TWICE Late 2017 Review

Menjelang akhir tahun 2017, TWICE merilis satu album plus satu versi repackaged. Bagi yang belum familiar, hal ini sering dilakukan oleh grup dari Korsel. Alasannya tentu karena bisa menjual CD dalam jumlah yang lebih besar. Yah, sama dengan banyaknya versi dari ABCD sampai Reguler untuk idol group Jepang.

Mana yang lebih baik? Well, sama-sama baik dari segi marketing. Versi maupun repackaged menawarkan hal yang sama; bonus yang berbeda-beda. Seringkali collectible goods atau mirip potongan-potongan puzzle, untuk menikmati penuh butuh semua kepingan yang ada.

Kali ini, karena aku sendiri belum total kembali ke hiruk pikuk masalah Sakamichi, maka review yang sudah tertunda sejak Heart Shaker rilis ini akhirnya bisa kuselesaikan. Selamat menikmati. Brand new Mac.


TWICETAGRAM

Rilis pada bulan November, full album pertama TWICE ini membawa 13 lagu. Dengan lagu utama Likey, seperti yang sudah kureview beberapa saat lalu, lagu kedua yang dipromosikan dari album ini adalah Heart Shaker. Likey dirilis pada 30 Oktober, sementara Heart Shaker pada 11 Desember.

Masa promosi ini diselingi dengan debut TWICE di Jepang lewat single One More Time. Rilisnya Heart Shaker masih dengan image khas TWICE, yang sayangnya, seperti kebanyakan album repackaged, tidak terlalu memberi impact yang kuat. Yah, langsung lompat ke review untuk lagu-lagunya.

Tracklist

01. Likey

Seperti yang sudah kukatakan, lagu ini bukan favoritku. Pertama, catchphrase yang terlalu diulang-ulang plus dance yang kurang lebih diambil dari lagu-lagu TWICE sebelumnya. Musiknya memang adiktif, easy listening, juga lirik yang menggambarkan kalau social media adalah ketergantungan.

Still, it was too shallow. Untukku, peran social media yang menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan, betapa banyak orang idiot disana, dan lagu ini mengangkat tema itu. Dan karena lebih menggambarkan di permukaan saja, aku tidak bisa jadi terlalu suka lagu ini.

Rate : ♥♥♥1/2

02. 거북이 – Turtle

Akustik selalu menjadi alternatif yang menyenangkan. Tapi karena TWICE memang bukan powerhouse untuk urusan vokal, maka hasilnya juga tidak bisa dinilai terlalu tinggi. Instrumental yang tidak dominan memang masih belum bisa menjadi alternatif bagus untuk TWICE.

Rate : ♥♥♥

03. Missing U

Ditulis oleh duo rapper Dahyun dan Chaeng, awalnya mirip-mirip dengan Turtle tapi di tengah menjadi lebih pop. Tipikal lagu yang tidak akan aneh dirilis sebagai single saat musim panas atau musim semi.

Rate : ♥♥♥1/2

04. WOW

One of least favorite, despite the title. Terasa terlalu artifisial dari segi vokal, dan aransemen yang berubah terlalu sering. Menghilangkan kenaturalan yang sejujurnya, cukup bagus karena ada feel RnB yang cukup kental.

Rate : ♥♥

05. FFW

Akronim dari Fast Forward, yang dieja di pembukaan lagu. Meski berjudul seperti ini, tempo lagu ini tidak lebih intens dari Likey. Sekali lagi, masalahnya ada di vokal. Lagu ini seperti terlalu berusaha membuatnya Nayeon-esque -you know, image and anything- tapi jatuhnya mengesalkan.

Rate : ♥♥♥

06. Ding Dong

Sama seperti single kedua Like OOH-AAH, lagu ini bernuansa cheerleading yang kuat. Jenis lagu yang kurasa memang paling cocok dengan TWICE saat ini, cheerful & mood uplifting, meski tentu perubahan kutunggu dari mereka agar tidak membosankan.

Rate : ♥♥♥

07. 24/7

Giliran Nayeon dan Jihyo yang ambil peran sebagai penulis lirik. 24/7 ada di level menengah atas untuk album ini. Well, dari segi output terasa lebih enak dari sebagian besar lagu lain.

Rate : ♥♥♥

08. 날 바라바라봐 – Look At Me

Another cheesy song. Chorus yang diulang-ulang, vokal falseto yang terdengar aneh, bahkan rasanya hanya karena Nayeon dan Jihyo-lah lagu ini terselamatkan. Meski tidak bisa dipungkiri, chorus menjadi hook yang kuat.

Rate : ♥♥♥

09. Rollin

Hip-hop track yang mengingatkan pada lagu era 2000’an. Downtempo EDM yang juga mirip-mirip dengan Michael Jackson era Bad. Overall, ini lagu yang menarik, juga bagian rap yang cute.

Rate : ♥♥♥

10. Love Line

Tidak ada yang spesial dari lagu ini, jujur saja. Untukku enak didengarkan, tapi juga tidak memorable. Rasanya serba nanggung, seperti Jungyeon sebagai menulis lagu, memberikannya ke studio, dan arranger tidak terlalu niat membuat musiknya.

Rate : ♥♥♥

11. 힘내! – Don’t Give Up

Musik yang dihadirkan adalah signature dari JYP Entertainment, meski judulnya sama dengan salah satu lagu GG yang paling kusukai, sangat berbeda dari segi musik. Penulis liriknya adalah Chaeng -makes me adore her more- dan susah untuk tidak bias menilai lagu ini. Final words; I’ll pass this one.

Rate : ♥♥♥

12. 널 내게 담아 – You In My Heart

Sebagai track terakhir, lagu ini classic. Dalam artian, mengingatkan pada lagu-lagu GG ketimbang grup dari JYP. Memang masih bisa dikenali sebagai lagu TWICE, hanya dengan feel yang berbeda total. Lagu favoritku dari album ini. Pure girl group sounds.

Rate : ♥♥♥♥

13. 잘자요 굿나잇 – Have a sleep good night

Menitikberatkan di vokal diiringi gitar akustik, lagu ini mengingatkan pada lagu Yuichanzou sekaligus monolog yang mirip dengan Sekai ni wa Ai Shikanai. Enak dinikmati tapi jelas bukan taste bagi sebagian besar karena “bukan TWICE banget”

Rate : ♥♥♥


Merry & Happy

Repackaged album dari TWICETAGRAM yang dirilis pada bulan Desember ini menampilkan Merry & Happy sebagai lagu utama. Sebagai album yang dirilis di bulan Desember, jelas yang menjadi tema utama adalah tentang Christmas. Dan yah, cukup bagus.

Tidak semenarik SMTown The Warmest Gift memang, apalagi dari repackaged ini hanya ada dua lagu baru; Heart Shaker dan Merry & Happy. Karena hanya dua lagu ini, langsung saja ke review MV sekaligus lagunya.

Heart Shaker

Single ketujuh TWICE secara keseluruhan. Masih dengan konsep dance in the 360° box yang menjadi signature dari MV KPop terutama dari SM/JYP, aku tidak bisa bilang Heart Shaker semenarik LikeyBackground di MV ini berubah-ubah dari elevator, gerbong kereta, supermarket, dan lainnya.

Jika dibandingkan dengan MV Nogi, yang belakangan ini terlalu monoton -and movie oriented- atau Keyaki, yang overly dark with overly fussy fandom, Heart Shaker menaikkan kadar kebahagiaan di otakku. Endorfin yang tepat disaat aku sendiri hiatus dari Sakamichi.

Dan kenapa, jawabannya adalah karena synchronized dance di grup KPop yang akui saja, heads over heels dibanding JPop, menjadi hal yang menarik mata. Kecuali kalau kau adalah orang yang tidak bisa menerima fakta dan perbedaan, hal ini mutlak adanya.

Editing dan fanservice yang lebih juga menjadi poin. Di MV Heart Shaker ini, pertama dari segi continuous shot saja sudah menunjukkan proses editing yang niat, belum lagi untuk adegan di depan stasiun saat dengan CG, member didobel, satu dengan pakaian putih dan satu dengan pakaian bebas di satu adegan dance.

Oh, lihat saja videonya, dan meski kalian tidak begitu suka TWICE atau malah anti -really, I pity you, spending time for hating someone who didn’t even care- katakan pendapat kalian sejujurnya tentang MV ini mulai dari menit kedua ini, bandingkan dengan Sakamichi, mana yang lebih impresif dari segi editing?

Dari segi fanservice, di menit 00.29 dan 01.49, adegan Sana dan Jungyeon adalah bonus bagi ONCE. FYI, mereka seperti Wakarei kurang lebihnya. Dan untukku, Chaeng semakin naik di posisi member TWICE favorit, she’s grown prettier by day. Yang lain, well, tidak ada yang punya killing part di lagu ini.

Overall, aku kurang begitu suka dengan Heart Shaker dari segi lagu maupun performance. Malah aku lebih suka Likey, yang juga tidak memiliki catchphrase sekuat single-single sebelumnya.

Merry & Happy

Merry & Happy bisa dibilang decent untuk ukuran lagu bertema Christmas. Rilis pada 18 Desember, lagu ini menjadi christmas anthem tahun ini. Well, secara keseluruhan, baik lagu maupun MV sangat terasa nuansa Natalnya. Not necessarily like carol, but a nice cliche.

Storyline MV menceritakan tentang persiapan pesta Natal dan saat pestanya. Natal khas di Asia Timur, tidak ada yang spesial dari MV. Just another MV, Christmas MV, carol, and party. Bisa dibilang ini adalah hadiah Natal dari Santa TWICE, another diabetical song.

Dari segi lagu, well, ya mirip dengan lagu-lagu bertema Natal yang lain. Aku sendiri tidak bisa menjelaskan, yang pasti terkesan hangat. Dan aku yakin tidak ada pembaca blog ini yang sebegitu bodohnya untuk tidak mau melihat MV atau mendengar lagu yang bertema Natal, hanya karena “keimanan” yang kuat.

Merry & Happy akan mudah dilupakan, apalagi ini hanya dari album repackaged. Bahkan aku merasa ini akan jauh lebih sukses jika dirilis di Jepang, sama seperti saat KARA dulu dengan Winter Magic. Tapi yah, mungkin JYP punya pemikiran lain. Sesuatu yang lebih besar mungkin, untuk tahun 2018 ini?


Kohaku 2017

TWICETAGRAM termasuk album yang panjang. 13 lagu adalah jumlah yang banyak bahkan untuk KPop, dan bukan kejutan kalau kebanyakan lagunya juga jadi terkesan mirip satu sama lain. Tapi bukan itu poinnya. Image adalah prioritas, dan TWICE adalah aegyo queen group saat ini, dan album ini mempresentasikan hal itu.

Sejujurnya, aku sendiri tidak ingat full album apa yang pernah kudengarkan dari JYP Group, karena mereka kuat di single, tapi tidak di full album. TWICE pun baru mendapat full album setelah 2 tahun, masih termasuk cepat, tapi jika melihat level mereka, hal ini terbilang lama.

TWICE ada di level dimana apapun yang mereka rilis akan menjadi hit, aku tidak bilang ini buruk, tapi ini adalah saat dimana perubahan dibutuhkan. Mengacu pada GG, mereka bahkan merubah image dari Gee ke Tell Me Your Wish yang menguatkan posisi mereka sebagai Nation Girl Group.

TWICE masih belum berani melangkah kesana. Kurasa manajemen bisa sedikit dipersalahkan juga, karena mengingat senior TWICE di JYP Entertainment; Wonder Girl’s dan Miss A juga kehilangan arah saat mereka ada di puncak. Wonder Girls pergi ke Amerika di puncak karir, hanya untuk flop dan gagal bersinar kembali.

Miss A lebih parah, karena lagu-lagu terbaik mereka juga hanya di dua tahun pertama, setelah itu hiatus panjang, member yang pergi, sampai akhirnya disband akhir tahun 2017 kemarin. Akankah TWICE bernasib sama dengan kedua grup seniornya?

Yang pasti, untuk 2018, jika mereka tidak mencoba menjadi lebih dewasa, maka mereka akan kesulitan. Blackpink punya kemungkinan untuk comeback dengan kuat, begitu juga Red Velvet setelah flop di rilisan terakhir. Belum menghitung kuda hitam seperti MAMAMOO atau GFRIEND.

Ada juga kemungkinan kalau TWICE akan fokus di Jepang setelah resmi debut disana dan juga tampil di Kohaku 2017. Pertama kali dalam 6 tahun terakhir KPop group tampil di Kohaku. Kalau mereka fokus di Jepang untuk 2018, maka bisa dipastikan akan menarik scene di JPop; 48G, Sakamichi, dan kembalinya Hallyu ke Jepang.

Untuk idol group Jepang lain, jujur saja, kans mereka hanya menjadi penggembira. E-Girls, Perfume, LGM, Pyxis, dan lainnya, tokoh utamanya masih grup Aki-P. Jadi, bagaimana jika TWICE akan berhadapan dengan 48G dan Sakamichi tahun ini?

All images and videos used is credited to it’s respective owners

Leave a Reply

34 Replies to “TWICE Late 2017 Review”

  1. Heart Shaker!!! <3 Di MVnya ada Junghyeon yg ga suka dicium sama sapa gitu, lupa ane. 😀

    Ane lagi kesengsem sama Dahyun dan Momo nih. Ngakak liat mereka di weekly idol. 😀
    Ada ga variety show Twice, min? Pengen tau lebih banyak. Sekarang cuma hafal, Nayeon, Dahyun sama Momo. Tzuyu dan Junghyeon juga mungkin. 🙂

    1. Dibaca gak sih artikelnya? Duh udah pindah kok masih aja 😀

      Ada lah, SIXTEEN tapi ane gak rekomendasiin karena itu pas predebut dan banyak dramanya. Kalau mau full episode dan semua member ada, ada Running Man 328, Knowing Brothers 27 & 76. Yang lain juga banyak tapi ya gak semua member ada/gak full satu episode.

      1. Ane bacalah. Tapi lupa, dan pas inget2 adegan MVnya, ane ga hafal nama member yg mau cium Junghyeon. 😀

        Nyambung dari komen artikel lainnya, maksud ane, ada link ga ep fullnya Knowing Brother yg Twice datang 2 kali itu. Ane nemunya cuma potongan2 aja di YouTube. Kayaknya acaranya seru, jadi pengen liat. 😀

        Btw, soal dancenya Twice sama Nogi dan Keya. Ane bilang, sebenernya Nogi atau Keya bisa ngedance oke macam Twice. Sayangnya selalu ada member yg masuk senbatsu yg dancenya kurang. Ane harap, Nogi yg katanya mau melebarkan sayap, performanya bisa lebih baik lagi. Kalo bisa kualitasnya sama atau mendekati, lah. :)2

      2. Jungyeon gak pake H 😀

        Cari aja di Kshow123.net, episode 27 & 76, soalnya percuma ngasih link 😀
        download yang dari rapidvideo/VIP, lebih cepet.

        Ane baru2 ini liat ada grup yang vibe-nya mirip2 Nogi banget sih, tetep dari negeri sebelah juga. Yah, mirip dari tempo, lagu dll, sekarang masih cari tau lebih dalem lagi 😀

      3. Ngefans Twice itu, melelahkan banget. Meski cinta ane sama Momo, tapi member lain juga cinta. Jantung ane ini ga kuat rasanya, kalo setiap liat member harus selalu berdetak kencang. 🙂

        Udah dan beberapa Variety lain yg ada Twicenya juga ane ambil. 🙂

        Kuota ane juga menipis karena Twice. 10 GB ilang gitu aja minggu kemaren. 😀
        Mboh lah min, ane agak jengah mikirin Sakamichi. Masih suka sama Nogi dan H, udah grad dari K. Ane nyimak dan menikmati mereka aja. Semoga Synchronicity sukses, gitu aja deh. 🙂

        Udah liat brand new girl? Gmn menurut ente?

      4. I already did it, 8 years ago.

        10 GB itu masih kecil lah, kualitas SD buat satu variety aja bisa ratusan MB 😀

        Beneran grad atau cuma angin2an? 😀

        Ditanya udah liat atau belum, kok ane tersinggung ya? 😀

    2. Ya, sekarang udah hafal semua member Twice. 😀 Kayaknya ane jatuh cinta deh. Tadi sore heart shaker dan like ooh ahh ane puter terus. 😀

      Ntar aja deh, kuota tinggal 200-mb dan harus bertahan sampai tanggal 13. 😀

      Up aja. 😀
      Setelah liat bolak balik mv twice, emang harus diakui, sakamichi masih belum selevel dancenya. 🙂

      1. Cie, siapa ini, Nay? Jung? 😀

        Ckckck, emang bisa? 😀

        Habis event, banyak tanggungan 😀
        Masih kaya langit sama sumur 😀

      2. Ane jatuh cinta sama, Momo, Nayeon, Dahyun, Mina, Tzuyu, Jungyeon, Baby Chae, Sana, Jihyo. 😀

        Udah pulih dan udah ambil. Lucu banget. 😀

        Nyantai aja min. Inget umur. XD
        Kalo Nogi beneran pengen bidik Asia, mereka harus tingkatkan kualitas performanya. Minimal kayak di JRA, yg menurut ane penampilan terbaik mereka tahun 2017.
        Kalo Keya, gerakan dance yg jadi andalan mereka masih sederhana. Masih kurang rumit dan tekniknya masih level rendah. Ane berharap sih, mereka ganti koreografer, biar lebih kaya teknik dan stylenya.

      3. Namanya serigala 😀

        Dua2nya?

        Inget kuota gak jatuh dari langit 😀
        Ane rasa persepsi buat JPop emang lebih ke catchy-nya, bukan ke kerumitan performance. Kalau gak gitu, grup2 JE/EXILE gak bakal punya pasar yang gede kan.

  2. Kayaknya cinta ane bakal pindah ke Dahyun. Dia kalau senyum dan ketawa Ya Allah maniiiiiiis banget ❤ Kayak bener-bener dari hati gitu 🙂

    Dan ane sih liat semua rilisan Twice emang bagus-bagus. Tapi ya emang mereka mending bisa ganti image. GG juga setau ane lagunya gak selalu manis dan imut kan? Ada yang seksi dan ada yang sedikit dark. Emang sih ntar takutnya jadi pada gak suka, tapi kayaknya fandom tetap bakal nerima melihat gimana kefanatikan kebanyakan dari mereka.

    Ane masih menunggu Jisoo dkk comeback. Entah sampai kapan diri ini menanti…

    1. Bagus gih sama Dahyun, jangan ganggu adek2 ane 😎

      Penyakit utama artis JYP, susah banget disuruh ganti image. Miss A sekali2 coba jadinya flop. Ya gegara produsernya juga sih.

      Bentar lagi kayanya, soalnya aneh aja kalau BP House itu gak ada tujuan.

      1. Jangan gitulah abang ipar. Kasian marika nelpon ane sambil nangis gara-gara masih aja belum direstui…

        Emang produsernya kurang bisa ganti image ya min?

        Itulah heran ane. Padahal mereka popular kan? Meski suka gagal dapat piala, tapi masa gara-gara itu jadi gak berani dibuatin lagu lagi?

      2. Obat delusi udah diminum?

        Cari aja JYP di youtube, liat lagu2nya dari awal sampe yang paling baru.

        Gak lah, ciri khas YG kan gitu, janji2 doang kalau urusan comeback.

      3. Ane kan gak delusi, jadi gak perlulah minum obat gituan 😀 Tapi makasih loh abang ipar udah perhatian gitu… 😀 😀 😀

        Parah berarti. Yah semoga aja Twice kali ini bisa ganti image dan gak berakhir kayak senior-seniornya 🙂

        Wah ane kayaknya harus nyelem lebih lagi nih soal YG 😀 Semoga mereka gak lama lah PHPin Blinks. Sedih ane liat Jisoo makin cakep tapi gak comeback-comeback 😀

      4. Makin jadi kan…

        Susah, kalau ane bilang. Single2 Jepang mereka juga gak beda jauh.

        Bisa setahun lebih kalau YG. Bilang comeback sekarang, keluar tahun depan bukan hal baru buat mereka.

      5. Why so serious? 😀

        Mungkin kalau centernya diganti bakal bisa ganti imagenya 😀

        Kasian banget kalau gitu. YG perusahaan yang besar kan?

      6. I’am Batman.

        Emang centernya siapa? 😀

        Ya kalau nama BIGBANG ada disitu, gimana bisa dibilang kecil? 😀

      7. Ane superman deh kalau gitu 😀

        Kan tiap rilis lagu yang hampir-selalu di tengah itu Nayeon, jadi centernya dia 😀

        Ane malah lebih tau GD dari Bigbang (jangan tanya kenapa) 😀

      8. Superman mah jauh 😀

        Yakin? 😀

        Kiko Mizuhara?

      9. Miriplah sama ane sedikit 😀

        Gak juga 😀 Jihyo juga sering di tengah. Mungkin mereka jadi W-Center? Tapi setelah difikir-fikir Mina juga lumayan sering. Ya udah pokoknya ganti centernya sama Dahyun langsung berubah image Twice 😀

        Bukan, yang pasti karena seseoranglah intinya 😀

      10. Boku wa gak percaya dah 😀

        Itu tergantung lagu, tapi soal center, udah semi-perma. Bisa aja yang bukan so-called center lebih terkenal di satu lagu.

        Oh, itu? 😀
        SRGL. 😀

      11. Ane gak nyuruh percaya sama ane, percaya itu sama Tuhan 😀

        Semi-permanya Nayeon-Jihyo kan? Ya gak? 😀

        Gak paham ane 😀

      12. Yang religius2 nih ane demen, kalau ane up artikel berbau religi responnya bakal gimana? 😀

        Ah, kenapa ane harus jawab? 😀

        kura2 dalam perahu 😀

      13. Nah pengen liat ane gimana mimin mengemas religi dengan ngidol 🙂 Postlah 😀

        Udah ane tanya Tzuyu dan dia bilang iya 😀

        😀

      14. Salah satunya udah tuh 😀

        Kasian ya. 😀

      15. Yang honey popcorn? Kirain mau buat soal agama Keyaki 😀

        Iya kasian dek Tzuyu jarang banget di tengah. Untung ada ane yang menyemangati dia 🙂

      16. Masih digodok gimana caranya biar pada kepancing 😀

        Jisoo mana jisoo? 😀

    2. Emang mimin suka memancing ya 😀

      Bisa aja ngompornya. Ini kan ngomongin Twice, bukan Blackpink. Kalau group yang membernya dikit kayak Blackpink mah mau gak di tengah juga pasti screen timenya banyak 😀

      1. Mau liat, apa masih banyak yang IQ-nya dibawah rata2 karena fanatisme buta 😀

        Oh ya? Masak? 😀

    3. Bahaya nih kayaknya artikelnya. Jangan terlalu lah min, ntar pada manggil pasukan terus blognya direport gimana? 😀

      Iya dong. Kalau satu orang dapat screen time di atas 10 detik udah luar biasa namanya 😀

      Mimin kalau bagian ngomporin seneng banget ya meski oot. Tapi giliran yang komen oot malah gak demen 😀

      1. Oh ya, setau ane udah pada kena ciduk dalangnya? 😀

        Padahal cuma 4 member tapi cuma 10 detik? 😀

        Oh tentu, karena itu delusi yang mengganggu keluarga ane 😎

  3. Time to show up, setelah dua tahun jadi sider disini (kenapa mesti dua tahun ya? Di lapak serigala sebelah juga dua tahun baru komen wkw) btw finally ketemu blognya meskipun ya harus puyeng selama 15 menit. Jangan pindah lagi min, nangis ane ntar *halah cengeng* jadi disini cuma mau bilang ane bakal komen di K-Pop section aja, J-Pop nya di sebelah hehehe.

    Bb cream papapa, ripstigeul mamama~

    1. Padahal hint-nya udah dari sebulan kemarin, ternyata gak ada yang ngeh sampe ane reveal satu2 😀
      Pindah lagi atau enggak, ya liat entar lah 😀

      Untuk artikel KPop ya jumlahnya kayanya gak bakal banyak2, soalnya waktu terbatas sih 😀

Leave a Reply