Sakamichi Top 50’s Part V

Bagian terakhir dari seri Sakamichi Top 50’s yang yah, you know why, baru dirilis sekarang. Sebagai salah satu artikel pertama di tahun baru, alamat baru, maka final part ini rilis. Bagian kelima yang ditunda selama lebih dari satu bulan ini bukan karena aku buntu tidak bisa memutuskan, tapi keadaan yang membuat demikian.

So, langsung saja, ini dia Sakamichi Top 50’s bagian terakhir, peringkat 10-1 versiku. Dan sekali lagi, ini full subyektif.


10 Kaze ni Fukaretemo

Single terbaru Keyaki ini ada di sisi funk yang kuat, and I like it. Well, aku sudah menulis panjang lebar tentang lagu ini di review sebelumnya, dan pendapatku masih belum banyak berubah. It’s one hell of a song, hanya saja kontroversi mengiringi lagu ini.

Yah, drama Keyaki, tentu saja. Tapi itu tidak relevan tentu, karena menilai sebuah lagu karena tingkah penyanyinya sama sekali tidak berhubungan. Kaze ni Fukaretemo menurutku adalah momen dimana Keyaki berhasil membawakan lagu yang tidak melulu terlalu gelap.


09 Shitto no Kenri

Under Song dari Imahana yang dicenteri oleh Miona dan Hime ini masih salah satu Under Song terbaik. Apa yang membuat lagu ini bagus adalah menceritakan tentang bagaimana seseorang bisa menjadi selfish dan menyadarinya, tapi tidak bisa berbuat apapun.

Yeah, berapa banyak dari kita yang bisa related dengan tema ini? So true, dan aku sendiri masih sering menggumamkan “Ima no watashi wa uzai, Jibun ga suki janai” saat sedang merasa jengkel dengan diriku sendiri.


08 Sekai de Ichiban Kodoku na Lover

Salah satu lagu EDM terbaik Nogi. Sekai de masih menjadi anthem jika membicarakan lagu Nogi yang paling kuat dari segi musik. Dalam artian menghentak, dance song yang lebih impresif dari ballad yang biasa. Well, maybe even better than Inochi or Influencer.

Dance di lagu ini juga menarik, meski bisa dibilang terbatasi karena seifuku yang lebih pendek dari Inochi atau Influencer, but still givin’ the right impact.


07 Oto ga Denai Guitar

Lagu rock yang menjadi lagu paling berbeda dari rilisan-rilisan awal Nogizaka. Well, jelas kenapa lagu ini masuk ke peringkat atas karena adalah salah satu lagu rock yang menjadi representatif, dan belum ditiru lagi selama beberapa waktu terakhir.

Waktu pertama aku mendengar lagu ini, the feel, UZA-like. Bukan dalam artian lagunya mirip, tapi musik idol yang sedikit berbeda. Bagi yang dekat dengan early noughties American rock akan dengan cepat familiar dengan lagu ini. Plus satu bait yang menggambarkan impian hampir setiap anak laki-laki.

06 Korogatta Kane wo Narase

Korogatta yang beda sendiri dari tracklist di Nandome berhasil standout dalam arti bagus. Tempo cepat, musik rancak, and above all, this is rock-themed. Apa lagi yang diharapkan? Korogatta masih menjadi lagu bertema rock terbaik Nogi. Well, subyektif.

Nogi sedang ada di puncak saat lagu ini hadir, just because of a series of unfortunate events mereka mendapat kejadian yang paling mengguncang sejak debut. Well, itu ya sudahlah. Yang pasti, Korogatta adalah pilihan paling oke jika mencari lagu Nogi yang bermusik keras.


05 Ano Hi Boku wa Tossa ni Uso wo Tsuita

Salah satu lagu yang membuatku sedikit kecewa dengan Under Album kemarin. Untukku, dari lirik dan musik, Ano Hi masih menjadi lagu Under terbaik, meski impact-nya tidak sekuat lagu lain di peringkat yang lebih tinggi. Tridente di lagu ini bisa disebut satu faktor kenapa aku memilihnya di peringkat 5 besar.

Well, tentu porsinya coba kukurangi, agar pilihannya lebih adil. Ashurin-Sayu-Bebitan sudah jadi favoritku sejak pertama mengenal Nogi, dan ini adalah lagu kedua dimana aku melihat mereka di baris depan. Yang jadi faktor utama jelas liriknya yang ngena banget.


04 Futari Saison

Well, apa ini bahkan bisa dibilang kejutan? Kurasa tidak. Banyak yang akan setuju jika dibilang Futari Saison adalah lagu terbaik Keyaki selama 2 tahun perjalanan mereka. Alasannya? Tentu selain karena ini satu-satunya single dimana mereka tidak tampil depresif.

Well, itu alasan bodoh, karena Sekai ni dan Kaze ni Fukaretemo pun demikian. Kurasa alasan utama kenapa lagu ini kupilih adalah karena jatuh di sweet spot antara dark dan bubbly. Berada di tengah-tengah, decent tune, ditambah koreografi yang bagus, Futari menjadi pilihan pertamaku.


03 Kidzuitara Kataomoi

Cornerstone dimana disinilah Nogi yang kita lihat sekarang terbentuk. Dalam artian, well, masuknya Rena ke Nogi jelas menjadi faktor dimana Nogi akhirnya diperhitungkan, tidak lagi dipandang sebelah mata. Meski tentu tidak bisa dibilang single-handedly, dan aku tidak bicara dari konteks pribadi.

Akira Sunset membuat lagu yang sempurna. Baik lagu, center, dance, semuanya pas. Just beautiful, dan bagaimana dandelion menjadi simbolis. Well, mungkin juga karena ini adalah single pertama aku benar-benar ada di fandom Sakamichi, keobyektifan “Best Song” bisa dipertanyakan.


02 Umareta Mama de

Jangan keburu berpikir ini tribute for Bebitan, meski kredit untuk itu tetap ada. Subyektif, tentu. 8th single berarti banyak untukku. And still, it has one of the best tracklist. Yang terbaik dari segi main single maupun Under Song.

Dan sama seperti Kidzuitara, lagu ini juga dasar untuk Nogi yang sekarang; Fukujin dan Ace, yang dalam prosesnya menjadi line-up senbatsu terkuat sampai saat ini. Yang paling memorable dari lagu ini jelas dance-nya, yang sayang tidak pernah ada live dengan dance yang sama dengan MV.


01 Nandome no Aozora ka?

Yah, kurasa ini sudah bisa ditebak kan? Karena dari dua tahun lalu, aku sudah menulis lagu ini di peringkat pertama lagu terbaik Nogi versiku, dan yah, untuk Sakamichi Top 50, pilihanku masih belum berubah, selain karena lagu ini adalah momen penting bagiku di Nogi.

Dari segi image, this is representative. Konservatif, elegan, untukku, bagaimana Nogi seharusnya terlihat, ideal Nogi di bayanganku disampaikan lewat lagu ini. Sure, banyak pro kontra untuk ini, tapi sekali lagi, ini subyektif. Untuk lagu, well, suka atau tidak, Nandome adalah salah satu yang terbaik dari Nogi.


Jadi, begitulah total dari 50 lagu terbaik Sakamichi sejak tahun 2011-2017. Versi Mac Orion. Untuk peringkat atas tentu predictable, karena sebelumnya sudah pernah kubuat. Butuh waktu lama untuk akhirnya merilis artikel ini, tapi pada akhirnya bisa rilis juga.

Membicarakan lagu tentu subyektif, banyak faktor yang menentukan. Dan untukku, ini juga salah satu faktor utama kenapa aku pindah ke Sakamichi 4 tahun lalu. Faktor lain, well, ini sindrom yang sekarang menjangkiti Sakamichi, dan baru saja kubahas di artikel sebelumnya, jadi yah, toxic.

Tertarik dengan rank sebelumnya dari Sakamichi Best 50 atau ingin melihat lagi? Cek disini;

#50-#41 ∞ #40-#31 ∞ #30-#21 ∞ #20-#11 ∞ #10-#01

All images and videos used are credited to it’s respective owners

Leave a Reply

32 Replies to “Sakamichi Top 50’s Part V”

  1. 10 Kaze ni Fukarete mo
    Sampe saat ini amsih belum bisa bersahabat baik dgn lagu utm single Keya satu ini 🙂

    09 Umareta Mama de
    08 Ano hi Boku
    07 Shitto no Kenri
    06 Sekai de Ichiban

    05 Otona ge Denai Guitar
    Sperti yg sering ane sebutkan, sblum bener2 terjun ke Nogi, lagu ini jadi salah satu dari 2 lagu 2 nogi yg ane mauskin ke list HP, jd senang algu ini amsuk top 10 😀

    04 Korogatta Kane
    Keras dan gesrek. Salah satu c/w dengan lagu dan MV yg ane suka 😀

    03 Kidzuitara Kataomoi
    Stelah mulai lirik2 Nogi dgn lagu Barrette, lagu ini bikin ane makin tertarik buat ngikutin Nogi yg sbelumnya2 hnya skedar lewat dlm dunia ngidol ane 😀

    02 Futari Saison
    MAsih lagu Keya terbaik bagi ane, sbenanrnya sih klo W-Keya no Uta ada juga, bakal seperingkat dua lagu ini 😀

    01 Nandome no Aozora ka
    Lagu comeback Iku yg manis, sbelum lagu ini beredar, Aki-p bilang klo dia telah buat Kami-song buat single ke-10, dan ternyata bener.




    0



    0
    1. Lah? Karena faktor diluar lagu pasti 😀

      Demen W-Keyakizaka no Uta toh? 😀
      Bikin rank sendiri aja yah 😀

      Momen langka dimana kata2 si engkong bisa dipegang 😀




      0



      0
      1. Anakamirikaru says:

        Faktor diluar lagu? Ente lagi bhas lagu yg mana? 😀

        Eh salah, lagu ksukaan ane di Keya bukan lagi Futari atau W-Keya no Uta, tpi kekkyoku jaa ne shika ienai, syang gk masuk peringkat disni 😀

        😀




        0



        0
      2. Kaze 😀

        Kaya di komen atas, “bikin sendiri ya” 😀




        0



        0
      3. Anakamirikaru says:

        Oh, Kaze, kirain Nandome 😀

        Ntar ane bikin rank ane sndiri kyk dtmpt lama, ente ngambek pula 😀




        0



        0
      4. Ya itu juga termasuk 😀

        Soalnya artikel apa ente bikin rank apa 😀




        0



        0
      5. Anakamiirkaru says:

        Kecurigaan tak beralasan 😀

        Kan ente gk jelasin detil 😀




        0



        0
      6. Justru sangat beralasan 😀

        Duh mana Patrick, mending ane ngomong sama dia 😀




        0



        0
      7. Anakamirikaru says:

        Ya sudahlah, diriku gk tau lagi mau giman buat ngejelasin biar dirimu percaya 😀 😀 😀

        Sama rocky aj skalian 😀




        0



        0
      8. Habis nelen styrofoam ya? 😀

        Ya mana sini 😀




        0



        0
      9. Anakamirikaru says:

        Habis nelan ludah 😀

        Tanyalah sama emaknya 😀




        0



        0
      10. Miris 😀

        Siapa? 😀




        0



        0
      11. Anakamirikaru says:

        Ane W-miris, ane dah miris eh di mirisin sma orng yg miris juga 😀

        Yg terhromat Ny, Karin lah 😀




        0



        0
      12. Tepuk tangan 😀

        Nyonya2 apaan 😀




        0



        0
      13. Anakamirikaru says:

        Dah W-miris eh ditepuk tanganin, triple miris

        Nyonya manis siapa yg punya 😀




        0



        0
      14. Mau dibikin quad? 😀

        Cie modus 😀




        0



        0
      15. Anakamirikaru says:

        Dah quad miris, soalnya dah triple miris, eh diancam mau dibikin quad miris 😀

        😎




        0



        0
      16. Kalau lima…apa ya namanya? 😀




        0



        0
      17. Anakamirikaru says:

        Ntah, pas materi bgian itu kyknya ane absen 😀




        0



        0
      18. Kok ane gak kaget ya 😀




        0



        0
      19. Anakamirikaru says:

        Gak kaget lntran ente ngelakuin hal yg sama 😀




        0



        0
      20. Ah kata siapa 😀




        0



        0
      21. Anakamirikaru says:

        Siapa ya? kaish tau gk yaaa…..??! 😀




        0



        0
      22. siapa yang nanya 😀




        0



        0
  2. 10 – Kaze ni
    Enak, sering humming pake lagu ini kalo BAB. 😀
    9 – Otona de Guitar
    Kurang pas aja ditelinga. Serasa sepat dilidah. Mungkin karena MVnya.
    8 – Ano hi Boku wa Tossa ni Uso wo Tsuita
    Waktu awal ane ngidol Nogi dulu, lagu ini ga masuk playlist. Ga tau, rasanya ga cocok aja dikuping. Sebulan atau 2 bulan lalu, ane baru ambil MVnya setelah liat anak Under ngebawain dan enak ternyata. 😀
    7 – Kidzuitara Kataomoi
    Salah satu lagu Nogi yg banyak diplesetin di telopnya Nogichuu. 😀 Lagu ini, aransemennya ane suka banget. Dari sisi vokal, ga begitu pas dengan standar ane. Memang, disitu ada Iku Rotti, tapi yg lainnya, masih kurang. Meski gitu, ane seneng nyanyiin lagu ini.
    6 – Umareta de mama
    Suara instrumen band-ish mentahannya suka banget. MV lagu ini juga yg buat ane tergila2 sama Hoshimina dulu. 🙂
    5 – Korogatta Kane wo
    Ini Punk ya? Ane suka lagu tempo cepet macam gini, plus instrumen rocknya yg dinamis banget. Pengen ada lagu Nogi yg baru yg genrenya kayak gini. 😀 Pertama tau lagu ini pas ngesub Doko 155 dan baru tahu kalo intronya dipake di Nogichuu. 😀
    4 – Nandome
    Aransemennya pas banget dan hampir mendekati sempurna. Sama kayak mimin, lagu ini bisa dibilang penegasan imej Nogi itu kayak gimana. Mungkin bisa dibilang, lagu ini jadi penutup/kesimpulan dari era pencarian jati diri Nogi. 2 jempol buat lagu ini!
    3 – Shitto no Kenri
    Salah satu lagu Under terbaik. Dancenya juga manteb banget. Mungkin pas juga kalo dibuat jadi single utama. Vokalnya ane suka, meski diawal agak goyah. Aransemennya enak, khas mainstream Nogi saat ini. 🙂
    2 – Futari Sezon
    Cahaya sebelum kegelapan datang. 😀 Lagu terbaik Kanji Keya. Bikin ane merinding. Ane suka perubahan chord sebelum masuk bagian sebelum reff (pre-chorus ya namanya?). Bikin nuansa yg beda. Vokal emang ga bisa dibilang sempurna, tapi pas ditiap bagiannya. Lagu ini bener2 menggambarkan kebesaran Kanji Keya waktu itu. 🙂 Jadi kangen Kanji 2016 nih. 😀
    1 – Sekai de Ichiban Kodoku na LOVER
    Mengutip apa yg dibilang Kanarin, “Baibusu ga yabai!” Lagu ini emang bikin ane ngerasa baibusu itu. Denger lagu ini bikin ane semangat dan ga sadar joget sendiri. Pengen Nogi sekali lagi dapet lagu kayak gini. Liar, kedengarannya. Akhir2 ini, lagu Nogi terlalu cewek, jadi agak gimana, gitu. 🙂

    Sebenernya ada lagu lain yg juga masuk dalam top10 list lagu Sakamichi. Mungkin udah mimin masukin di seri sebelumnya, ane lupa. Lagu yg ane suka:
    Wakaregiwa, Motto Suki ni Naru
    Lagu yg bikin ane ngelirik Under untuk pertama kali, dan nemuin banyak lagu keren disitu! Instrumennya ane suka banget. Ada petikan sitar khas India, dipadu dengan musik khasnya Nogi. Dan MVnya juga menarik, Romansa HoriOmu. 😀
    Seifuku to Taiyou
    Coupling terbaik Kanji Keya. Mungkin sama dengan Kimi ga inai. Tapi, ane taruh ini diatas Kimi ga karena nuansa musiknya yg bikin ane ngerasa bebas. Enak banget! Kalo misalnya Keya mau bikin MV collection dan ada vote buat lagu yg bakalan dibikinin MV, ane pilih ini.

    Bisa dibilang, buat ane, banyak lagu Nogi yg enak muncul pas masa peralihan. Dari Idol tradisional ke imej khas Nogi. Kalo Kanji Keya, 2016 banyak yg ane suka.

    *Btw, ga diumumin dikosan lama soal rumah baru ini? Biar pengunjung sana juga tau.1




    0



    0
    1. Gak enak bener alasannya 😀

      Ada apa dengan MV? 😀

      Katanya dulu gak demen Nandome 😀

      Futari di peringkat atas karena faktor Ue kah? 😀

      Susah kayanya kalau Nogi bakal bikin lagu kaya Sekai de jadi single utama, paling enerjik aja Inochi yang lagunya yah gitu 😀

      Ane juga lupa apa dua lagu itu udah ane masukin atau belum 😀

      Di tempat lama? Entar dulu deh, mungkin pas 1 Februari aja (udah molor sebulan sih) 😀




      0



      0
      1. Pas aja temponya sama gerakan usus besar ane. 😀

        Cringey, mungkin? Ga tau rasanya ga nyaman aja ditenggorokan. Macam Kanji di 2017.

        Gegara Nogifes! 😀

        Ue di 3rd row, loh! 😀 Enak aja lagunya. Bikin merinding bulu domba. 😀

        Bisa lah. Kan target mereka udah lebih luas lagi. Bikin sesuatu yg beda gitu, biar bisa menarik fans luar. Ane bayangin kalo mereka masukkin capoeira di dancenya, sangar juga. 😀

        Maklum, umur. 😀

        1 Feb ultahnya blog?




        0



        0
      2. Setdah 😀

        Lah 😀

        Apa dan gimana urusannya? 😀

        Hampir mendekati 90%, kemungkinan enggaknya 😀

        Enggak sih, kalau itu maret 😀




        0



        0
  3. Well, semua lagu yang ada di list terakhir ini masuk ke playlist lagu nogizaka gue. Meskipun agak sedikit kurang sreg karena nandomeno jadi pertama dan shittoken di urutan kesembilan. But semua lagu di peringkat 10 ampe 1 ini bisa dibilang bagus (sangat kalo menurut gue). Haihai mac. W baru bisa bobol nih webnya dari post terakhir redmoon. Telat sih tapi welcome back ma friend.




    0



    0
  4. Udah ulang dengar semua lagunya dulu. Yang jelas yang pertama Nandome. Lagunya bagus dan ngademin kalau didengar. Cocoklah sama selera ane 😀

    Yang kedua ane suka sekai de. Awalnya bias karena maiyan, tapi lagunya emang enak didengar jadi ya mau gimana lagi 😀

    Yang ketiga AnoBokudll… Ane ragu nentuin mana yang nomer dua antara lagu ini sama sekai de. Karena sekai de udah ditambah ada maiyan sebagai center, ya jelas lagu ini kalah 😀

    Keempat ane suka kidzuitara. Awalnya ane kurang sreg sama lagunya. Vocalnya banyak yang kedengaran cempreng, apalagi pas Maiyan sama Nanase 😀 Cuma karena semakin lama didengar ane makin biasa, lagu ini ternyata enak dikuping ane.

    Kelima lagunya Marika Cinta… lagu ini mungkin satu-satunya lagu under yang ane ngerasa kalau ini emang diciptakan untuk sang center. Klop aja gitu. Jadi makin cinta kan sama Marika ❤

    Keenam Futari. Bagus sih lagunya. Cuma ane agak aneh denger lagunya. Mungkin kasusnya sama kayak pas ane dengerin kidzuitara dulu. Tapi gak bisa dipungkiri ini emang lagu rilisan Keya yang paling mantap.

    Ketujuh Otona sama Korogatta. Lagu NGT juga ada yang model gini. Kalau mimin berkenan, coba dengerin. Judulnya “Akikan Punk” 😀

    Kesembilan Shitto no Kenri. Ane pas dengar lagunya agak susah buat gak inget mvnya 😀

    Kesepuluh Kaze ni. Kurang cocok ane sama nada lagunya.

    Min request yang twice dong. Sepuluh besar aja 😀




    0



    0
    1. Masih sempet aja modusin adek ane 😎

      Best 10 TWICE? Gak masuk draft, soalnya udah cukup banyak draft soal KPop. Tapi ya mungkin aja di rilisan selanjutnya.




      0



      0

Leave a Reply