “idol” itu sendiri *IMO…

    btw akhirnya gw bisa nemu web barunya~!!! bangke salah satu huruf doang ampe bingung wkwk

    1. Banyak teori yang beredar soal inti dari Toy ini, gak sedikit yang dark dan gak bisa diangkat ke publik.

      Lah, perasaan udah jelas huruf2nya, yang susah dimananya? 😀

      1. Nebaknya oricon bukan orion wkwk

  3. Barangkali, ibarat berlian yg udah dicari, ketemu, sama diasah susah-payah, tapi telanjur sayang utk dijual ke orang lain.
    Ngomong2, gua suka ama blog ini. Jadi pembaca senyap.
    Sempat bingung kenapa jarang update, ternyata pindah lapak baru

    1. Entahlah, rasanya Sony terlalu besar buat meratapi kepergian satu-dua act.

      Wah, ternyata bisa mecahin juga kode alamat barunya, banyak yang gak bisa tuh 😀

      1. Jujur aja, itupun pas sudah dikasih clue sama owner, baru ngeluncur ke sini.
        Masuk akal juga kalo dibilang lebay, cuman buat cewek multitalenta kayak Marikka, apa sih yg nggak bikin Sony kepincut utk kasih lebih

      2. Perasaan ane gak ngasih hint yang jelas, cuma bilang kalau ada kode tersembunyi 😀

        Ane sih bilang ada mutual agreement di belakang layar, yang lagi2 kembali ke duit sih 😀

  4. Ane mau komen soal Marikanya takut dimarahin lagi. Jadi biarlah hanya ane dan Marika yang tau gimana pendapat ane 🙂

  5. Kalo menurut ane, Hajimarikka dan toy ema g udah jadi haknya Sony, karena dibuat sebagai bagian dari album/produk mereka. Jadi, meski mereka upload dichannel mereka atau dijadiin cd sekalian terus dijual tanpa persetujuan Bebitan juga ga masalah.

    Kalo masalah kenapa sekarang, mungkin sama dengan Naimononedari kemarin. Sebagai kenang2an buat fansnya Bebitan. Ga ada sesuatu yg khusus.

    Kalo liat sisi artistik Bebitan, ada kemungkinan ga, Bebitan satu saat nanti tampil telanjang bulat, dengan mengatasnamakan seni?

    1. Emang hak mereka, dan yang ane pertanyakan itu timing sama agensi Bebitan sekarang.

      Kalau disamain sana Naimononedari, ya kasusnya beda kan.

      Kalau iya pun, gak ada kaget2nya ane.

  6. Aslinya udah nemu dri lama cma blom mood kasih komen 😀
    Percaya ama abangnya marika, praise buat marika tinggi bgt.
    Bagian akhir bikin haru yg dia dpet kjutan dri fansnya, agan ngikut kagak? Ane cari kok g ketemu 😀
    Dan soal kontrak marika, sepengatahuan ane akhir kontrak di jpang trjd di akhir maret. Jd itu mngkin bs jlasin status marika mngkin jg rotti.
    Inget kasus mai2 g, dia aktif entertainment lg stelah msuk ten carat agensinya saat ini. Mkanya job stageplay,iklan,majalah,bhkan film lgs mngalir. Dibnding sesaat stlah lulus dri nogi yg sprti trlihat vakum krn blom nemu agensi baru.
    Ane harap stelah ini marika nemu agensi yg bagus 😀

    1. Disini kadang ane merasa sedih kalau gak ada yang komen 😀

      Di bagian terakhir, ada dong, gak liat? 😀

      Ane masih gak terlalu paham soal kontrak habis Maret kaya gini, gak ada info yang valid juga sih.

      Daripada agensi, mending self-employed aja 😀

      1. Udah jgn sedih lg,ane udah mau komen gni lho 😀

        Oh agan yg ada di pojokan gelap itu y 😀

        Emg g ada bukti konkretnya sih tp emg rata2 gtu kyak tahun ajaran baru klo di skolah2.
        Klo marika ngejar di bidang kreatif design sih bs tp klo ngejar akting y harus gbung agensi. Btw baca thread marika di S48 g? Gmn nrut agan?

      2. Jadi pengen nangis 😀

        Itu tuh yang di langit2 😀

        Nah, karena ane sendiri gak yakin2 amat akting jadi passionnya, soalnya ya dari film2 sejauh ini gak berkesan2 amat sih.
        Thread? Ane gak mampir ke S48 kalau gak pengen2 amat, males 😀

  7. Oh pindah lavak! Kirain stop ngidol, ato mo pindah aliran ‘ngidol dlm senyap’. Ternyata. Btw, suka sm rumah barunya.

    Marika masih diopeni mnjmn nogi. Sembari nunggu dpt agensi baru kali ya. Penasaran, bakal ditransfer ke mana si Marika.

    Kalo urusan kayak gini ane ga bs kalo ga inget nanamin. Dulu kayaknya emang mnjmn berusaha nahan Nanamin buat stay di industri. Tapi Nanamin keukeuh pilih jd orang biasa, padahal sejauh ini dia yg punya modal paling solid buat lanjut karier di antara para lulusan (Ikoma blm diitung). Apesnya malah diberitain yg nggak2 oleh Bunshun. Mnjemn berhasil menggagalkan niat MaiMai pensiun dini, tapi beda kasus dg Nanamin.

    Balik lg soal Marika, dulu sempet mikir dia ga bakal kemana mana kecuali ke Horipro, mengingat mnjmn dekat dg agensi ini. Rarin dan MaiMai juga di sana. Kalo member yg kastanya ‘lebih rendah’ bs ke Asia Pro bareng Ito Nene.

    Tapi begitu Yoshimoto merapat, bs juga Marika ujung2nya ke sana.

    1. Karena banyak micin yang berulah 😀

      Kalau ane, yah, kaya yang ane bilang diatas, lebih prefer self-employed kalau mau serius di design, soalnya kalau yang gitu gak perlu agensi kan. Kalau buat jadi artist kan indie juga bisa, lagian, ane rasa Bebitan gak niat2 amat jadi kaya Maimai atau karir yang high profile pasca grad.

      Mungkin lho ya.

  8. Arti lirik lagu Hajimarika itu apa sih gan? Kok ane cari2 di Google gak ada?

    1. Gak ada, cuma cerita Bebitan dari awal masuk Nogi sampe grad. Gitu aja 😀

  9. thesilent3327 says: Reply

    Oh gitu. Tapi tetep penasaran sama terjemahan komplitnya. Harus belajar bahasa Jepang nih.

    1. Ganbare 😀

Leave a Reply